Minggu, 13 Agustus 2017

10 Cara Menemukan Ide Menulis

10 Cara Menemukan Ide Menulis

10 Cara Menemukan Ide Menulis
credit. mjoni.com


Ujwar.com

Untuk membuat sebuah tulisan, yang pertama harus dilakukan adalah memiliki sebuah ide, untuk kemudian dikembangkan dan dijadikan menjadi tulisan utuh. 

Namun kadang-kadang, banyak sekali para penulis yang berkata bahwa mereka sangat susah menemukan ide menulis. Mereka hanya akan mulai menulis ketika ada ide muncul. Padahal sebenarnya, ide itu dicari, bukan ditunggu.


Baca juga: 

Nah, saya akan menulis beberapa cara agar kita mudah mendapatkan ide. Berikut cara-cara yang saya maksud:

1. Membaca Karya Penulis Lain

Hal yang pertama saya rekomendasikan adalah membaca. Dengan membaca, wawasan kita akan menjadi lebih luas. Biasanya, saya membaca novel penulis lain, hingga menemukan ide yang membuat saya terinspirasi. Bukan plagiat, tetapi kadang ide hebat muncul ketika telah membaca suatu bacaan.

Untuk menemukan sebuah ide selain membaca novel, kita bisa membaca berbagai buku, dari mulai politik, agama, hukum, sosial, dan lain-lain. Hal ini akan menumbuhkan rasa ingin tahu yang besar, hingga ingin membuat sebuah tulisan yang mungkin serupa dengan bacaan sebelumnya, bahkan lebih hebat dari buku sebelumnya. Buku-buku semacam itu bisa dijadikan rujukan atau sumber dalam masalah yang akan kamu buat di cerita kamu.

2. Mengamati Sekitar

Saya sering mendapatkan ide dengan cara mengamati sebuah kejadian. Misal: saya melihat seorang nenek yang diharuskan meminta-minta di pinggir jalan setiap pagi, maka tidak menutup kemungkinan, kejadian itu bisa dijadikan sebagai sebuah cerpen. Menurut saya, apa pun kejadiannya, bisa dijadikan sebagai sebuah tulisan, atau cerita fiksi. Saya sendiri sering menulis pengalaman-pengalaman yang pernah saya alami, apalagi yang lucu. Mengamati bisa menjadi sumber ide yang keren.

3. Melakukan Suatu Hal

Hal ini adalah pengalaman paling berharga. Ketika kita pernah melakukan sesutu, menjadi sesuatu, atau, mencoba menjadi sesuatu, pasti ada pengalaman tertentu yang bisa diambil, sehingga bisa dijadikan ide baru. Hal ini yang sering terjadi. Waktu itu saya pernah di-bully, maka saya berhasil membuat sebuah cerita tentang bullying. Hal yang pernah kita alami biasanya lebih ngena ketimbang yang tidak.

4. Mencari Informasi di Internet

Ketika kita tidak bisa melakukan pengamatan, atau melakukan sesuatu secara langsung, ide bisa di dapat dari internet. Jika kita seorang penulis artikel, kamu bisa berselancar di internet, artikel apa yang sedang tren. Kamu bisa ikut membuat tulisan semacam itu, tetapi versi kamu. 

5. Mendengarkan Musik

Saya sering mendapatkan ide dari lagu yang saya dengarkan. Percaya atau tidak, ketika kita ikut terhanyut dalam sebuah lagu, ada sesuatu yang merambat melalui otak. Misal: ketika kita mendengarkan lagu yang berhubungan dengan perselingkuhan, tanpa disadari, kita sadar, bahwa kita harus menghindari perselingkuhan itu. Secara otomatis, kita sudah memiliki masalah dan cara penyelesaiannya.

Banyak sekali penulis yang juga terinspirasi dari sebuah lagu. Bahkan untuk membuat ide itu lancar, kadang ada penulis yang sengaja menulis sambil mendengar lagu secara terus-menerus. Seru kan? Kamu pernah mendapatkan ide dari sebuah lagu?

6. Menonton film

Saya salah seorang manusia penyuka film. Apalagi, film yang diadaptasi dari novel. Seru saja untuk disimak, sebab, dari film juga, kita bisa mendapatkan inspirasi dalam menulis. Hal ini terjadi karena film memberikan kontak langsung secara audio-visual. Suaranya terdengar, wajah atau segala halnya terlihat oleh mata.

So, cobalah sesekali untuk menonton film. Hal ini bisa memberikan ide yang bagus, juga semangat menulis yang tinggi. Saya sendiri kadang suka berpikir: saya akan menulis sebuah cerita yang lebih hebat dari film tersebut.

7. Pengalaman Teman

Kalau ada teman yang curhat tentang masalah hidupnya, kadang bisa dijadikan ide dalam menulis juga lho. Apalagi, ceritanya itu menginspirasi. Kita bisa saja menuliskan kembali cerita teman di dalam sebuah buku. Banyak sekali orang yang terinspirasi karena kehadiran teman.

8. Menghayal

Menghayal adalah cara yang paling simpel, sebab, saya sering melakukannya. Tidak perlu jalan-jalan, tidak perlu mengeluarkan biaya, tinggal mikir dengan menggunakan imajinasi, kadang ide bisa di depat. Hayalan memang bagus untuk pengembangan sebuah tulisan.

9. Liburan

Sebenarnya, liburan ini lebih kepada membuat otak fresh. Kamu pernah stuck ketika menulis? Bisa saja otakmu sedang tidak berdaya karena terlalu sering dibuat mikir. Padahal seharusnya, sesekali kita memanjakan diri. Biasanya, setelah otak kembali segar, ide itu akan muncul satu-persatu.

10. Melihat Satu Kata atau Satu kalimat

Kalau dalam lomba menulis, secara otomatis, ada tema. Maka biasanya, saya melihat tema itu lekat-lekat, kemudian mengkombinasikan dengan imajinasi. Dalam waktu tak lebih dari lima menit, biasanya saya sudah mendapatkan ide dasar dari cerita yang akan ditulis, berdasarkan tema yang ada.

Lakukanlah peluang itu. Jangan sampai, belum apa-apa sudah menyerah karena temanya sulit. Justru pikirkan terlebih dahulu. Siapa tahu ada ilham yang tiba-tiba datang kepadamu. Dan itu menyeyangkan.

Kalau belum terbiasa, tantang dirimu untuk membuat ide semacam itu. Contohnya, kamu ditantang untuk membuat satu paragraph dari 1 kata. Begitu terus menerus, sampai idenya terkumpul.

Nah, itu dia 10 cara untuk mendapatkan atau mengundang ide. Mungkin, kamu punya cara tersendiri untuk mendapatkan ide, entah dengan cara bermeditasi, tidur, melihat bulan, misal, atau melihat si doi. Hehe. Pokoknya, setiap orang punya cara terendiri. Namun, bila tak kunjung menemukan ide, kamu bisa coba salah satu cara di atas. Good luck! 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html