Selasa, 15 Agustus 2017

10 Cara Merampungkan Tulisan

10 Cara Merampungkan Tulisan

10 Cara Merampungkan Tulisan
credit: rahasiapenulis.com


Ujwar.com - Menyelesaikan sebuah tulisan, memang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian penulis, terutama penulis novel. Hal ini disebabkan karena novel tidak pendek seperti cerpen, melainkan harus menghabiskan waktu yang lama untuk bisa beres atau rampung.


Baca juga:



Banyak sekali orang yang mengeluh karena tulisan-tulisannya lama sekali beres. Tentu saja, lamanya menulis dikarenakan ada beberapa hal yang membuat waktu menulis mereka tersendat. Atau bahkan, mereka memang selalu merasa malas ketika menuliskannya.

Sekarang, saya akan berbagi tips, supaya tulisan cepat rampung. Berikut catatannya:

1. Niat

Guys, disadari atau tidak, niat itu nomor satu lho. Niatkan dan tekankan di dalam hati, bahwa kita akan menyelesaikan naskah yang akan digarap. Semua berawal dari niat. Ketika niat kita baik, maka akan berujung baik untuk hidup kita.

2. Memiliki Jadwal

Milikilah jadwal yang pas ketika sedang menulis novel. Jadwal ini bisa dilaksanakan setiap harinya. Saya sendiri, memiliki jadwal menulis malam hari. Kebetulan, saya tidak hanya menulis novel, tetapi menulis artikel juga untuk blog. So, lumayan panjang waktunya. Minimal, kita harus memiliki jadwal satu jam sehari untuk bisa menuliskan atau melanjutkan sebuah tulisan, terutama novel atau sebuah non fiksi.

3. Konsisten

Ketika kita memiliki jadwal, tetapi tidak konsisten, buat apa? Tidak ada gunanya selain konsisten. Kita harus menetapkan hati agar bisa menulis setiap harinya. Intinya jangan malas. Menulislah dengan semangat.

4. Nyuri Waktu

Bagi yang bekerja, mungkin menuliskan novel dalam waktu sebentar sangatlah susah. Tetapi, cara ini bisa dilakukan. Kamu bisa menulis disela-sela pekerjaan. Kalau kamu kerja di toko, kemudian sedang sepi, bisa saja kamu buka leptop dan mulai menulis. Intinya, pntar-pintar dalam memilih waktu.

5. Riset yang Sempurna

Maksud Riset yang sempurna di sini adalah: riset besar-besaran. Biasanya, ketika penulis sudah masuk ke dalam konflik di bukunya, mereka kesusahan karena kurang riset. Lebih baik, riset secara langsung jika bisa. Tidak hanya cari informasi dari internet atau youtube

6. Membuat Outline

Beberapa hari lalu, aku update mengenai kegunaan Outline. Outline juga merupakan salah satu hal penting untuk mempercepat penulisan sebuah novel. Hal ini disebabkan oleh hal-hal yang sudah tersusun rapi dalam tulisan tersebut. Sehingga, kita tinggal menuliskan dengan baik.

7. Jaga Mood

Nomer enam ini sangat penting guys. Kadang, kita malas menulis karena mood sedang buruk. Padahal, mood itu tidak boleh menjadi alasan untuk kemudian menjadi kita berhenti menulis. Hal semacam itu menganggu konsentrasi. Usahakan untuk bisa menjaga mood supaya terus baik.

8. Membaca Karya Orang Lain

Sesekali, ketika kita sedang menyusun naskah, cobalah membaca buku karya orang lain, baik yang temanya sama, atau yang berbeda. Yang saya rasakan, membaca karya orang lain itu membuat kita justru semakin semangat untuk melanjutkan cerita kita karena iri dengan buku orang yang sudah jadi.

Motivasi semacam itu sangatlah dibutuhkan. Bukan hanya motivasi Intrapersonal saja, ekstrapersonal pun sangat dibutuhkan. Contohnya motivasi dari penulis lain, atau karya-karya hasil dari penulis lain.

9. Fokus

Kadang, manusia itu selalu jatuh cinta dengan rumput tetangga. Eh, tapi kalau ini dengan rumput sendiri, tapi rumput di kebun lain. Hehe. Artinya, seseorang kadang tidak fokus dengan satu naskah yang digarap. Selesaikan satu-satu, baru kemudian menyelesaikan yang lain. Jangan sampai, hal semacam itu menghambat proses kerja. 

10. Reward

Cobalah untuk professional. Berikan diri sendiri deadline. Jika melewatinya, maka harus diberi hukuman. Kalau selesai tepat waktu, berikan hadiah. Simpel sebenarnya untuk membuat hati senang. Istilahnya, kita menantang diri sendiri yang telah berprestasi dan berhasil memberikan jawaban. Hal ini akan menjadikan diri kita lebih semangat dan tertantang. Coba saja.

Hal-hal di atas mungkin sudah ada yang dilakukan oleh para penulis, termasuk kamu. Tetapi, mungkin juga satu diantranya masih belum terpikirkan. So, mulailah untuk lebih giat dari sekarang. Impianmu untuk memiliki buku sendiri akan terwujud setelah melakukan 10 tips di atas. Selamat menulis. 

2 komentar:

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html