Senin, 14 Agustus 2017

10 Cara Tampil Percaya Diri

10 Cara Tampil Percaya Diri

10 Cara Tampil Percaya Diri
credit: terapiotak.com



Ujwar.com- Percaya diri menjadi modal utama untuk bisa melakukan sesuatu dengan baik. Sukses tidaknya seseorang memengaruhi orang yang mendengarkan, salah satunya dilihat dari cara penyampaian orang tersebut. Apakah percaya diri? Apakah meyakinkan? Atau tidak?

Ada sebagian orang yang bisa tampil sangat percaya diri, dengan pembawaannya yang pintar berbicara dan berbakat menjadi pengajak atau penghipnotis, tetapi, ada pula orang yang susah payah membangun rasa percaya diri dalam dirinya. Tentu saja, hal tersebut menjadi masalah pelik bagi sebagian orang.

Baca juga:

Berikut ini, saya akan membahas beberapa cara untuk bisa tampil percaya diri di hadapan audience, mitra, atau rekan kerjamu. 

1. Memahami Materi

Ketika ingin bisa tampil maksimal, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami apa yang akan kamu sampaikan. Pelajari sampai ke hal terkecil kalau bisa. Mengapa perlu? Sebab, kadang rasa tidak percaya diri atau gerogi hadir karena kita tak mengerti, atau kurang faham dengan materi yang akan disampaikan. Jika seseorang tau betul materi yang harus dibicarakan, biasanya mereka akan lebih santai, ketimbang dengan orang tidak memahami materi sama sekali. 

2. Membiasakan Tampil

Kadang kala, ada seseorang yang cerdas, yang tau apa pun, yang mengerti mengenai hal-hal yang akan dia sampaikan, tetapi tidak terbiasa tampil, sehingga membuat penampilannya kacau. Hal semacam ini disebut sebagai jam terbang. Seberapa sering kita tampil di hadapan orang? Nah, usahakan untuk membiasakan tampil dalam keadaan apa pun. lawan rasa malu dalam diri.

3. Latihan Secara Continue

Latihan secara berkala dan terus-menerus sangatlah perlu. Berhadapan dengan orang lain merupakan sebuah skill, bukan lagi soal ilmu pengetahuan. Latihanlah dengan cara apa pun. Misal: kamu berbicara di depan cermin. Menampilkan gestur dan mimik yang sesuai, kemudian bisa dibawakan ketika kamu tampil. Terlihat gila memang, tetapi latihan di depan cermin terbilang ampuh. Saya sering latihan berpidato di depan cermin.

4. Ikut Pelatihan Publick Speaking

Nah, banyak sekali orang yang memilih ikut pelatihan, atau pula ada yang sengaja sekolah di bidang ini. Ketika kamu memiliki lingkungan tersendiri, berbicara di hadapan umum akan terasa hal yang biasa. Sebab, ada orang-orang yang mendukung. Ada mentor, dosen, atau guru yang membimbing kamu. How to speak well. Di sana, kamu akan diajari rahasia-rahasia yang tidak didapatkan ketika belajar otodidak.

5. Belajar Dari Buku Publick Speaking

Jika belum ada waktu untuk mengikuti pelatihan, maka kamu bisa mencoba untuk membaca buku-buku yang berhubungan dengan publick speaking. Banyak sekali buku yang berhubungan dengan materi ini. Kamu bisa coba cari di toko buku terdekat.

6. Belajar Dari Youtube

Banyak sekali tutorial atau cara tampil di hadapan orang di youtube. Kamu bisa mencoba membuka situs tersebut, kemudian cari cara-caranya. Apa yang kamu lakukan bisa menambah wawasan yang cukup karena kamu bisa melihat secara langsung orang yang memberikan intruksi lewat layar komputer 

7. Pemanasan Jika Ingin Tampil

Jangan membiasakan diam beberapa jam sebelum tampil. Cobalah untuk bergerak, melakukan pemanasan dengan gerakan-gerakan kecil, atau kembali membuka materi yang akan disampaikan. Rasa percaya diri turun, kadang karena gairah kamu belum muncul. Ketika badanmu sudah mulai panas, maka semangat pun akan meningkat. Bisa dicoba.

8. Berpenampilan Menarik

Pernah kepikiran penampilan sendiri ketika berada di suatu panggung? Nah, hal tersebut yang kadang menganggu. Kita telanjur fokus terhadap satu hal. Cuek saja seharusnya. Kalau kamu ingin tampil lebih fokus, cobalah berpenampilan dengan baik dari rumah. Gunakan pakaian yang menurutmu menarik. Sehingga ketika di atas panggung, atau di hadapan audiense, tidak ada lagi yang kamu pikirkan selain fokus dengan apa yang akan disampaikan.

9. Jangan Pikirkan Kata-kata Orang

Kadang, yang membuat down itu adalah komentar atau perkataan orang pada penampilan sebelumnya. Sehingga, ketika kamu akan tampil lagi, ada sebuah rasa yang membuat kamu kecil. Padahal, hal yang harus kita lakukan sebenarnya hanya diam, tanpa memikirkan ucapan mereka. Jika ucapan mereka membangun, terima, kemudian perbaiki. Jika tidak begitu penting, jangan terlalu dipikirkan. Kita tidak bisa membekam mulut semua orang dalam kehidupan kita, yang ada, kita hanya bisa menutup telinga kita, kemudian dengarkan hal-hal yang lebih penting. Setuju?

10. Menepati Janji

Menepati Janji? Maksudnya?

Apa hubungannya nemepati janji dengan rasa percaya diri? Oke, pertama-tama, terima kasih banyak untuk Bapak Maria Teguh, karena berkat videonya-lah, saya mengetahui arti percaya diri sebenarnya.

Menurut beliau, percaya diri sebenarnya adalah mampu menepati janji yang kita ucapkan dengan baik. Sehingga, kita akan selalu tampil percaya terhadap diri, karena kita tidak pernah membohongi diri sendiri.

Sampai sini sudah jelas? 

Intinya, rasa percaya diri akan muncul, jika pribadi kita sudah baik. Misal: ketika kita berkata akan melakukan sesuatu, kita melakukannya. Hal tersebut merupakan bukti bahwa kita tengah memupuk rasa percaya. Kalau kita sering bohong, bagaimana mau percaya? Meski itu kepada diri sendiri. 

Nah, itulah 10 cara tampil percaya diri dalam situasi apa pun. Untuk penutup, saya hanya ingin berkata: tetap berjuang. Sebab, saya merasakan sendiri, membangun rasa percaya diri itu adalah hal yang amat sulit. Terutama berhubungan dengan intra personal kita. Rasa rendah diri kadang selalu menyelimuti hati kita. Maka, hilangkanlah perasaan-perasaan negatif itu. Good luck!

4 komentar:

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html