Kamis, 10 Agustus 2017

15 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

15 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

15 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris
credit: terjemahinggrisindonesia.com



Ujwar.com

Entah kenapa, saat ini Ujwar sedang ingin berbagi tips. Bukan karena saya sudah mahir berbahasa inggris, tetapi karena saya merasa tahu betul, bahwa banyak sekali di dunia ini yang membutuhkan tips belajar berbahasa. Apalagi bahasa inggris. Kalau bisa bahasa inggris, seenggaknya kita bisa say hello ke orang bule yang mungkin suatu saat lewat rumah, atau kalau enggak, kepada bule yang akan jadi pasangan hidup kita. Huhuy. 


Baca juga:


Perlu diketahui, saya itu adalah mahasiswa bahasa inggris yang sampai semester 2 (maju semester 3) belum bisa ngomong bahasa inggris dengan baik. Maka, saya pun mendapatkan berbagai tips, baik itu dari dosen, teman-teman sekitar, atau bahkan dari acara-acara english yang pernah saya ikuti. Percaya atau tidak, sampai saat ini saya masih kesulitan walaupun untuk berbicara singkat.  Anggap saja, tips yang kuberikan merupakan catatan pribadi supaya tidak lupa dan bisa dibuka lagi. Syukur-syukur bermanfaat bagi kalian.

Oke, gak usah banyak omong, berikut cara supaya bisa berbahasa inggris:



1. Niat

Ini yang pertama harus kamu miliki. Niat itu terkesan sederhana, tetapi ketika kita memiliki niat dan motivasi yang bagus, maka tidak menutup kemungkinan, kita akan terus bekerja keras dalam menggapai apa yang kita inginkan. Kuatkan niat kita, supaya kita tidak pernah bosan untuk terus belajar.

2. Tambah Kosakata

Guys, menurut saya, kosakata itu sangat penting. Saya sendiri gak bisa ngomong atau gagap biasanya karena gak tahu bahasa inggrisnya sesuatu yang saya maksud. Tips dari saya, tambah kosakata setiap harinya. Kalau saya dimulai dari hal-hal yang dekat dengan saya sendiri. Dari mulai bahasa inggrisnya semua anggota tubuh, benda-benda di rumah, juga hal lainnya. 

3. Membaca Buku Berbahasa Inggris

Salah satu cara untuk bisa memahami bahasa inggris adalah membaca buku yang juga berbahasa inggris. Saya mendengar tips ini dari vlognya Wirda Mansyur. Dia itu sering membaca buku, maka ketika menemukan kata yang tidak diketahui artinya, dia garis bawahi dan cari artinya. Semakin sini, ketika membaca buku, semakin sedikit yang dia garisbawahi. Awalnya memang akan pusing. Pastinya, sedikit-sedikit akan buka kamus, tetapi itu cara yang juga efektif untuk mengasa kepekaan kamu dalam berbahasa.

4. Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris

Mulai sekarang, tambah koleksi lagu berbahasa inggris di ponselmu. Dengan mendengarkan, maka akan melatih kepekaan telinga dalam menangkap kata asing yang jarang kita gunakan. Usahakan untuk mendengarkan berkali-kali, kemudian, jika tidak tertangkap juga, boleh cari lirik lagunya. Syukur-syukur apa yang kamu dengarkan tertangkap semuanya.

5. Menonton Film Berbahasa Inggris

Kebanyakan dosen dan rekan saya yang sudah cerewet menggunakan bahasa inggris, mereka banyak menonton film berbahasa inggris. Jangan yang berat-berat, cukup menonton film sederhana, misalkan film kartun yang bahasanya ringan, itu sudah cukup membantu. Ingat, jangan sampai kamu menonton dengan menggunakan subtitle bahasa indonesia. Sama saja bohong kalau begitu.

6. Belajar Dari Percakapan

Hal lain yang bisa mempercepat bisa berbahasa inggirs adalah langsung mendengarkan percakapan native speaker, kemudian memahami kalimat yang sering digunakan dalam suatu percakapan. Kalau dalam bahasa inggris ada istilah Expression and respons. Pelajari kalimat-kalimat yang dapat digunakan dalam berbagai situasi. Di youtube, sekarang banyak video percakapan bahasa inggris.

7. Membangun Lingkungan Berbahasa Inggris

Membangun lingkungan berbahasa ini sangatlah sulit. Sebab, kita sudah biasa dengan lingkungan yang notabennya berbahasa daerah, atau berbahasa Indonesia. Kadang kala, ketika kita coba-coba mengajaki orang menggunakan bahasa Inggris, kita malah dikatai sok bisa atau sok modern. Padahal, tujuan kita tak lain hanya untuk membiasakan diri.

Namun, menurut saya, ketika banyak tanggapan buruk, kita hanya perlu senyum tanpa harus menanggapi berlebihan. Sebab, mereka bisa saja belum mnegetahui pentingnya bahasa asing. Mereka belum sadar, bahwa dengan bahasa asing, kita bisa terhubung dengan orang seluruh dunia.

Cara untuk membangun lingkungan berbahasa, kita bisa mulai gunakan bahasa inggris di keluarga, kampus, juga tempat umum. Bangun kepercayaan bahwa bahasa inggris ini sangat amat penting. Karena, semakin maju teknologi, kemampuan berbahasa juga dituntut untuk terus berkempang.

Selain itu, kita juga bisa membangun lingkungan berbahasa dengan mengikuti program berbahasa, seperti english camp, seminar bahasa inggris dan lain sebagainya.

8. Memiliki Partner

Bagaimana perasaanmu saat belajar sendiri? Tentu saja lama-kelamaan akan bosan. Hal ini memperkuat, bahwa kita membutuhkan seseorang sebagai teman belajar bersama. Setidaknya, ada yang menanggapi atau pula memberi masukan dan saran. 

Kalau bisa, kamu bisa mencari teman yang langsung dari native speaker. Hal itu akan lebih efektif untuk menambah kepekaan berbicara dan juga mendengar. Karena, cara berbicara orang lokal atau native speaker tentu berbeda.

9. Kursus

Kursus juga menjadi salah satu cara yang efektif sejauh ini. Banyak anak-anak yang dimasukkan ke dalam kursus atau bimbel bahasa di daerah masing-masing. Kita pun diajari berbagai hal dalam kursus. Kamu bisa memilih tempat kursus yang sudah terkenal bagusnya. Sebab, image tempat kursus juga penting untuk membuat kita lebih percaya diri.

10. Belajar Dari Game/Aplikasi

Hampir keseluruhan game menggunakan bahasa inggris. Banyak sekali orang yang mahir berbahasa inggris gara-gara bermain game. Terutama game online yang sekarang sedang booming. Hal ini mempercepat otak untuk terbiasa melihat dan membaca tulisan berbahasa inggris. Kamu juga bisa untuk membiasakan mengganti bahasa dari aplikasi apa pun yang kita gunakan dengan bahasa inggris. 

11. Menulis Menggunakan Bahasa Inggris

Guru saya pernah memberi tips, bahwa salah satu alasan mengapa dia mahir berbahasa inggris adalah menulis diary setiap hari. Tentu saja menggunakan bahasa inggris. Dia selalu menyempatkan mengekspresikan apa yang dia alami dengan bahasa inggris di buku. Hal tersebut membuat kita terbiasa dengan bahasa itu. Kamu bisa coba cara ke sepuluh ini.


12. Membiasakan Melamun Menggunakan Bahasa Inggris

Pernah melamun atau memikirkan sesuatu? Salah satu cara efektif untuk bisa berbahasa inggris adalah melamun dengan menggunakan bahasa inggris. Contoh kecilnya, kita melamunkan sedang apa pacar kita. Kata-katanya mungkin. “Dia sedang apa ya?”. Kenapa tidak kita ganti dengan bahasa inggris? Hal yang paling sulit dari berbahasa itu adalah kealamiannya. Kadang, kalau mau berbicara, bahasa kita selalu terlihat dibuat-buat. Nah, dengan belajar melamun atau memikirkan sesuatu dengan bahasa inggris, makia akan melatih naturalnya kita dalam berbahasa inggris.

13. Speak out

Apa fungsi dari bahasa? Jelas saja untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Nah, banyak sekali orang yang mengerti grammar, mengerti kosakata, mengerti hal-hal tentang bahasa inggris, tetapi tidak berkata atau praktek. Banyak sekali orang pintar menggunakan bahasa inggris dalam tulisan, tetapi gugup atau malah blank ketika digunakan. Gunakan bahasa itu secara langsung. Ketika ingin bisa berbahasa, maka harus berkata. 

Ingat, menurut pandangan saya, jangan dulu memikirkan grammar atau structure kalau mau berkata dalam bahasa inggris. Sebab, itu justru memusingkan. Percaya diri saja. Yang terpenting, kita mengerti, dan mereka yang mendengarkan juga mengerti. Masalah grammar, kita bisa belajar sambil berjalan.

14. Menjadi Pengajar

Ada sebagian dosen dan guru saya yang berkata, bahwa cara paling efektif untuk bisa berbahasa inggris itu adalah diamalkan. Istilahnya, mengajar itu adalah salah satu bentuk pembiasaan. Mungkin, mengajar tidak harus secara formal.  Setidaknya, ketika kita bisa mengajari adik, mengajar tetangga, hal  itu akan mengasah kemampuan kita. Kadang kita akan semakin bekerja keras ketika kita akan tampil di hadapan orang. Nah, mengajar pun begitu. Kita akan tampil di hadapan murid, kalau kemampuan berbahasanya belum baik, maka merasa malu. Hal itu akan memacu semangat untuk mendorong diri supaya lebih baik lagi.

15. Berdoa

Ingat, setelah berusaha, ya kita berdoa. Disadari atau tidak, segala hal yang kita lakukan, pasti ada campur tangan dari Allah. Tidak mungkin tidak. Dia yang menggerakkan apa pun di tubuh kita. Semnagat kita, otak kita, otot kita, hati kita, juga hal-hal kecil lainnya. Inshaa allah, hal ini akan membuat kita lebih tenang dan semangat dalam belajar sesuatu.

Bagaimana? Apakah salah satu dari tips di atas pernah dilakukan? Atau sedang dilakukan? Kalau belum, yuk dicoba dari sekarang. Ingat, tetap percaya diri dalam berbicara bahasa inggris. Karena kunci paling efektif adalah tahu dan percaya bahwa kita mampu. Semangat!


11 komentar:

  1. wah cara nya efektif nih ijin save dulu dan di praktekin bro

    BalasHapus
  2. saya dulu suka binggris grgr dipaksa ikut kursus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha. iya. kursus sangat membantu untuk cepat lancar

      Hapus
  3. Bisa nih dipraktekkan dari dulu susah banget belajar bahasa Inggris

    BalasHapus
  4. alasan saya pengen bisa bahasa inggris itu biar enak kalo jadi programmer

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuuu. kan semua bahasanya pakek b. inggris.

      Hapus
  5. semuanya bener gan. asal ga setengah2 dan dalam jangka waktu yang lama. nyari partner ngomong juga penting, soalnya kalau sekedar nonton ato denger musik ga cukup. kalau bisa sih menurut ane partnernya orang luar yang juga belajar bahasa inggris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuuu... partner orang asing lebih menarik.

      Hapus
    2. setujuuu... partner orang asing lebih menarik.

      Hapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html