15 Cara Populer di Wattpad

15 Cara Populer di Wattpad


15 Cara Populer di Wattpad
credit: techcrunch.com



Ujwar.com

Wattpad menjadi salah satu media yang saat ini sangat populer di kalangan penulis Indonesia. Baik yang sudah senior atau pun yang masih baru. Aplikasi ini menjadi tempat belajar dan berkarya. Sehingga, banyak sekali penulis-penulis wattpad yang menjadi terkenal berkat karya yang fenomenal.

Tidak dipungkiri, saat ini, banyak sekali orang yang menulis di dunia orange. Selain untuk membiasakan bakat menulis, tentu saja supaya karyanya banyak dibaca orang. Dan bonusnya, mungkin bisa jadi populer karena tulisan tersebut.


Baca juga: 


Banyak sekali orang yang menginginkan tulisannya bisa mejeng di wattpad, kemudian dibaca banyak orang, finalnya, penulis atau karyanya bisa dikenal para pembaca, alias terkenal. Apalagi, sekarang penerbit berbondong-bondong mencari suatu naskah yang sudah memiliki banyak pembaca. Salah satunya dengan mengincar naskah-naskah yang dari wattpad.  Siapa yang tidak mau menjadi penulis terkenal?

Nah, berdasarkan hasil mengamati, melakukan survey, juga mencobanya sendiri, saya ingin membagikan 15 cara agar tulisan kita populer di wattpad. Mungkin, untuk mencapai suatu kesuksesan itu tidaklah instan, tetapi, dengan melakukan cara-cara ini, cepat atau lambat, kamu bisa menjadi salah satu bagian orang sukses itu.

Berikut 15 cara populer di wattpad:

1. Keunikan Tulisan

Ingat, pertama-tama, sebelum memikirkan hal lain, persiapkan tulisan yang akan kamu share di wattpad. Persiapkan tulisan yang bisa menarik perhatian orang banyak alias unik. Banyak sekali penulis wattpad yang mengaku tulisannya sepi pembaca. Bisa saja, tulisanmu belum cukup menarik perhatian orang lain. Ya, namanya juga pembaca. Mereka itu layaknya raja. Maka kita harus mempersiapkan layanan terbaik. Toh, ketika pembaca puas, kita juga akan ikut puas dan mendapatkan effek baiknya.

2. Siapkan Judul yang Unik

Beberapa kali berkeliling di wattpad, saya menemukan beberapa fakta, bahwa  banyak sekali tulisan yang membuat judul semacam perbandingan. Misal: Cupu VS Populer, Nerd VS Smart, dll. Atau pula judul yang berhubungan dengan CEO, ketua OSIS,  kapten basket, dan hal-hal lain.

Nah, tugasmu adalah mencari judul yang bisa menarik perhatian calon pembacamu. Sebenarnya yang ini tergantung selera sih, tapi ya, kalau kita sudah berjuang dengan baik untuk mencari suatu judul yang dianggap menarik, inshaa allah, pasti juga bisa menarik perhatian orang lain.

3. Siapkan Sinopsis/ Blurb yang Membuat Penasaran

Ketika akan share tulisan di wattpad, kamu harus menyiapkan blurb, atau kalau di wattpad yaitu bagian keterangan tulisan. Buatlah keterangan tulisan sebaik dan semenarik mungkin. 

4. Siapkan Cover 

Ini juga menjadi hal menarik sebelum tulisanmu benar-benar di-publish. Orang akan melihat cover juga ketika naskahmu nongol di halaman berita wattpad. Ya, kamu bisa membuat cover sendiri, bisa juga dengan menggunakan jasa desain cover. Yang terpenting, cover itu bisa menarik perhatian.

5. Pasang Hastag yang Cocok

Memasang hastag yang benar dan tepat juga bisa membuat tulisanmu gampang ditemukan. Contoh kecilnya, misal kamu ingin mengapload cerita remaja, maka, cobalah untuk memasukkan hastag #REMAJA #TENFICTION #POPULER atau hastag lainnya. Saya kurang tahu hastag apa yang populer, tetapi, kamu bisa coba masukan hastag yang dikira banyak dicari. Kamu juga bisa menanyakannya secara langsung ke pengguna wattpad yang telah lebih dulu terjun, atau bahkan telah lama sukses.

6. Promosi

Lima hal di atas merupakan sebuah tindakan sebelum naskah di-publish. Maka, setelah naskah dipublish, giliran kamu mempromosikan tulisanmu. Banyak cara untuk mempromosikan. Bisa lewat media sosial, misal fb, atau pula secara personal. Namun, jangan memaksakan kehendak dengan cara promosi di dinding penulis atau pengguna wattpad lain. Ya, kadang banyak yang tidak berkenan. Kita yang promosi malah dicuekkin. Dari pada sakit hati?

7. Bersosial

Ketika kamu sudah memiliki cerita di akun wattpad, secara otomatis, kamu juga harus mulai terbiasa untuk berkenalan dan bersosial di media tersebut. Bangunlah rasa kepercayaan pengguna lain, bahwa kamu ada di wattpad. Bahwa kamu juga pengguna wattpad. Kadang kala, cerita kita tidak populer itu karena tidak banyak orang yang mengenal kita. Mulailah berkenalan satu sama lain.

8. Bangun Brand Image

Brand image ini sangat penting guys. Kamu harus membangun sikap dengan baik. Sikap adalah hal utama untuk membuat kamu sukses di mana pun kamu berada. Jika sikapmu kurang baik, tentu akan berdampak buruk, dan sebaliknya, jika sikapmu baik dengan image yang tinggi, maka akan baik pula.

Ingat. Bukan jadi penjilat ya. Sikap ini harus dibangun secara alami. Niatkan sebagai sebuah keharusan yang harus anda miliki. Disadari atau tidak, justru media sosial berpengaruh dari sikap kita sendiri.

9. Berkunjung ke Tulisan Orang Lain

Salah satu cara efektif agar tulisanmu di kenal, kamu juga harus berusaha menghargai orang-orang yang sama menulis dengan cara ikut membaca atau berkunjung ke postingan mereka. Berikan vote jika ceritanya menarik. Berikan komentar, atau masukan jika itu diperlukan. Ketika kamu mulai respect, pengguna lain pun akan ikut perhatian kepadamu dengan berkunjung balik ke ceritamu.

10. Karakter

Ini sangat penting. Karakter diri di dunia apa pun amat sangat dibutuhkan. Buatlah tulisan yang berbeda dengan orang lain. Atau, tunjukkan keunikanmu sebagai penulis. Orang-orang yang berbeda justru akan menjadi orang-orang yang dicari. Hal ini akan membuat tulisanmu juga gampang dikenal.

11. Konsisten

Konsisten berhubungan dengan skala kamu meng-update cerita. Buatlah jadwal sehingga tulisanmu tersusun. Kapan harus di-upate, kapan harus menulis. Saya sendiri, dulu sering tidak konsisten dalam menulis maupun share tulisan itu. Kadang, saya menulis, kemudian sebulan selanjutnya, baru diupdate lagi. padahal, pembaca lebih suka mmebaca cerita yang memiliki jadwal update.

Usahakan untuk tidak terlalu lama. Misal dua kali seminggu. Atau maksimal seminggu sekali. Hal ini memperkecil pembaca untuk melupakan naskah kita. Biasanya, mereka akan menunggu sesuai jadwal yang telah ditentukan.

12. Gabung di Komunitas Menulis 

Bergabung dalam komunitas menulis di wattpad juga bermanfaat. Tulisan kita bisa dibaca oleh anggota lain. Kita juga bisa saling ngasih masukan dengan sesama anggota. Banyak sekali komunitas yang bertebaran. Tinggal pilih, komunitas mana yang cocok untuk kita.

13. Update Cerita di Waktu Tepat

Hal ini juga bisa membantu kamu untuk memperkenalkan tulisan. Update-lah cerita di saat orang-orang sedang bermain di wattpad. Bisanya kapan? Siang, malam, sore, atau kapan? Kamu pasti tahu, kapan pengguna wattpad sedang rame.

14. Bangun Komunikasi

Selain berkenalan dengan pengguna wattpad, bangun juga komunikasi yang intens. Apalagi kepada orang yang sering mengomentari tulisan kita. Balaslah komentar-komentar mereka. Hal ini akan membuat mereke betah baca, dan ketagihan dengan cerita kita.

15. Sabar

Dan ini trik yang terakhir. Banyak orang yang ingin sukses secara instan. Padahal, orang-orang yang sekarang populer karena tulisannya di wattpad sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Mereka biasanya sudah lebih dulu ada di wattpad. Kita yang baru satu minggu ada di wattpad sudah langsung ingin memiliki pembaca banyak? Hah, itumah stres. Gak ada yang bisa menghasilkan pembaca yang instan. Butuh proses supaya mereka mengenal tulisan kita.

Sabar, sabar dan sabar. Niatkan dengan baik tujuan kita di wattpad. Jangan hanya soal populer, atau memiliki banyak pembaca. Tetapi juga seberapa besar tulisan kita menebar manfaat. Setuju?

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "15 Cara Populer di Wattpad"

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.