Sabtu, 05 Agustus 2017

Dengan Sikap Positif, Kita Bisa Mengubah Hidup yang Kelam

Dengan Sikap Positif, Kita Bisa Mengubah Hidup yang Kelam


Dengan Sikap Positif, Kita Bisa Mengubah Hidup yang Kelam
credit:  senangsenang.net



Ujwar.com

Ketika kita punya bakat, kemampuan, juga rasa semangat yang tinggi, kalau tidak dilengkapi dengan sikap yang baik, maka hal-hal tersebut tidak akan bertahan lama. Ketika punya bakat bagus, tetapi sombong, orang tidak akan suka. Ketika punya bakat, tetapi selalu berpikiran negatif kepada orang lain, tentu akan menjadi beban buruk bagi diri sendiri.

Baca juga: 


Saya menulis ini bukan karena pintar, tetapi karena telah merasa yakin, bahwa sikap memang salah satu faktor penting dalam kehidupan, terutama setelah saya membaca buku Cara Pintar Mengoptimalkan Kecerdasan Otak yang ditulis oleh Elwood N. Chapman. Buku itu adalah salah satu buku yang bisa mengubah pikiran buruk saya selama ini. 

Apakah benar, sikap positif bisa mnegubah kehidupan yang kelam?

Apakah kamu pernah merasa iri dengan orang lain? Atau, pernah berpikiran buruk kepada diri sendiri, dan tentunya orang di sekitar kita?

Apa yang kamu rasa setelah berpikiran seperti itu?

Saya yakin, ketika ada aliran negatif dalam diri kita, tentu akan ada pembawaan yang juga buruk. Seperti merasa mumet, galau berkepanjangan, bahkan ada gondok yang seperti menekan ulu hati. 

Saat ini, saya tidak akan berbicara panjang lebar tentang pikiran negatif kepada orang lain, tetapi akan memfokuskan berbicara tentang pikiran negatif kepada diri kita sendiri.

Saya pernah merasa bahwa diri saya tidak berguna. Saya sering merasa bahwa diri ini tidak bisa apa-apa. Perasaan itu yang kemudian membuat kita takut berbuat sesuatu. Hal itu yang kemudian bisa membuat diri merasa semakin ragu akan kemampuan diri sendiri.

Itulah yang dimaksud pikiran negatif. Kadang kala, kita terlalu berprasangka buruk terhadap diri kita sendiri tanpa mengenal dengan baik, apa kemauan dan bakat kita. Kita hanya selalu melihat bahwa orang lain lebih baik dari kita, lebih pintar, atau lebih istimewa.

Hal itulah yang kemudian menjadikan kehidupan kita kelam. Diiringi dengan perasaan ragu, ditambah prasangka buruk yang ada dalam diri, baik kepada orang lain atau juga lingkungan tempat kita tinggal.

Terus terang, saya sedang membicarakan diri sendiri. Sudah lama sekali saya terkungkung dalam perasaan-perasaan negatif yang kian menyelimuti hati dan otak. Hingga ssaya merasa seperti orang yang tak hidup. Selalu merasa risi di setiap keadaan. Selalu merasa lemas dengan ketidakberdayaan. Saya juga pernah berpikir yang tidak-tidak terhadap teman-teman saya sendiri. Saya selalu menebak-nebak isi hati mereka, bahwa mereka tidak suka terhadap saya. Bahwa mereka menganggap saya sebagai sampah. Tapi, saya tidak berpikir, bahwa itu hanya perasaan negatif saya. Saya tidak pernah berpikir kalau pemikiran buruk saya belum tentu ada di hati mereka. Bisa saja justru mereka menyukai dan mengangumi kita.

Jadi, apa yang harus dilakukan?

Kuncinya adalah berpikir positif. Banyak cara supaya kita tidak melulu fokus terhadap kekurangan yang kita miliki, salah satunya dengan cara mempercayai, bahwa kita memiliki sebuah kelebihan yang tidak dimiliki orang lain.

Kita juga bisa mengalihkan pikiran dengan cara menonjolkan diri dengan kemampuan yang paling kita bisa. Ingat, sangat tidak penting jika kita ingin terlihat penting di hadapan orang lain. Tetapi yang paling baik adalah merasa penting untuk diri sendiri. Buat diri kita puas akan kinerja, juga sikap yang tampakkan.

Sikap positif ini bisa membawa kita ke dalam aura yang tak bisa dijelaskan secara rinci. Orang yang pikirannya positif akan terlihat lebih fresh ketimbang yang berpikiran negatif. Orang yang berpikiran baik akan terlihat cantik, meski pada kenyataannya (secara fisik) mungkin tidak cantik.

Hal lain, untuk mengoptimalkan sikap kita yang baik adalah dengan menganggap kesalahan sebagai sebuah lelucon. Pernah merasa sangat bersalah ketika kita membuat sebuah kesalahan? Pernah merasa bersalah ketika dimaki boss karena kerja tidak fokus? Anggaplah itu sebagai sebuah humor. Sebab, humor satu-satunya jalan untuk membuat kita tertawa akan sebuah kesalahan. Jadikan itu sebagai pelajaran penting, dan ketika kesalahan itu tak lagi dilakukan, maka kamu wajib tertawa lebih kencang dari ketika kita melakukan kesalahan dulu.

Hal paling penting selain menjadikankan sebuah kesalahan sebagai selera humor, kita juga harus memperjelas tujuan kita dalam hidup, juga menjadi orang yang selalu bersikap baik kepada siapa pun. 

Saya pernah membaca suatu kalimat yang unik menurut saya, bahwa sebuah sikap positif bisa menghasilkan uang besar tanpa diduga. Artinya, ketika kita terlalu fokus terhadap uang, ada citra negatif dalam diri, kalau dalam islam, artinya tamak. Hanya uang, uang dan uang yang dipikirkan. Tetapi ketika kita berpikir bahwa kita harus bekerja dengan baik, bersikap ramah, berpikiran positif, maka sekecil apa pun uang yang didapatkan akan terasa lebih berharga, dan pastinya akan disyukuri. Materi yang kita butuhkan akan terpenuhi dengan sendirinya, sebab orang lain tak lagi ragu untuk bekerja sama dengan orang yang selalu ceria semangat dan tersenyum. 

Saya banyak mendapatkan pelajaran ketika membaca buku karya Elwood ini. Beberapa rincian dan penjelasan tentang sikap positif pun saya tangkap dan dikembangkan dalam tulisan ini. Saya hanya ingin berbagi sebuah semangat besar. Betapa pikiran negatif bisa menyeret kita ke dalam dunia yang lebih pekat.

Sudahkan bersikap positif hari ini? Yuk biasakan. Ketika kita berusaha untuk terus berlapang dada, tentu kehidupan akan terasa lebih nikmat dan indah. Setuju? [.]

2 komentar:

  1. Be positif thinking
    Terkadang kalau kita berpikiran negatif apapun yang kita kerjakan rasanya sangat menyebalkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget kak. Sangat amat menyebalkan. ya itu sebabnya harus berpikiran positif. hehe.

      Hapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html