Jumat, 22 September 2017

16 Tips Lolos Audisi Ajang Pencarian Bakat

16 Tips Mengikuti Audisi Ajang Pencarian Bakat
credit: kapanlagi.com


Ujwar.com – Setiap orang punya kemauan juga cita-cita yang ingin dicapai, termasuk aku. Ya, kalau enggak punya cita-cita, jangan idup deh, mending mati aja. Hoho. Hus, Ujwar, kalo ngomong dijaga dikit. Maaf ya kawan-kawan, aku memang suka out of topic. Lupakan sesuatu yang membuatmu sakit hati. Hehe.

Kali ini, aku hanya ingin berbagi pengalaman soal audisi. Khususnya audisi bernyanyi. Nih ya, kalian perlu tahu, selain menulis,  aku juga salah satu orang yang ngebet banget pengen jadi artis. Padahal, aku bukan turunan selebriti, penyanyi, atau sejenisnya. Pun tidak memiliki suara yang bagus.

Sudah sering aku nyanyi. Tapi justru banyak yang berkomentar bahwa suraku jelek. Bapakku pun bilang kalau suaraku “BEBEREKBEKAN”, alias seperti bunyi knalpot yang bising dan cempreng. Tapi tahun lalu, aku nekat ikutan audisi ajang pencarian bakat. Tepatnya pada tanggal 4 Oktober 2016 di Sabuga Bandung. Waktu itu aku mikirnya, kali aja jurinya pada budeg,  biar bisa milih aku. Tahu dong, acara waktu itu apa? Yups. Kamu benar. Rising Star. Dan ya, ajang pencarian bakat itu memang menarik untuk diikuti.

Baca juga:


Nah, tahun ini, rencananya aku juga mau ikut kembali audisi ke Bandung. Tanggal 7-8 Oktober 2017. Tempatnya masih di SABUGA. Bedanya, Oktober mendatang, berkenaan dengan Indonesian Idol. 

Kalau dari segi suara, sudah kubilang, kalau suaraku jelek. Aku cuman mimpi di siang bolong aja buat jadi penyanyi. Tapi terus terang, kali ini aku ingin berbagi tips dalam mengikuti audisi, berdasarkan apa yang pernah kualami. 

Jadi, bagaimana agar kita bisa mengikuti audisi, kemudian, bisa sukses dalam audisi tersebut?

Ada berbagai aspek dalam mnegikuti audisi. Yang pertama, pra audisi, yang kedua, dalam pelaksanaan audisi, dan yang terakhir adalah sesudah audisi.

Saya tulisakan dulu, tips sebelum pelaksanaan audisi:

1. Latihan Dengan Benar

Mungkin kamu akan bilang, “Ujwar, kalau itu mah, aku juga udah tahu. Latihan itu adalah hal yang paling penting.”

Oke, bagus kalau sudah tahu. Tapi bukan tentang poin latihannya yang mau aku sorot, melainkan mengenai cara latihan yang benar. Percaya atau tidak, satu hari sebelum audisi, aku malah serak. Dan gak maksimal pas audisi.

Dan detik ini, aku gak mau hal itu terjadi ke kamu sebagai calon artis selanjutnya. Acieee. Hahay. 

Jadi begini, latihan adalah aspek yang paling penting. Tentu saja latihan nyanyi, bukan latihan ngebajak sawah. Eh tapi, disamping latihan bernyanyi, olahraga juga penting ding. Terutama lari, untuk pernapasan.

Latihan yang benar menurutku adalah bernyanyi dengan tahu waktu, juga tahu tipe suara kita. Pernah gak sih, kamu berlatih mengikuti nada si penyanyi asli? Misal latihan, mengikuti Beyonce yang range-nya sangat luas. Anjiir, maaf ya, aku sok-sok-an bicara soal range vocal, kayak vocal coach, padahal aslinya, aku gak ngerti juga. 

Intinya, berlatihlah dengan benar. Kamu harus tahu, di mana posisi enak dalam bernyanyi. Maksudnya yang berhubungan dengan vita suara. Ketika kita salah menyanyikan lagu, bisa-bisa suara kita yang jadi taruhannya. Bisa serak, batuk, dan hal mengganggu lainnya.

Ingat, latihan secukupnya dan jangan berlebihan. 

2. Jaga Kesehatan Diri

Menjaga diri di sini bisa berhubungan dengan berbagai hal. Diantaranya, jaga pola makan, pola tidur, juga hati-hati dalam berkendara. Kalau satu hari sebelum audisi kamu kecelakaan gimana? Kan berabe. Gak jadi deh ngartisnya. Kahkah.

Pola tidur juga penting. Tidur yang kurang akan membuat kamu kelelahan. Dan pas hari H audisi, kamu tidak akan tampil secara maksimal.

3. Siapkan Lagu

Nah, kalau yang ini, saya lihat di channel youtube Bang Indra Aziz (Vocal Plus), kalau mau audisi itu harus menyiapkan lagu yang cocok untuk kita. Juga beberapa lagu pilihan. Misalkan, kita membawakan dua lagu barat dan dua lagu bahasa indonesia. Lagu baratnya, yang satu up beat dan yang satu ballate, pun dengan lagu indonesia yang akan dibawakan.

Hal pertama yang dilihat juri, selain kemahiran dalam  menyanyikan lagu, juga sebuah pandangan pertama. Atau kesan pertama, alias press inpression. Kita harus menarik juri dengan kata atau kalimat pertama ketika bernyanyi. Istilahnya, cobalah bernyanyi dengan hati, berikan kharisma terbaikmu.

Ya, meskipun kharisma itu kadang alamiah. Juri bisa langsung suka dengan melihat penampilan seseorang. Padahal menurut yang lain, atau menurut dirinya sendiri, dia bernyanyi biasa saja. 

4. Jangan Bawakan Lagu Paling Populer

Katanya sih, ini juga berpengaruh. Coba kamu pikirkan, bagaimana perasaan juri, jika setiap peserta menyanyikan lagu yang sama terus-menerus. Biasanya, para peserta memilih membawakan lagu yang sudah sangat populer, padahal, kurang baik juga. Tidak ada kesan berarti, kecuali kamu yakin kalau suaramu lebih unik dan bagus dari peserta yang membawakan lagu yang sama sebelumnya.

5. Minta Doa

Hal terpenting, sebelum melakukan audisi adalah minta doa. Ke dukun. Eh, ke orangtua, pun ke Allah langsung. Ya, ketika kita sudah usaha, kita juga harus bertawakal kepada Allah. Penting lho masalah beginian. Kadang seseorang tidak menang hanya karena nggak direstui sama orangtua. So, ridha orangtua adalah Ridho Allah.



Nah, setelah berbicara mengenai pra pelaksanaan audisi. Kini aku bakal bicara pas audisi berlangsung. Berikut tips, di hari H audisi.

6. Penampilan

Ibaratnya, kamu ini ingin meminang seseorang. Tentu saja harus berpenampilan sebaik mungkin. Hal ini menambah poin plus. Bisa juga berdandan dengan unik. Biasanya, seseorang yang unik akan dipilih dan dijadikan bahan lelucon. Hehe. 

7. Datang Lebih Pagi

Ini sangat penting. Kalau bisa, subuh, sebelum ramai, kamu sudah ada di tempat audisi. Pengalaman aku nih ya, audisi itu terdiri dari ribuan orang. Terus, jika kita datang siang, kita berada dalam antrian yang panjang.

Juri pun masih sangat fresh jika kamu melakukan audisi pertama. Ada kesempatan untuk melaju ke babak selanjutnya. Kalau gak lolos, masih banyak waktu buat ngulang. Beda halnya dengan tampil terakhir. Juri sudah mendengar mungkin ratusan jenis suara. Hal itu memperkecil kesempatan untuk lolos.

8. Bawa Makanan yang Banyak

Haha, kalau gak gini, rugi lho. Gimana kalau kamu sudah ada dalam antrian terdepan, kemudian tiba-tiba lapar. Ya, mau gak mau harus mundur, makan dulu, terus ketinggalan sama yang lain. Mau gak mau, harus ngulang.

Usahakan untuk bawa air minum. Gerah banget boo desak-desakkan sama orang. Mana pada bau ketek. Iya, bau ketek yang pada gak mandi, kalau yang mandi pasti wangi. Jangan marah dong kamu yang baca. Hehe. Ya, pokoknya, siapkan segala amunisi.

9. Latihan Sebelum Audisi

Jika kamu masih ada kesempatan sebelum tampil di depan juri, latihan. Vocalizing, pernapasan, dan segala halnya. Supaya enggak kaku. Sayang lho, di rumah aja, suaramu udah kece baday. Eh, datang ke tempat audisi jadi kaku, gara-gara nervous, plus kurang pemanasan.

10. Jangan Berpikir Orang Lain Lebih Bagus Dari Kita

Ingat, ini salah satu mental yang harus ditumbuhkan. Kadang, kita suka minder kalau dengar suara orang yang lebih bagus dari kita. Padahal, menurut juri belum tentu dia bagus. Bisa jadi kamu yang bagus. Iya kan?

Percaya terhadap diri sendiri harus benar-benar dipertahankan. Karena, kalau gak diri sendiri yang percaya, siapa lagi? Biasanya, ketika kita yakin, maka peluang tampil lebih bagus dan enjoy pun akan lebih besar.

11. Tatakrama

Ibaratnya, kamu sudah berada di depan juri. Nah, jangan sampai juri jadi ilfil atau tidak lagi tertarik kepadamu. Tatakrama sangatlah penting. Coba tersenyum, mengucap salam, atau menyapa sebelum bernyanyi. 

12. Jangan Bilang Tidak Tahu

Kalau kamu disuruh menyanyikan lagu lain. Jangan bilang gak bisa atau gak tahu. Nyanyi aja. Masa gak ada stock lagu yang kamu punya. Ini adalah salah satu trik juga. Mungkin kata juri, nih orang niat ikut audisi gak sih? Disuruh nyanyi lagu lain saja tidak baik.

13. Menyanyi Seperti di Atas Panggung

Meski tanpa musik, cobalah menyanyi seperti di atas panggung. Terutama feel, dinamika, gestur dan mimik wajah. Jangan datar. Buatlah penonton utama (juri) terkesan atas penampilanmu.



Itulah tips di hari H audisi. Tinggal, kita menunggu, lolos atau tidak. Sebenarnya, tips setelah audisi ini berlaku untuk yang lolos dan  tidak lolos. Berikut tips yang saya maksud:

14. Latihan Lagi

Lolos atau tidak, latihan lagi adalah hal paling penting. Jangan puas dulu. Terus menambah keyakinan dan latihan. Kalau bisa kursus musik. Kalau aku, terus terang belum pernah kursus. Aku belum mngerti banyak tentang musik. Kasian kan, aku? Maka, bagi kamu yang punya kesempatan dengan fasilitas lengkap, pergunakan dengan baik.

15. Tambah Jam Terbang

Ketika kamu sudah melakukan audisi, tentu kamu merasakan kekurangan kamu apa. Perbaiki. Terutama berkenaan dengan jam terbang. Ini amat sangat penting. Mulai sekarang, cobalah tampil di hadapan orang banyak. Lebih sering lagi. Supaya kemampuan dan mental kamu terlatih dan terasah.

16. Pupuk Semangat Pantang Menyerah

Lolos audisi bukan akhir segalanya. Kamu masih harus berjuang melawan mereka yang punya basic baik di musik. Jangan menyerah. Pupuk semangat. Dan seandainya kalah, adakalanya muncul perasaan capek. Nah, jangan sampai kamu membiarkan perasaan itu terus-terusan berlarut-larut. Pupuk semangat kembali. Percayalah, kalau kita terus memperjuangankan mimpi-mimpi itu, maka suatu saat mimpi kita yang justru akan menarik tangan kita.



Yeah, beres juga tipsnya. Capek juga ngetik. Haha. Cukup kali ya, tips pada kali ini. Intinya, aku harap kalian bisa lolos jika ikut lomba-lomba menyanyi semacam itu. Kalau kita sudah berjuang, pasti ada hasil yang akan dipetik. Benar gak? Yang terpenting, berusaha dan berdoa. Good luck!

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html