8 Trik Terkenal di Smule Sing Karaoke!


8 Trik Terkenal di Smule Sing Karaoke!
credit: pixabay.com


Ujwar.com – Saat ini, Smule Sing Karaoke menjadi salah satu aplikasi populer di kalangan masyarakat, terutama yang hobi menyanyi, atau memang, sudah menjadi artis professional di kamar mandi. Hehe. Daripada teriak-teriak gak jelas, mending pakek aplikasi yang mendukung kan?

Saya sendiri kenal smule satu tahun lalu kalau nggak salah. Itu juga dari teman. Dan percaya atau tidak, ketika pertama kali aku pakai aplikasi tersebut,  saya sangat senang, meski musik sama suaranya gak selaras. Padahal pas rekaman, kita ngerasa gak kecepetan atau gak kelamaan. Pernah ngalamin hal semacam itu?

Baca juga:

Nah, biasanya ada beberapa faktor yang bisa membuat hal tersebut terjadi. Yang pertama signal, yang kedua jenis HP. Oke, entar saya bakal bahas masalah  eor di postingan berbeda. Sekarang, kembali ke judul awal.

Terus terang, followers dan penontonku di smule sangat sedikit. Gak nyampe ratusan. Ya, sebenarnya bisa sih buat naikin followers, tapi entar takut terkenal, kalau terkenal gak ada waktu lagi buat nge-blog (pembelaan terhadap diri sendiri yang susah terkenal).

Namun, di sini saya ingin berbagi beberapa tips, yang saya amati langsung ketika menggunakan smule. Dan tips ini pernah saya lakukan, namun tidak berlanjut karena kesibukan. Iya, sibuk mikirin diri yang gak terkenal-terkenal. Hehe.

Langsung saja, berikut cara menjadi penyanyi smule yang dikenal orang:

1. Perbanyak Followers

Hal pertama sebelum kamu terkenal adalah followers. Apakah followers-mu sudah banyak? Sebab, followers akan menjadi salah satu yang melihat atau menyukai penampilanmu di sing karaoke. Kalau followersnya masih dikit kaya punyaku, ya lakukan berbagai cara. Hal yang paling efektif adalah memberitahukan akunmu ke teman-teman media sosial lain supaya mem-follow. Misal kamu bikin status di facebook tentang kebiasaanmu bernyanyi di aplikasi tersebut.

Kamu bisa juga mencoba bersilaturahmi dengan orang-orang yang ada di smule. Berkenalan, kemudian meminta untuk saling mengikuti. Menurutku, hal tersebut menjadi efektif untuk menaikkan followers.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menaikkan followers adalah memasang hastag sebelum mem-publish hasil rekaman. Lumayan efektif juga. Misalnya: #populersongs, #Songoftheday, dan lain-lain.

2. Mengubah layanan Menjadi Berbayar atau VIP

Hal lain yang bisa membuat kamu sukses dan terkenal adalah berganti layanan menjadi VIP, baik yang per bulan, atau per tahun.

Lho, kenapa bisa?

Jelas bisa, sebab, ketika kamu bergenti layanan menjadi VIP, kamu bebas menyanyikan lagu apa pun. Dan kamu bebas mengajak orang berduet atau bergabung.

Inilah point pentingnya. Ketika kamu merekam suaramu, kemudian mengajak orang untuk bergabung, mereka tentu akan tertrik jika lagu yang dinyanyikan dikethui banyak orang. Hal ini bisa meningkatkan jumlah orang yang mendengarkan suara kita, dan mengefek ke bertambahnya followers juga. Sehingga, kamu akan semakin dikenal.

3. Ikut Kompetisi Bernyanyi

Selama saya di smule, saya belum pernah mengikuti kontes. Sebab saya sadar, kalau suara saya buruk bin jelek. Jadi ya, saya hanya pendengar setia yang mengikuti kegiatan mereka. 

Nah, bagimu yang ingin memperluas jaringan, cobalah untuk mengikuti lomba-lomba di smule. Hal ini akan membuat kamu semakin banyak teman, kemudian dikenal oleh orang-orang karena aktif. Apalagi jika kamu menang dalam lomba. Pasti deh pendengar setiamu bakal makin banyak.

4. Memiliki Suara Bagus

Bagi orang yang suaranya jelek macam saya, tenang saja, tidak usah minder. Kadang kala, smule hanya dijadikan sebagai aplikasi hiburan saja. mnegisi waktu luang dan memperhangat suasana yang sepi. Jadi ya, syukuri apa yang ada.

Namun, bagi yang ingin benar-benar serius dengan smule, tentu saja kamu harus memiliki suara yang bagus. Suara yang bisa disukai banyak orang. Saya sendiri, kadang lebih suke memilih duet dengan yang suaranya bagus, ketimbang yang biasa saja, meskipun suara saya sendiri jelek.

Hal ini menggambarkan, bahwa kualitas mempengaruhi mood pendengar untuk terus mengikuti sesuatu yang kita nyanyikan.

Bagi yang merasa suaranya belum bagus, ya bisalah belajar dari sekarang. Belajar vocal. Lumayan lho, kalau sudah terkenal di smule, akan banyak hal-hal yang tak terduga. Faktanya, media sosial semacam itu memang sangat dibutuhkan untuk mendongkrak popularitas.

5. Sering Mengajak Duet

Nah, salah satu yang bisa meningkatkan kesuksesan juga adalah dengan sering-sering mengajak mereka duet dengan cara merekam lagu yang akan diduetkan. Selama ini, trik tersebut berjalan dengan baik. Pilihlah lagu yang benar-benar terkenal, yang semua orang tahu. Hal tersebut menambah kesempatan untuk semakin banyak orang yang mau bergabung. 

6. Share Video Bernyanyi di Medsos

Sekarang, banyak sekali medsos yang efektif untuk promosi. Cobalah, download hasil rekaman, dan upload di isntagram dengan pemasangan hastag yang baik. Misal: #SMULEINDONESIA #INSTASING dan lain sebagainya. Semakin kamu sering share hasil bernyanyimu, semakin besar kesempatan untuk dikenal.

Selain di IG, facebook atau twitter juga bisa menjadi cara lain. Share link rekaman kalian di media tersebut.

7. Minta Bantuan Youtuber Terkenal Untuk Mempromosikan Rekamanmu

Sekarang, youtube juga menjadi tempat efektif untuk berkarya dan berekspresi. Terdapat akun youtube yang subcribersnya sudah sangat banyak. Kamu bisa meminta pemiliknya untuk mempromosikan dirimu di media tersebut. Kalau suaramu menarik, akan banyak yang tertarik buat meng-upload. Saya sendiri sering lihat rekaman smule yang di-upload di youtube. 

8. Sering Bersosialisasi

Hal yang terpenting, jika kamu ingin benar-benar dikenal, cintai sesuatu yang ada di dalamnya. Ketika kamu memutuskan buat terjun di smule, ya kamu harus bersosialisasi. Berkenalan, bernyanyi bareng, saling komen, saling suka rekaman, dan banyak cara lain untuk membuat hubunganmu dengan temanmu semakin baik dan berkelanjutan.



Nah, itu dia delapan cara yang saya ketahui dan beberapa diantaranya suka saya lakukan (kalau ingat). 

Semoga kamu bisa menjadi penyanyi smule yang penontonnya banyak. Kalau sudah banyak, siapa tahu entar diundang live. Di nikahan teman misal, atau skala besarnya diundang terhadap acara-acara komunitas, atau televisi. Banyak kan yang terkenal gara-gara media sosial? Semoga kamu (dan saya, hehe) bisa menjadi salah satunya.

Hayuuuk bernyanyi lagi. Oh iya, barang kali ada yang mau ngajak duet nyanyi di smule. Ajak aja keakunku @UjDani. Atau kalau gak mau ajak duet, minimalnya kasih like rekamanku yang jelek dan tidak jelas itu. Hehe. Good luck all!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "8 Trik Terkenal di Smule Sing Karaoke!"

  1. Kyanya triknya cma efektif buat cewek deh gan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi sih, kalau menurut aku. buat siapa pun cocok. :D

      Hapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.