Gak Ada Leptop Buat Nulis? HP pun Jadi

Gak Ada Leptop Buat Nulis? HP pun Jadi
credit: pixabay.com

Ujwar.com – Bagi seorang penulis, leptop atau komputer menjadi kebutuhan paling penting. Sebab kalau tidak ada benda tersebut, kita akan kesusahan.

Namun, ternyata masih ada cara lain bagi orang yang benar-benar cinta menulis, meski tidak memiliki leptop. Mau tau caranya? Hahai. Kalian pasti sudah baca judul. Benar sekali guys, ketika leptop atau komputer tidak ada, HP pun jadi.

Ujwar hanya mencoba menyemangati ke kami yang gak ada fasilitas!

Eit, Ujwar menulis ini bukan hanya menyemangati lho, tapi juga dengan membawa bukti dan akan membeberkan hal-hal menarik mengenai ponsel.

Baca juga: 

Saya ingin bertanya dulu, berapa kali sehari kamu update status. Berapa kali sehari kamu memelototi ponsel? Berapa kali sekari kamu komen status orang?

Nah, hal tersebut sudah sedikit menggambarkan bahwa ponsel menjadi salah satu barang yang sering kamu pegang. Tanpa HP, hidup itu hampa. Ciaaah.

Banyak sekali yang ingin belajar nulis, tetapi berdalih bahwa dirinya tak punya leptop. Kalau seandainya  orang tersebut peka, pasti suatu barang bisa dijadikan alternatif lain. Saya di sini ingin mencoba membahas ponsel.

Dulu, sebelum punya leptop, saya pernah bikin cerbung per-part yang sering di-update di status. Dan penulisannya menggunakan HP. Saya menuliskan cerita itu sampai 20 part kalau tidak salah. Meskipun cerbung tersebut hilang entah ke mana. 

Dulu, saya hanya berpikir bahwa tidak ada leptop, HP pun jadi. Padahal, saya belum mengenal aplikasi Office di andoid waktu itu. Dulu saya menulis di note HP. Dan ya, cukup menyenangkan juga. Jempol tangan saya menjadi lebih besar. Wkwk.

Baca juga:

Barulah, setelah itu, saya punya leptop. Dan mulai menulis dengan fasilitas tersebut. Setelah ada leptop pun, justru muncul masalah baru. Sebelumnya yang jadi masalah adalah nggak ada fasilitas, kalau setelah ada leptop justru: Gimana supaya konsisten nulis?

Hahai. Manusia memang banyak kemauan.

Hal ini sama dengan pertanyaanmu sekarang. Aku gak punya fasilitas! Mulai dari sekarang, ya cobalah pergunakan yang ada. HP. Kalau gak mau pakek HP, berjuang sedikit dengan menulis di warnet, atau minjem leptop teman. Banyak cara yang bisa dilakukan.

Ngomong-ngomong soal leptop. Teman saya, yang juga penulis, saat ini bercita-cita ingin memiliki leptop. Dan sebelum memiliki leptop, dia menulis menggunakan HP. Iya. Bahkan, dia sudah punya tiga novel yang diterbitkan. Semua tulisannya dibuat melalui HP. Hebat kan?

Dia salah satu contoh orang yang memanfaatkan apa yang ada. Harapan untuk punya leptop ada, tetapi dia tidak membuang waktu menunggu terbelinya barang tersebut. Melainkan memulis menulis dengan menggunakan HP. Daripada main medsos melulu? Ya kan?

Teman saya yang lain, yang sudah menerbitikan beberapa novel, justru malah lebih suka nulis novel di HP. Alasannya simpel. Bisa dibawa ke mana-mana. Hal ini menggambarkan, bahwa ketika ada fasilitas, kemudian ada sesuatu yang lebih nyaman, maka dia pilih. Menurutnya, menggunakan HP disaat menulis justru menjadi kesenangan tersendiri. Soalnya bisa nulis sambil ngantri, sambil nunggu ankot, sambil menunggu jam pelajaran dimulai. Dan lain sebagainya.

So, bagi semuanya, selagi masih ada kesempatan, ayolah ambil kesempatan itu. Leptop belum ada, hajar pakek HP. Kalau HP belum ada Bisa nulis di buku catatan. Banyak penulis terkenal yang awalnya nulis di buku. Contohnya J.K Rowling. Tahu kan? Penulis seri Harry Potter itu berjuang menulis manual. Bahkandia mencoba menulis ulang novel itu untuk kemudian dikirim kembali kepada penerbit lain.

Sebenarnya gampang untuk bisa mewujudkan apa yang kita inginkan. Yaitu dengan menghilangkan excuse atau alasan yang bisa menghambat. Seperti kata-kata Pak Isa Alamsyah dalam Buku No Excuse! “Orang gagal mencari alasan untuk berhenti. Orang sukses berhenti mencari-cari alasan.”

Siap menulis? Hihi. Hayooo. Semangat.

Note: Tulisan ini bukan semata-mata mengingatkan orang lain saja, tetapi lebih kepada mengingatkan diri sendiri untuk tetap semangat dalam menulis. Dalam keadaan apa pun.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Gak Ada Leptop Buat Nulis? HP pun Jadi"

  1. Skarang juga udah banyak blog builder yg mobile friendly mas (bisa dikelola via Hp java sekalipun)...kayak builder blog saya ini!! http://limatiga.bloger.id

    BalasHapus
  2. Tetap semangat bekerja gak harus dengan laptop, hape pun jadi...
    Di manapun jadi, gak hrs di depan meja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kakakak. hihiihi. Masalahnya, ini kalau gak ada fasilitas. Yaudah, gunain yang ada :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iya sih, tapi daripada hpnya dianggurin. kan sayang :D

      Hapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.