Pentingnya Android di Masa Kini

Pentingnya Android di Masa Kini
credit: pixabay.com

Ujwar.com – Holah, kali ini saya mao bahas android. Nggak ada sangkut pautnya dengan saya yang nggak bisa tidur tanpa ponsel, atau saya yang gak bisa diam kalau ponsel ketinggalan. Ini hanya sebatas pendapatku tentang pentingnya android di masa kini.

Sebelumnya, saya ingin bertanya, apakah semua orang di sini punya andoid? 

Saya yakin, 90 persen pembaca blog saya menggunakan andoid. Ponsel adroid memang sedang menjadi primadona akhir-ahir ini. Mengalahkan ponsel yang berbasis windows, apalagi ponsel java dan symbian yang sering kita gunakan dulu.


Keunggulan Andoid

Dirasakan atau tidak, android memiliki banyak keunggulan. Terutama dari kecepatan, juga ketersediaan berbagai aplikasi yang bisa kita pasang. Aplikasi apa pun. Mau nyanyi, bisa pasang smule. Yang demen selpong, bisa download instagram dan upload di medsos itu, yang demen belajar, bisa download buku-buku atau beli ebook, yang suka ribet jika bawa kitab, atau Al-Quran, bisa menyimpannya di ponsel.

Ya, secara keseluruhan, android memiliki banyak kemudahan. Saya sendiri juga sama. Penggunaan android pun digunakan untuk kepentingan. Contohnya baca buku. Kadang lebih suka di ponsel, meski baca buku yang asli lebih menyenangkan dengan ada bentuknya.


Kekurangan Andorid

Semua hal tentu ada positif dan negatifnya. Sama halnya dengan ponsel android.

Beberapa hal yang pernah terjadi dampak besarnya adalah sakit mata. Karena terlalu memelototi HP, mata saya perih, kalau tidak, banyak belek karena iritasi. Ya, tetap saja, ketika kita menggunakan barang secara berlebihan, akan banyak dampak negatif. So, jangan berlebih-lebihan. Pergunakan secukupnya.

Android juga menjadikan saya agak malas. Terutama kalau sedang banyak kuota. Terus terang, saya masih susah buat menyesuaikan waktu. Kapan buat kerja, kapan buat main medsos. Dan ya, hal tersebut tentu saja menghambat keproduktivitasan kita. Bahkan di zaman sekarang, mau makan, atau mau boker pun di-update. Adduh, maafkan baim ya Allah. 

Biasakan untuk tahu waktu. Kapan harus bekerja, kapan harus sekolah, dan kapan harus maen HP. Sekarang ini, bahkan saya sengaja mengisi kuota sedikit agar tidak sering dugunakan. Dan karena emang gak ada uang sih. Haha.

Hal lain yang bisa berdampak buruk dari andoid adalah situs-situs tertentu. Kita bebas mengunjungi situs apa pun dengan HP. Kalau nggak bisa menjaga diri, bisa-bisa buka situs negatif. Dan itu dampaknya buruk bagi diri.

Dan yang perlu diwaspadai dari barang ini adalah penipuan. Banyak yang dilakukan orang-orang jahat di luar sana untuk menipu atau menyakiti seseorang melalui android. Entah melalui medsosnya, atau pula melalui jaringan tertentu yang bisa melacak keberadaan kita. Waspadalah!


Sekarang, sudah tahu kan kelebihan da kekurangannya? Sengaja saya perkenalkan dulu secara keseluruhan, biar seimbang. Nah, untuk selanjutnya, izinkan saya untuk mengupas beberapa hal yang bisa dimanfaatkan dengan andoid. Sesuai dengan judul.

Kawan-kawan, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan dengan andoid yang lebih simpel. Tentu bisa dimanfaatkan dalam kehidupan. Diantaranya:

1. Cepat Berkomunikasi

Seperti yang telah kita ketahui, android ini bisa dipasangi berbagai aplikasi. Salah satunya watshapp atau BBM untuk sekadar chat, video call, calling dan lain-lain. Hal ini bisa mempercepat komunikasi. Apalagi sekarang lagi tren jaringan 4G. Semua semakin mudah.



2. Ajang Belajar

Andoid tidak hanya bisa digunakan untuk belajar ilmu umum dari buku-buku elektronik. Tetapi bisa dimanfaatkan untuk belajar hal lain. Contohnya: saya mendownload buku-buku yang berhubungan dengan agama untuk menunjang pengetahuan dan perbaikan diri. Saya juga mendownload aplikasi Wattpad untuk belajar menulis dan berbagi tulisan. Blog pun, sekarang bisa dipergunakan di andorid baik dengan aplikasinya, atau melalui web bawaan HP. Selain itu, yang biasa suka musik, kalian bisa belajar nyanyi di medsos smule. Atau bisa mendownload cara-cara bermain alat musik atau mendownload piano versi aplikasinya.

Banyak sekali hal-hal yang bisa kita pelajari dengan mudah. Tanpa kursus, tanpa membayar. Hanya bermodal android dan kuota.

Baca juga:

3. Bisnis

Gila, sekarang, sangat populer hal-hal yang berhubungan dengan bisnis online. Banyak sekali orang yang memilih bisnis online dengan bermodalkan android saya. Terbayang nggak, gimana mudahnya kita dalam meraup pundi-pundi rupiah. Ya, asal tahu caranya saja.

4. Ajang Beribadah

Sejauh ini, poin nomor empat menurut saya adalah poin terpenting. Pernahkah lupa membawa Al-Quran, atau buru-buru tanpa sempat mendekatkan diri terhadap Tuhan? Andoid bisa menjadi bantuan. Ingat, jangan jadikan andoid ini sebagai barang yang membuat kita lupa terhadap Tuhan, justru buatlah andoid ini sebagai pengingat.


Andoid memang penting kan? Benar. Penting sekali. Tapi kita harus mengingat sesuatu, bahwa sepenting apa pun andoid, jangan pernah kita mendewakan barang tersebut sampai lupa orang-orang di sekeliling kita. Kadang, banyak orang yang justru lebih senang berkutat dengan barang elektronik ketimbang melakukan komunikasi dan kontak mata dengan orang di dekat kita.

Yuk manfaatkan barang yang ada sebaik-baiknya. Jangan sampai malah membuat diri kita jauh dari kebaikkan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pentingnya Android di Masa Kini"

  1. Balasan
    1. iya kak. Android emang amat sangat penting. Jadi yaaa, manfaatkan benda tersebut :D

      Hapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.