Kamis, 12 Oktober 2017

10 Cara Menyembuhkan Insomnia Ala Saya

10 Cara Menyembuhkan Insomnia Ala Saya
credit: pixabay.com


Ujwar.com – Insomnia menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Tahu kan insomnia? Tahulah pasti. Kalau kamu tidak bisa tidur lewat dari waktu biasa tidur, berarti kamu terkena insomnia.

Saya membuat tulisan ini bukan sok-sok-an menjelaskan cara menghilangkan insomnia ala dokter, tetapi lebih kepada pengalaman yang pernah saya alami dan rasakan. Ya, ketika sudah mencoba melakukan berbagai cara, siapa tahu kamu bisa terhindar dari insomnia dengan cara yang saya berikan? Semudah itu.

Pertama-tama, saya akan sedikit mengulas penyebab dari insomnia.

Yang saya tahu, insomnia terjadi karena beberapa hal. Bisa dari faktor makanan dan minuman. Seseorang bisa susah tidur jika sebelumnya minum kopi. Seseorang susah tidur kalau perutnya lapar. Hehe. Maka, usahakan untuk menjaga pola makan dan minum. Menstabilkan kebutuhan tubuh. Mnegurangi yang tidak perlu, dan menambah yang perlu.

Selain makanan, insomnia juga bisa disebabkan oleh stres. Saya pernah merasakan ini. Dulu, waktu saya bekerja dan merantau di kota, nyaris setiap hari tidak bisa tidur. Saya bisa tidur setelah lewat pukul dua dini hari, dan bangun dalam satu atau dua jam kemudian, sementara paginya kembali bekerja. 

Faktor utamanya ya karena stres. Banyak masalah yang terjadi di tempat kerja. Sehingga pikiran dan otak tertekan. Hal itu memicu saya untuk terus memikirkan masalah-masalah tersebut, hingga merembet kepada masalah tidur. Insomnia.

Hal lain yang bisa menyebabkan insomnia adalah kenyamanan tempat tidur dan suhu ruangan. Biasanya, jika kasur yang ditiduri keras, kita akan susah tidur. Atau misalkan, ketika suhu ruangan terlalu panas atau terlalu dingin, ini juga akan menyebabkan susah tidur.

Dan masih banyak penyebab insomnia yang lain.

Nah, kali ini, saya akan membahas beberapa hal yang bisa menghilangkan kebiasaan insomnia. Tentu saja, tips ini telah saya coba, dan hasilnya, membuat saya tidak lagi tidur larut. Dan bisa tidur dengan mudah.

1. Olahraga

Kamu bisa menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya olahraga. Olahraga dapat menghindari diri dari stres. Hal itu pula yang akan membuat tubuh enjoy. Hal ini membuat kamu bisa tidur lebih cepat.

Bentu olahraganya bebas. Bisa futsal, voli, badminton, lari, dan lain sebagainya. 

2. Membaca Buku

Sebelum tidur, saya membiasakan diri untuk membaca buku. Hal ini sangat efektif untuk dilakukan. Mata biasanya cepat lelah ketika melakukan sesuatu di luar kebiasaan. Salah satunya yaitu baca buku. Selain dapat ilmu, kamu juga akan terhindar dari insomnia. Coba deh.

3. Melakukan Gerakkan Kecil Sebelum Tidur

Ada kalanya, seseorang tidak bisa tidur karena ada otot yang tegang. Sehingga membuat badan tidak enak dan berefek kepada mata yang susah merem. Cobalah melakukan gerakkan-gerakkan kecil sebelum tidur. Buatlah tubuhmu rileks.

4. Hindari Memikirkan Sesuatu yang Berlebihan

Ini nih yang sering buat saya insomnia. Mungkin hal ini juga terjadi kepada kamu. Cobalah untuk tidak memikirkan suatu masalah secara berlebihan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan alternatif lain. Seperti bermain game, membaca, menulis dan lain sebagainya.

Memikirkan sesuatu secara berlebihan memicu stres. Kalau ada masalah, bagaimana mau nyenyak tidur? Yang ada. Diri semakin tertekan.

5. Mematikan Listrik Kamar

Salah satu hal yang bisa membuat susah tidur adalah terpaan cahaya yang terlalu terang. Sehingga mengganggu kenyamanan. Saya sendiri dari kecil terbiasa dengan lampu terang. Ketika mencoba mematikan lampu, maka sensasinya lebih menyenangkan dan lebih tenang.

Sinar lampu bisa menghambat pertumbuhan dan pergantian sel-sel rusak dalam tubuh. Maka, cobalah untuk belajar tidur tanpa lampu.

6. Matikan Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu peningkat keresahan. Misal, kita akan selalu penasaran dengan jumlah like di media sosial. Atau komentar teman dan pacar di postingan kita. Hal tersebut memi cu kita untuk terus berselancar di dunia maya.

Seperti yang telah kita ketahui, berlama-lama dengan media sosial itu tidak terlalu baik. Managemen waktu sangat diperlukan. Ketika waktunya tidur, cobalah untuk mematikan ponsel. Supaya tidak ada pikiran-pikiran tertentu.

7. Minum Sebelum Tidur

Sensasi minum luar biasa sekali menurut saya. Saya pernah susah tidur. Dan setelah minum air putih, tenggorokan terasa lebih lega. Tubuh pun lebih ringan. 

8. Pastikan Kamu Dalam Keadaan Kenyang

Kebanyakan orang susah untuk makan. Biasanya, seseorang akan merasa gelisah jika perutnya belum diisi. Usahakan untuk menjaga pola makan yang baik. Supaya kamu bisa tidur dengan nyenyak.

9. Hindari Tidur Siang yang Terlalu Lama

Tidur siang sebenarnya baik bagi kesehatan. Tapi kalau seandainya tidurnya terlalu lama, tentu saja bisa memicu mata untuk terus melek ketika malam hari. Suer deh, susah tidur itu menyiksa. Sementara besoknya ada pekerjaan yang harus dilakukan. Atau harus sekolah bagi yang masih sekolah.

10. Berpikir Positif

Sebelum tidur, sugestikan pikiranmu untuk memikirkan hal-hal yang baik. Kadang, penyebab seseorang susah tidur adalah perasaan gelisah yang besar. Misal takut karena hal-hal horor. Atau misal tertekan dengan suatu hal.

Cobalah berpikir positif sebelum tidur. Bahkan dianjurkan untuk membaca doa dengan khusu. Hal ini akan menambah tidurmu lebih nyenyak.

Baca juga:

Itulah 10 cara versi saya dalam menghilangkan insomnia. Bisa dicoba. Namun jika seandainya insomnia masih berlanjut, bisa dikonsultasikan ke dokter. 

Selamat praktek. Semoga masalahnya bisa segera terselesaikan.

Lokasi: Lokasi tidak diketahui.

4 komentar:

  1. Saya coba yah gan, soalnya belakangan saya insom berat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan gaaan. Moga sukses yaa. Dan gak insomnia lagiii

      Hapus
  2. Hilangkan maasalahh sementara dan rebah badan dengan relaks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... cocok bang :D Itu juga perlu sebelum tidur :D

      Hapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html