Rabu, 25 Oktober 2017

5 Langkah Efektif Membuat Materi Stand Up Comedy

5 Langkah Efektif Membuat Materi Stand Up Comedy
credit: google.com


Ujwar.com – Setelah membicarakan istilah-istilah dalam stand up comedy, kemudian membahas teknik dalam melakukan stand up comedy, kali ini saya akan menuliskan beberapa langkah membuat matery stand up comedy.

Guys, materi itu sangat penting. Kalau tidak ada materi, kita mau menyampaikan apa? Stand Up Comedy sangat berbeda dengan lawakan pada umunya yang terkesan asal bunyi (meski disiapkan terlebih dahulu). Stand up comedy harus benar-benar disiapkan, sebab harus tampil sendiri di atas panggung dengan waktu tertentu.

Baca juga:
1. Inilah 12 Teknik Stand Up Comedy yang Wajib Diketahui Calon Komika
2. Ingin Menjadi Seorang Komika? Pelajari Dulu 15 Istilah Stand Up Comedy


Lantas, bagaimana langkah menuliskan materi stand up comedy? Berikut ulasannya:

1. Telah Faham berbagai Teknik Menulis

Sebelum kepada kepenulisan, saya ingatkan agar kamu sudah faham terhadap teknik-teknik dalam penyampaian stand up comedy. Teknik-teknik ini akan mebantu kamu memudahkan dalam penulisan materi. Misal: kamu akan membawa suatu materi dengan teknik call back, act out, dan lain-lain.

2. Cari Ide Umum Berkenaan Dengan Materi yang Akan Disampaikan

Setelah mengerti teknik, giliranmu untuk mencari ide. Ide bisa didapat dari mana saja. Biasanya, kebanyakan materi stand up comedy berasal dari suatu kegelisahan. Misal, kegelisahan terhadap sifat diri sendiri yang aneh, terhadap keadaan fisik yang beda dari yang lain, kegelisahan saat melakukan sesuatu, kegelisahan yang kamu dapat dari keadaan tempat tinggal atau keadaan negara, dan ide-ide kreatif lainnya.

Ide ini akan menunjang materi bagus atau tidak. Sebisa-bisa, buatlah materi yang baru. Yang bergizi alias memiliki pesan moral yang besar. Sehingga, hal tersebut akan membuat rasa percaya diri meningkat karena materinya bagus.

3. Buat Mind Mapping Atau Kerangka Tulisan

Pernah menulis langsung di kertas dengan panjang kali lebar?

Hihi. Biasakan untuk menulis semacam kerangka. Kalau dalam materi stand up, raditya Dika mengungkapkan bahwa kita bisa membuat mapping terhadap ide yang akan disampaikan. Misal: ketika ingin menyampaikan kegelisahan yang memiliki kulit hitam, maka, tuliskan hal-hal yang telah dialami yang berkenaan dengan kulit hitam.

Contoh:

Gara-gara Kulit hitam:
1. Disangka Orang Negro
2. Disebut Si Hitam Manis
3. Disebut Mirip Sama Tanah
4. Disebut Kuli bangunan
5. Dll

4. Memulai Menulis Materi Stand Up Ccmedy

Nah, setelah mengetahui apa saja yang akan dibicarakan dalam stand up comedy, kamu tinggal menuliskan mapping yang telah dibuat. Ditulis dengan sejelas-jelasnya berdasarkan teknik yang dipilih, juga cara penyampaian yang akan digunakan.

Dalam menulis, biasakan untuk menandai, mana set up, mana punchline. Hal ini mempermudah kamu dalam mempelajari teknik. Misal berkenaan dengan Act Out, Gesture, Mimik, Artikulasi, Cara berbicara dan hal-hal lainnya.

5. Melakukan Editing Terhadap Materi yang Dibuat

Setelah menulis materi yang ada, kamu tidak boleh tinggal diam. Dalam penulisan materi, adakaalanya kita melakukan beberapa kesalahan, baik dari kata-kata yang kurang enak untuk kemudian diucapkan, atau hal-hal lain yang bisa membuat orang mengerutkan dahi mendengar kalimat kita.

Tahap editing materi ini sangat amat penting. Sebab berhubungan dengan cara penyampaian. Ketika kita sudah memiliki materi yang benar-benar baik dari kacamata diri sendiri, maka penyampaiannya pun akan memnambah kesan percaya diri.

Nah, setelah semua proses itu selesai, cobalah untuk latihan. Kalau bisa, berlatihlah bersama orang-orang yang sudah tahu mengenai stand up comedy. Kemudian, minta masukan dari orang-orang di sekitar Anda yang berperan sebagai penonton pertama.

Ingat, jangan puas dengan materi yang telah dibuat. Setelah benar-benar hapal, cobalah buat lagi materi lain. Supaya tidak kehabisan materi saat open mic di lain waktu dan acara. Jangan sampai, kamu terus-terusan menyampaikan materi yang sama. Kesannya tidak kreatif.

So, siap untuk membuat materi yang lucu? Yuk capcus. Jangan lupa sahabat, buatlah materi yang benar-benar pernah dialami. Penyampaian materi yang benar-benar kita banget akan terlihat lebih alami. Semangat!

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html