Bermain Di Nangklak Papandayan Garut


Bermain Di Nangklak Papandayan Garut
Dokumen Pribadi

Ujwar.com – Papandayan Camping Ground, atau yang dikenal dengan sebutan Nangklak adalah salah satu tempat yang sekarang sedang populer dan sering diperbincangkan di kalangan masyarakat Garut. Belum afdol jika seseorang belum ke Nangklak, dan selfie di rumah-rumah pohon yang dibangun.
Papandayan Camping Ground awalnya dibangun sebagai penginapan bagi orang-orang yang akan, atau yang sedang dan telah selesai melaksanakan kemping di Papandayan. Hal ini memungkinkan siapa saja bisa menyewa kamar-kamar yang disediakan.
Namun, tempat tersebut kini tidak hanya berfungsi sebagai tempat penginapan, melainkan tempat rekreasi, bermain, melepas penat, atau bahkan acara-acara anak sekolah. Tentu saja, Nangklak yang awalnya hanya satu tempat, sekarang berubah menjadi tiga tempat. Atau tiga pengelola.

Di Nangklak ada apa saja?
Pada awalnya, Nangklak hanya berisi kamar-kamar yang terbuat dari kayu dan bambu sebagai tempat penginapan. Namun, kamar-kamar tersebut lebih kepada gaya tradisional dengan atap yang berasal dari tumbuhan ilalang.
Sekarang, tidak hanya kamar-kamar yang berjejer, melainkan banyak hal yang bisa dicoba, terutama untuk bahan selfie. Contohnya, bangku-bangku semacam di cafe, ayunan yang bisa menambah kesan romantis,  juga menara-menara yang bisa dicoba untuk ditaiki. 
Di salah satu PCG, ada juga wahana-wahana untuk menguji adrenalin. Yaitu permainan yang berhubungan dengan autbone. Seperti jaring, playing fox, berjalan di atas tambang, dan lain sebagainya. Hal ini justru menambah rasa penasaran. Terutama bagi anak muda. Bagi kaula muda yang belum pernah menginjak tempat ini, berarti bisa dibilang kurang update.
Secara keseluruhan, tempat ini cocok untuk digunakan apa saja. Mau main saja, hayuk. Mau selfie-selfie ria, hayuk. Mau makan-makan di atas hamparan rumput yang bersih dan terurus, mari. Dan banyak lagi yang bisa dilakukan di PCG ini.



Bermain Bersama Anak-anak SMP IT IKHWAN BAKTI MANDIRI GARUT
Sebenarnya, saya sering  berkunjung ke Nangklak, karena jarak antara rumah dengan tempat ini sangat dekat. Namun, kemarin saya kembali mengunjungi tempat tersebut. Waktu itu memang ada acara dari SMP IT IKHWAN BAKTI MANDIRI Garut. Sebagai salah satu pengajar, tentu saja saya menjadi salah satu orang yang ikut memeriahkan acara tersebut. Meskipun waktu itu datangnya telat. Hehe.
Pihak sekolah sendiri memang sengaja mengajak anak-anak bermain. Sebab, selain belajar di kelas, anak-anak juga perlu dibekali hal-hal yang berhubungan dengan alam. Nangklak memang cocok untuk itu, karena berada  di Kaki Gunung Papandayan.
Dalam acara tersebut, kami mengadakan berbagai permainan kecil untuk sekadar meramaikan kegiatan. Permainan tersebut diantaranya:

1. Berjalan di Atas Kardus

Permainan pertama yang kami coba untuk dilombakan adalah berjalan di atas kardus. Disediakan sekitar enam potong kardus. Kemudian, setiap orang dari masing-masing kelompok harus bisa sampai ke batas finish dengan cara menginjak kardus tersebut. Jikalau sampai menginjak tanah, maka diharuskan untuk kembali mengulang. Permainan semacam ini menguji kekompakan, kecepatan dan ketanggapan. 
Permainan ini mengundang tawa anak-anak. Terutama bagi yang menginjak tanah. Mereka akan merutuki teman yang lain, kemudian mencoba strategi baru agar bisa sampai ke tujuan dengan sangat gampang. Dan ya, hal ini membuat anak-anak terlihat bahagia.
2. Memindahkan Air

Di Nangklak, kami bebas melakukan apa pun selagi sudah registrasi. Dan kami melakukan permainan sederhana yang klise ini. Kami menyiapkan botol aqua gelas, kemudian disimpan di kening dan diikat menggunakan tali sehingga bisa menempel. Orang pertama harus bisa memindahkan air ke orang selanjutnya tanpa menggunakan tangan. Nah, orang terakhir bertugas untuk memindahkan ke tempat besar. Begitu selanjutnya. Hingga wadah yang kosong terisi sampai penuh. Bagi siapa saja yang bisa mengisi penuh pertama kali, maka kelompoknyalah yang menjadi pemenang.
3. Memindahkan Karet Gelang Menggunakan Biji Korek Api

Ini juga permainan yang amat sederhana. Setiap kelompok harus kompak memindahkan karet dengan menggunakan korek api. Caranya, peserta diharuskan untuk menggigit korek api, kemudian karetnya dimasukkan, dan dipindahkan ke korek api teman-teman yang lainnya.
Permainan ini mengundang gelak tawa. Terutama bagi orang yang kurang tinggi, atau terlalu tinggi. Mereka akan senantiasa mencoba mensejajarkan tubuh dan melakukan aksi terbaik.
4. Memasukan Tali Rapia Ke Tubuh
Nah, permainan ini menjadi salah satu permainan yang gampang. Disediakan tali rapia seukuran tubuh,  anak-anak diharuskan untuk memasukkan tali tersebut melewati kepala, sampai bawah. Setelah selesai, dilanjut oleh peserta lain. Permainan ini menggambarkan kecepatan dan kerjasama.
5. Memecahkan Plastik Berisi Air
Permainan yang cukup menantang. Setiap pimpinan peserta diharuskan menutup mata dengan syal. Kemudian, ada seseorang ayng mengarahkan untuk bisa menuju gantungan air dalam plastik. Dan, seseorang yang paling banyak memecahkan, maka dialah pemenangnya.
6. Sambung Kata

Permainan ini bisa dijadikan sebagai permainan penutup. Permainan ini tidak menguras tenaga banyak. Anak-anak hanya disuruh melingkar, kemudian disipakan satu kata, dan yang lainnya harus menyambung. Begitu seterusnya.
7. Perang Yel-yel
Acara ini lumayan seru. Setiap kelompok diharuskan untuk mempersiapkan yel-yel, kemudian dipentaskan. Mana grup terbaik.
Nah, itulah beberapa permainan yang anak-anak SMP coba. Setidaknya, acara bermain itu tidak terlalu garing karena diisi dengan beberapa permainan.
Selain permainan semacam itu, kami juga menyatukan kebersamaan dengan makan bersama. Kami juga sempat mengambil foto kebersamaan antara anak-anak dengan guru, dan sebaliknya. 



Biaya Masuk Ke Nangklak
Selain menyimak kegiatan saya dan anak-anak SMP, pasti kamu juga ingin tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berkunjung ke tempat ini. 
Tidak usah kahwatir. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10 ribu. Setelah itu, siapa saja bebas bermain sepuasnya. Kecuali jika ingin mencoba beberapa permainan autbone yang telah disediakan. Kamu diharuskan membayar sebesar 40 ribu.

Jalur Menuju Nangklak
Nangklak berada di Kecamatan Cisurupan, Kab.Garut. Persis arah Kawah Papandayan. 
Jika sudah berada di alun-alun Kecamatan Cisurupan, kamu tinggal naik ojek atau mobil bak di sekitaran sana. Lebih bagusnya membawa kendaraan sendiri. Sebab biayanya akan lebih hemat.
Jarak dari Cisurupan ke tempat tujuan berkisar 5 kilometer. Selain Nangklak, kamu juga bisa melanjutkan jalan-jalan ke tempat selanjutnya. Yaitu Kawah Papandayan, yang jaraknya hanya sekitar 1 kilometer dari Nangklak.
Nah, itulah beberapa hal yang saya lakukan saat bermain bersama anak-anak SMP. Bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung ke Nangklak, yuk berkunjung sekarang. Dijamin, hari-harimu yang mumet akan terselesaikan dengan hanya berkunjung ke tempat sejuk nan indah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bermain Di Nangklak Papandayan Garut"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.