Kamis, 19 Oktober 2017

Ingin Menjadi Seorang Komika? Pelajari Dulu 15 Istilah Stand Up Comedy

Ingin Menjadi Seorang Komika? Pelajari Dulu 15 Istilah Stand Up Comedy
credit: vecteezy.com

Ujwar.com – Sejauh ini, Stand Up Comedy menjadi salah satu tontonan berkelas yang sudah semakin berkembang. Hampir setiap stasiun TV nasional mengadakan acara-acara stand up. TV yang melahirkan cikal- bakal stand up comedy awalnya METRO TV, KOMPAS TV--yang melahirkan para komika seperti Dodit, Ge Pamungkas, Ernest, dan lain-lain. Juga stasiun TV lain yang kemudian ikut memeriahkan dengan mengadakan acara-acara stand up comedy.

Setelah itu, kini muncul ajang pencarian bakat yaitu SUCA atau Stand Up Comedy Academy di Indosiar yang melahirkan komika-komika lainnya. Seperti Cemen, Musdalifa, Arafah, Aci, dan lain-lain.

Hal tersebut membuat orang-orang tertarik untuk ikut terjun ke dunia stand up comedy. Dan mungkin, salah satunya adalah kamu.

Saya tanya sekarang. 

Apakah kamu ingin jadi seorang komika? 

Nah, sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia tersebut, kamu harus mengerti dulu tentang istilah-istilah dalam stand up comedy. Terutama hal mendasar yang akan menjadi modal dalam belajar stand up comedy.

Berikut adalah istilah-istilah yang saya maksud:

1. Komika/ Comic

Komika adalah sebutan bagi penggiat stand up comedy. So, kamu akan disebut komika jika sudah pernah tampil, atau sedang dalam masa belajar.

2. Open Mic

Open mic adalah penampilan dari seorang komika di suatu perkumpulan untuk melatih kemampuan stand up seseorang. Open mic biasanya dilakukan di cafe, di basecamp organisasi yang mengatasnamakan komunitas Stand up, restoran, nikahan orang, atau acara-acara lain.

3. Bit

Bit adalah lelucon dalam Stand Up Comedy. Bit ini menjadi titik awal dari terbentuknya Set up dan Punchline. Nah, jika kamu memiliki sebuah lelucon yang akan ditampilkian dalam stand up, berarti itu yang disebut bit. Lebih kepada ide tentang jokes atau lelucon itu sendiri.

4. Premis

Premis adalah ide dasar yang mengantarkan kamu ke dalam cerita yang akan dibahas. Premis ini biasanya terdiri dari alasan kamu menceritakan masalah. Misal: Premis materi kamu adalah: Hal-hal yang dialami saat jadi anak kost. 

Setelah disebutkan premisnya, akan maju ke hal-hal yang menjadi bagian dari ide dasar tadi. Yaitu berhubungan dengan set up dan juga punchline.

5. Set Up

Set up adalah bagian kalimat yang tidak lucu. Tidak akan ada punchline kalau tidak ada set up. Set up bisa dibilang pendahuluan, kemudian nanti akan berlanjut ke dalam puncak materi yang akan membuat semua tertawa, yaitu punchline.

6. Punchline

Punchline adalah kata atau kalimat yang membuat lucu. Nah, inilah lanjutan dari  set up. Ketiika kita menyebutkan set up yang sudah disipakan, maka akan berlanjut ke dalam punchline yang akan membuat tertawa para penonton.

7. Blue Material

Blue material yaitu materi yang terkesan jorok atau kasar. Joke ini paling mudah digunakan. Sebab kita bisa menggunakan objek apa saja untuk mengeluarkan joke. Terutama hal yang berhubungan dengan penonton.

Baca juga:

8. Segue

Segue berhubungan dengan kalimat pergantian. Biasanya, segue akan dilakukan jika ada pergantian dari lelucon satu ke lelucon dua. Begitupun seterusnya, sampai selesai.

9. Old Bits

Old bits adalah jokes atau lelucon yang sudah ada dari dulu dan dibawakan lagi dalam situasi sekarang. Tidak masalah sebenarnya menggunakan joke lama, tapi alangkah baiknya jika kita mencari model joke yang lebih kekinian dan menarik.

10. Persona

Persona adalah hal yang berhubungan dengan karakter atau ciri khas. Misalkan, Dicky SUCI memiliki ciri khas yang biasanya agak ngondek, kemudian selalu memulai perkataan dengan kata “AHAI”. Terus, Dodit memiliki ciri khas dengan aksen ngomongnya. Radit punya ciri khas dengan materi-materi yang cerdas dan berhubungan dengan kegelisahan diri. 

Kamu harus memiliki ciri khas agar bisa diingat oleh penonton setia. Hal ini memperbesar peluang untuk menjadi komika terkenal.

11. Delivery

Delivery adalah cara kita menyampaikan materi kepada penonton. Ketika delivery seseorang bagus, maka akan memacu penonton untuk tertawa, dan pastinya suka terhadap penampilan kita. Dalam Delivery, ada beberapa hal yang harus diperhatian, diantaranya: gesture, yaitu cara kita dalam membawakan materi dengan melibatkan tubuh. Artikulasi, yaitu cara kita dalam mengucapkan kata-kata dengan jelas. Hal ini menunjang penampilan untuk bisa tampil dengan baik di hadapan orang-orang. Lalu ada, Mic-ing, artinya cara seorang komika mengendalikan microfone, supaya suara yang diproduksi bisa terdengar bagus dan tidak ada kendala. Dan, hal lain yang termasuk dalam delivery adalah: emosi. Permainan seseorang akan baik jika diimbangi dengan emosi.
Baca juga: 

12. Opener atau Pembuka

Opener adalah istilah bagi seseorang yang melakukan penampilan pertama, atau pembuka dalam sebuah acara.

13. Closing

Closing adalah istilah yang sering digunakan ketika sedang tampil. Closing dikaitkan dengan punchline terakhir sebelum penampilan benar-benar diakhiri. Biasanya, closing harus lebih pecah dan mengundang gelak tawa.

14. To Bomb

To Bomb adalah istilah jika seorang komika kurang sukses dalam menyampaikan materi. Seperti tidak membuat penonton tertawa, atau tidak berhasil membuat suasana pecah.

15. To kill

Nah, kalau istilah ini sebaliknya dengan To Bomb. Yaitu Istilah jika seorang komika bisa membuat materinya diterima dengan baik oleh penonton. Seperti berhasil membuat ruangan  riuh dengan tawaan.

Oke, itulah 15 Istilah Dalam Stand Up Comedy. Sebenarnya masih banyak istilah lain, tapi 15 istilah ini sudah cukup  untuk selanjutnya diingat. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html