Inilah 12 Teknik Stand Up Comedy yang Wajib Diketahui Calon Komika

Inilah 12 Teknik Stand Up Comedy yang Wajib Diketahui Calon Komika
credit: groupon.com


Ujwar.com – Dunia Stand up kini semakin maju. Banyak sekali orang yang pengin jadi komika, apalagi saya. Soalnya muka saya jelek. Baru berdiri pun mereka udah ketawa lihat wajah saya. Hehe. Jadi, saya pun mulai tertarik dengan dunia ini. Meskipun belum pernah open mic sih, baru sekadar suka dan mempelajari teknik-teknik yang ada.

Baca juga:

Buat menjadi seorang komika, tentunya kita harus tahu teknik agar apa yang kita sampaikan lucu dan bisa dapet gerr-nya. Setelah tahu teknik, baru kita bisa mebuat materi yang bisa menggiring penonton untuk tertawa.

Berikut ini adalah 12 Teknik Stand Up Comedy!

1. Rule Of Theree

Rule of Theree adalah suatu teknik, di mana komika menyebutkan sesuatu dalam tiga kali. Pertama biasa saja, kedua biasa saja, dan ketika adalah punchline-nya. Jangan terlalu banyak makek teknik ini dalam stand up, sebab, teknik ini cukup gampang ditebak. Jika kita sudah menyebutkan sesuatu satu-satu, penonton biasanya akan menebak punchline yang akan kita gunakan.

Tapi buat pemula, alangkah baiknya tetap mempelajari teknik ini, karena lumayan mudah dipelajari dan ditulis.

2. Hackler Handling

Teknik ini biasanya terjadi spontanitas. Hackler ini adalah penonton yang menjadi pengganggu disaat seseorang sedang stand up comedy. Biasanya akan berteriak-teriak untuk menghancurkan konsentrasi kita.

Nah, supaya kita tidak blank ketika tampil, kita bisa menjadikan objek itu sebagai bahan lelucon. Supaya kita tidak terkesan pasif. Dan pastinya, akan menjadi nilai tambah, karen bisa membuat orang-orang tertawa.

3. Riffing

Pernah nonton Pesbookers? Banyak lho lelucon-lelucon yang menjadi teknik riffing. Teknik ini biasanya berhubungan dengan keadaan fisik seseorang yang dijadikan lelucon. Misal: Wajah lo kaya cucian kotor.

Namun, jangan sekali-sekali menggunakan teknik ini dengan berlebihan. Kita tahu, tidak semua orang mau diperlakukan seperti itu. Kecuali acara komedi yang biasanya sudah diseet oleh pemain di belakang panggung.

4. Call Back

Call Back adalah membawakan kembali punchline yang pernah dibawakan sebelumnya, di joke yang berbeda. Misal: diawal kita sering menyebutkan kata Modus, kita bisa menyebutkan kata itu di situasi lain dengan joke yang berbeda.

5. Hiperbola

Pernah belajar bahasa Indonesia? Pasti pernah dong belajar Majas Hiperbola? Nah, di stand up comedy juga ada Hiperbola. Hiperbolah adalah melakukan sesuatu dengan berlebih-lebihan. Biasanya, teknik ini berhubungan dengan gesture, cara ngomong, atau hal lainnya.

Seperti seorang cowok yang memeragakan gerakan cewek dengan berlebih-lebihan alias melambay. Atau mengatakan sesuatu dengan aksen dan mimik wajah yang bisa membuat orang lain tertawa. 

Jika mau menggunakan teknik ini, kita harus benar-benar total. Kalau tidak total, maka akan terlihat hambar, dan justru tidak akan dapat lucunya.

Baca juga: 

6. Double Punch

Teknik ini sering disebut juga bom punchline. Artinya, seseorang hanya menggunakan satu set up, tetapi menambahkan dua atau lebih punchline yang bisa membuat penonton tertawa terus-menerus. Dalam teknik ini, kita harus mahir dalam membuat joke yang benar-benar berkualitas.

7. Act Out

Act Out adalah teknik dengan menonjolkan adegan seorang komika. Teknik ini lumayan sulit. Maka, seorang komika harus total dalam menggunakan teknik act out. Kalau tidak total, maka akan terlihat aneh. Dan justru membuat penonton terlihat bosan.

8. Impersonation

Pernah menirukan gaya seseorang yang bisa membuat penonton ngakak? Nah, hal yang dilakukan itu disebut Impersonation. Kita bisa menirukan cara ngomong seseorang, cara jalan, atau cara menasihati. Misal kita menirukan gaya Pak mario Teguh saat bilang: SUPER! Dan lain sebagainya.

9. Self Bulying

Self Bulying bisa menjadi teknik menyenangkan lho. Di mana, seseorang membuli diri sendiri. Hal ini akan memacu tawaan orang-orang jika apa yang kita bully sesuai dengan kenyataan asli. Misal, kita bully wajah yang jelek, item, hidup lagi. Hehe. Atau apa saja yang berhubungan dengan diri kita sendiri.

10. One Liner

Dalam teknik ini, kita akan bermain set up dan punchile yang sederhana. Tetapi bisa memacu orang lain untuk tertawa. Kesederhanaan ini biasanya berhubungan dengan kisah nyata dalam kehidupan. Sehingga penonton dapat membayangkan.

11. Gimmick

Seseorang akan menyambungkan suatu lelucon dengan gimmick atau hal yang sedang jadi sorotan dan trending topik di masa sekarang. Misal: Seseorang berkata Terangkanlah. Tiba-tiba Dia joget sambil nyanyi Eta Terangkanlah yang akhir-akhir ini sedang diperbincangkan. Tentu saja akan memacu tawaan orang-orang.

12. Comparisons

Comparison adalah teknik membandingkan. Teknik membandingkan iakan memacu tawa jika apa yang dibadingkan sesuai dengan fakta aslinya. Misal seseorang membandingkan cara jalan orang Jawa dan Orang Sunda. Kemudian akan muncul joke-joke dari cara membandingkan tersebut.

Nah, itulah 12 teknik Stand Up Comedy yang harus dipelajari. Masih minat jadi seorang komika? Yuk belajar dasarnya dari sekarang. Semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 12 Teknik Stand Up Comedy yang Wajib Diketahui Calon Komika"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.