Inilah Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Stand Up Comedy

Inilah Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Stand Up Comedy
credit: list.ly


Ujwar.com – Setelah kemarin saya menulis beberapa tips dalam menulis materi stand up, sekarang saya akan coba menuliskan beberapa hal sebelum dan ketika sedang melakukan stand up comedy, alias tampil, atau bahasa kerennya, open mic. Sekarang, saya akan mengambil sudut pandang sebagai penonton. Hal ini dilakukan agar saya tidak dianggap sok tahu, karena penonton biasanya merasakan apa yang disampaikan oleh seseorang.

Baca juga:

Sebelum membahas open mic, apa perasaan sahabat ketika akan tampil? Saya yakin, akan ada perasaan nervous plus deg-degan. Apalagi open mic yang pertama kali. Saya pernah open mic di kelas sendiri. Meski di hadapan teman-teman sekelas, tetap saja gerogi.

Oke, langsung saja, ini dia hal-hal yang harus diperhatikan sebelum tampil:

1. Pahami Materi Betul-betul

Hal pertama yang sering mengganggu seorang komika adalah lupa atau tidak hafal materi. Hal ini akan menganggu dan membuat kita benar-benar nervous. Guys, pahami materi sebaik mungkin sebelum tampil. Hal ini akan menambah rasa percaya diri. Tentu saja, dengan hal semacam itu, kita tidak akan terpaku dengan materi yang akan dibawakan. Percaya deh, ketika hafal materi, maka kita akan fokus menyampaikan dengan maksimal.

Baca juga:

2. Melakukan Gerakan Kecil

Sebelum tampil, alangkah baiknya melakukan gerakan-gerakan kecil. Sebelum tampil, kebanyakan orang cenderung diam dan melamun, padahal hal tersebut tidak perlu untuk dilakukan. Malah membuat tubuh tegang. Apalagi di bagian wajah, pundak, punggung dan leher.

Lakukanlah sedikit gerakkan pemanasan. Misal, menggerak-gerakkan kepala ke kiri ke kanan. Menggerakkan pundak. Melakukan latihan untuk artikulasi dengan melakukan gerakkan kecil pada mulut. Juga bentuk gerakkan kecil lainnya.

3. Jangan Ingin Tampil Lucu

Menyampaikan materi itu bukan diiringi emosi yang besar.

“Pokoknya harus buat mereka ketawa!”

No! Itu gak benar. Yang harus dilakukan adalah menata hati, bahwa apa yang disampaikan tulus dari hati. Tulus sebagai suatu ungkapan kegelisahan yang ada dalam diri. Buatlah mereka percaya bahwa itu the real story. Jika seseorang sudah menganggap bahwa apa yang kamu bicarakan benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata, biasanya akan gampang nyatu dengan penonton.

Usahakan untuk tidak tertawa saat tampil. Buatlah teknik-teknik yang memukau. Kalau ada tekni Act Out, buatlah gerakkan tubuh senatural mungkin. Jangan terlihat dibuat-dbuat dan jangan setengah-setengah. Totallah dalam melakukan teknik-teknik tersebut.

Baca juga:

4. Fokus

Ini adalah hal yang amat penting dalam penyampaian materi. Fokus. Jangan pikirkan hal lain selain materi. Hal ini akan memperkecil kesalahan dalam pengungkapan di atas panggung. Bayangin jika kita salah. Malunya minta ampun. Tapi, jika seandainya kesalahan itu benar-benar terjadi, tetap lanjutkan stand up-mu. Jangan terganggu, apalagi dipikirkan.

Fokus juga bisa membuat penampilan terlihat lebih natural. Wajahnya terlihat cerah, tubuhnya tegap, percaya diri, dan hal-hal lain yang bisa mebuat penampilan yang memukau.

5. Lakukan Gerakkan di Atas panggung

Ada seseorang yang sudah kebiasaan diam tanpa gerak di panggung. Hal ini akan menambah tubuh semakin tegang. Cobalah lakukan gerakkan. Misal, berjalan ke depan, ke belakang, kiri dan kanan. Atau sekadar menyapa penonton dengan gerakkan tangan. Intinya, jangan biarkan kamu tidak bergerak. Buatlah tubuh serileks mungkin.

6. Jika Ada Kesalahan, lanjutan

Jika ada kesalahan dalam pengucapan kata dan lain sebagainya, lanjutkan saja penampilaan itu. Jangan sampai kamu memikirkan kesalahan tadi. Kesalahan sedikit tak sebanding dengan materi yang kamu buat juga waktu yang telah dikeluarkan.

7. Setelah Selesai Open Mic, Jangan Kapok

Misal, open mic pertama tidak memuaskan. Jangan berpikir untuk berhenti jadi seorang komika. Sebab, namanya juga pertama kali. Ingat, penampilan pertama tidak melulu sempurna. Pasti ada hal yang membuat tidak puas. Setelah tampil, justru harus semakin percaya bahwa apa yang disampaikan hanya ujung kukunya. Kamu akan menampilkan hal spektakuler lain di penampilan selanjutnya. Tentu saja dengan materi yang lebih fresh dan unik.

Masih mau jadi komika? Yuk perbanyak jam terbang. Dijamin, proses demi proses itu tidak akan pernah membohongi hasil. Bye, selamat bertemu di materi selanjutnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Stand Up Comedy"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.