No Excuse! Buku Motivasi Terkeren yang Pernah Saya baca

No Excuse! Buku Motivasi Terkeren yang Pernah Saya baca
Dokumen Pribadi


Ujwar.com – Pernah merasa sangat down? Baca buku ini! Suer!

Saya mereview buku ini bukan veres, bukan tanpa sebab, bukan pula karena penulisnya seseorang yang terkenal. Saya menulis review karena merasakan effek yang amat besar dari buku ini. Itu sebabnya, mengapa saya sangat merekomendasikan buku No Excuse!.

By The Way, saya itu sebenarnya kurang suka dengan buku motivasi dari dulu. Sebab, buku motivasi terkenal  garing, datar, dan membuat yang baca males. Namun, karena waktu itu ada promo dapet 3 buku hanya dengan 99 ribu. Akhirnya saya beli. Dan buku yang paling saya butuhkan adalah 101 Dosa Penulis Pemula sebagai penunjang dalam belajar menulis. Pikir saya, ya sudahlah, setelah dibeli, nanti bisa siapa saja yang baca.

Setelah buku datang, sayang juga kalau tidak dibaca. Maka, setelah beres menyelesaikan buku 101 Dosa Penulis Pemula, saya membuka buku No Excuse! Buku yang awalnya tak dianggap penting, tetapi akhirnya menjadi buku yang keren menurut saya.

Sebelum menjelaskan masalah buku, mungkin sahabat semua harus tahu dulu latar belakang saya. Saya sendiri awalnya seorang pemuda pendiam, pemurung, pemalu dan penyendiri. Seseorang yang sangat susah bersosialisasi. Seseorang yang selalu merasa rendah dengan kemampuan diri.

“Kenapa saya tidak seperti mereka?”

Itulah kata saya setiap hari. Saya ingin sekali memiliki sifat kaya orang lain yang fleksibel, ramah, pintar berbicara, pergaulannya luas dan hal-hal yang tak ada dalam diri. Hingga saya benar-benar merasa berbeda dari yang lain. Dan keminderan melekat dalam diri saya, setiap saat.

Namun setelah membaca buku ini, semuanya berubah. Pikiran saya terbuka. Buku yang super lengkap. Buku yang memberikan arti tangguh tanpa alasan. 

Saya sadar, bahwa saya terlalu sibuk melihat kelebihan orang lain, juga memikirkan kekurangan diri. Bukankah seharusnya saya menggali potensi yang dimiliki?

Membaca buku ini, saya serasa membaca seluruh keagungan Tuhan yang belum pernah saya lihat. Seperti cerita seorang difabel yang bisa jadi sukses. Seorang anak miskin yang bisa jadi milyader. Hingga sampai ke dalam poin yang benar-benar cocok dengan situasi saya. Seorang Pemalu yang ternyata bisa sukses.

Baca juga: 


Saya bertanya-tanya di dalam hati. Apakah pemalu seperti saya bisa sukses?

Jawabannya bisa. Buku pak Isa telah menjelaskan contoh-contoh dari kesuksesan orang-orang pemalu. Salah satu orang yang masih saya ingat adalah Afgan Syahreza, penyanyi pop yang justru memiliki sifat pemalu pada awalnya. Sekarang? Siapa yang tak kenal dia?

Terus terang, setiap bab dari buku ini berhasil membukakan pikiran saya. Bahwa orang yang tak berpendidikan tinggi bisa sukses, bahwa orang yang tak memiliki modal bisa menjadi seorang pengusaha kaya raya, bahwa seseorang yang merasa tak memiliki bakat, ternyata paling berbakat dalam suatu bidang. Saya menyerap semuanya.

Dari segi bahasa, buku ini sangat ringan. Pak Isa adalah salah satu penulis non fiksi yang sangat pintar meramu kata-kata. Biasanya, tulisan non fiksi itu kebanyakan berisi bahasa-bahasa yang njlimet, kalimat-kalimat yang susah dipahami, namun buku ini sangat gampang dipahami. Cocok dibaca oleh siapa saja.

Akibat buku ini, semangat saya mulai terpompa. Bahkan ketika semangat itu turun lagi, sesekali saya membuka kembali kisah seseorang yang paling kukagumi di dalam buku itu. Terutama tentang  EXCUSE 1 (Saya tidak bisa!, Saya tidak berbakat!) dan EXCUSE 4 (Saya Tidak Cocok! Ini Bukan Saya!)

Jika disuruh memberi rating, saya berikan rating 4, dari 5. Kenapa tidak 5? Sebab, saya masih tertarik dengan pembahasan di bagian karakter pemalu. Pak Isa hanya menambahkan beberapa kisah pemalu. Dan justru, semangat saya selalu bertambah ketika saya kembali membaca kisah-kisah mereka yang berkenaan dengan karakter.

Akhir kata, Terima kasih Pak Isa. Serius deh. Ini review yang saya tulis berdasarkan apa yang saya rasa setelah baca buku Bapak. Buku Bapak telah memberikan peran berharga bagi kelangsungan hidup saya. Semoga saya bisa baca buku Pak Isa yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "No Excuse! Buku Motivasi Terkeren yang Pernah Saya baca"

  1. Bisa dibeli dimana bang bukunya dan sekarang harganya kira-kira berapa tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di toko buku seluruh indo, plus toko online. Banyak kok kak

      Hapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.