20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: porosbumi.com


Ujwar.com – Masa kecil adalah masa-masa yang paling indah menurut saya. Sebab, banyak permainan yang sering dilakukan, yang mungkin, jarang ditemukan di zaman sekarang.

Saya sendiri adalah lelaki kelahiran 97, sehingga, ketika SD, saya masih merasakan permainan-permainan tradisional yang sering menjadi keseruan. Mungkin, selain di tempat saya, permainan yang akan saya jelaskan ini ada juga di daerah kawan-kawan semua. Semoga bisa sedikit mengurangi kerinduan ya? Hehe.

Berikut permainan masa kecil saya, yang sekarang jarang ditemukan, plus terlupakan. Huhu.

1. Rebon

Saya tinggal di Garut sahabat. Kalau di daerah saya, ada yang namanya rebon. Permainan yang sangat saya sukai. Waktu itu, saya gak pernah abesn di permainan ini. Sebab, saya adalah salah satu anak yang larinya paling kencang.

Sistem permainan Rebon menantang sekali. Biasanya, akan dibagi dua grup dari orang-orang yang ikutan. Kalau ada sepuluh orang, maka di bagi dua. Masing-masing grup terdiri dari lima orang.

Nah, nanti, akan ada daerah kekuasaan.  Tiap-tiap grup harus menjaga sebuah lubang, yang biasanya akan ditutup oleh sandal-sandal anggota.

Setiap grup harus memperjuangkan grupnya masing-masing. Nanti akan ada adegan kejar-kejaran antara anggota grup satu dan yang lain. Bilamana ada salah satu anggota suatu grup tertangkap, maka disebut tawanan dan harus diselamatkan sama grupnya. Bilamana suatu grup tidak bisa menyelamatkan anggota, tentu saja kalah. Grup yang masih lengkap lebih gampang buat bisa mengacak-acak lubang yang dijaga.

Ada yang pernah main permainan ini? Hihi. Seru ya.

2. Galah

Galah adalah salah satu permainan yang simpel. Di mana, nanti ada dua grup. Biasanya, ada grup udang dan grup asin. 

Misal, grup asin bagian jaga, dan grup udang yang harus lolos dari penjaga itu. Biasanya akan ada tiga garis tempat grup asin menjaga. Dan begitu seterusnya. Hingga setiap grup memiliki poin banyak.

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: cirebonkota.go.id


Sebenarnya, sebutan grup udang atau asin hanya berdasarkan inisiatif saja. Mungkin bisa saja dinamai hewan, atau buah-buahan. Apakah di daerah kalian ada permainan ini? 

3. Sondah

Sondah sebenarnya terkesan sebagai permainan anak perempuan. Tapi ternyata, di daerah lain, anak cowok dan cewek pun bergabung dalam permainan ini.

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit:kebudayaankesenianindonesia.blogspot.com


Ada yang tahu sondah? Saya kira, hampir semua orang tahu permainan ini. Biasanya akan dibuat kotak-kotak di tanah. Atau menggunakan spidol dan kapur kalau di halaman yang beralas tembok. Terus, masing-masing dari orang yang ikut akan diberi kesempatan untuk melewati kotak-kotak. Sebelum melewati kotak, para pemain harus melempar genting, atau uang di setiap kotak sampai habis. Hal yang menarik, permainan ini harus dilalui dengan menggunakan satu kaki. 

4. Megan Atau Encrak

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: youtube.com


Aneh ya namanya. Tapi, permainan ini adalah salah satu permainan kesukaan saya. Setiap bulan puasa, pasti ngabuburitnya maen megan.

Dalam bermain megan, kita harus menyiapkan kerikil kecil. Misal sepuluh. Tiap-tiap orang harus punya kerikil yang dijadikan jagoan untuk dilempar ke atas. Jadi total sebelas kerikil per orang.

Ketika kita melempar kerikil ke atas, maka kita harus mengambil kerikil yang berserakan di bawah. Tanpa harus menggoder kerikil lain. Ketika kerikil yang dilempar jatuh dan tidak tertangkap, maka kalah dan harus memberikan waktu untuk orang lain melakukan permainan.

Jika orang yang paling banyak mendapatkan kerikil, maka, dialah pemenangnya.

5. Congklak

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: gopena.com


Congklak adalah salah satu permainan tardisional. Di zaman sekarang, permainan ini masih sering ada dan digunakan, tetapi tidak sesering dulu. Sekarang pun, permainan congklak sudah menggunakan alat yang terbuat dari plastik. Kalau dulu, biasanya kami akan melubangi tanah, terus menggunakan kerikil sebagai benda yang dipindah-pindahnya.

Permainan ini seru juga. Sebab, nanti akan terlihat siapa yang paling banyak mendapatkan kerikil di lubang induk. Jika ada yang kalah, maka lubang anaknya dibiarkan kosong. Dan itu mempermudah orang yang memiliki kerikil paling banyak.

6. Gundu

Masih ada gak di daerah kamu? Di daerahku sih masih ada. Masih sering lihat anak-anak main gundu atau kelereng. Tapi gak sesering dan seinstens dulu. Anak-anak sekarang lebih suka main gadget dan game di ponsel. Jadi permainan seperti ini kurang diminati.

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: kisahasalusul.blogspot.com


7. Layangan

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: liburanku.co.id


Dulu, saya terkenal dengan sebutan “Jurig Layangan” atau kalau dalam bahasa kitanya, orang yang bener-bener manika layangan, sehingga diumpamakan sebagai jurig (Hantu). Dulu saya memang salah satu orang yang koleksi layangannya banyak. Kalau orang lain diadu dan ditandingkan, saya lebih suka menjual layangan koleksi.

8. Bekles

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: tokopedia.com


Kalau ini sih permainan perempuan. Sekarang masih ada gak sih permainan bekles (kalau di kota disebutnya, becle). Saya jarang lihat anak-anak perempuan berkumpul gitu, melingkar, kemuidian memainkan bola kecil dan kewuk-kewuk (Kerang yang dari laut). Permainan ini menjadi salah satu peningkat image. Kalau ada anak perempuan yang bisa main bkles, berarti dia layak jadi perempuan. Tapi kalau ternyata anak laki-laki yang pintar main bekles gimana? Hahaha. Soalnya, saya dulu suka main becle sama Kakak. Dan sampai sekarang, kalau ditanya sama orang-orang. “Olahraga apa yang paling kamu kuasai?”

Saya jawabnya, “Becle.”

9. Boy-boyan

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: salamadia.com


Dalam permainan ini, biasanya akan disediakan potongan-potongan genting sebanyak tujuh potong. Kemudian disusun dan akan dilempar menggunakan bola kecil berwarna hijau, atau bola yang terbuat dari gumpalan pelastik. Ketika genting berserakan, orang-orang bersembunyi. Sementara yang ditrugaskan untuk mnencari orang harus membereskan gentingnya dulu hingga kembali tersusun.

Permainan ini keren. Belajar konsentrasi dan juga juga fokus untuk melempar bola dan harus mengenai objek. Sejauh ini, permainan ini banyak diikuti teman-teman waktu itu. Sebab permainan ini terkesan sebagai permainan boy alias laki. Hahay.

Tapi BTW, di daerah kamu nama permainannya apa ya? Ada gak sih permainan model begini?

10. Ngadu gambar

Kamu pernah beli gambar-gambar yang belakangnya ada rambu-rambu lalu lintas gak? Terus setiap gambar diberi nomor 1-38 nomor. Hihi. Dulu, aku rajanya ngadu gambar. Gambar ini bisa dijadikan berbagai permainan. Contohnya, ngadu gambar dengan mengadu secara langsung menggunakan sistem tos. Yang gambarnya berbalik, berarti kalah.

Ada juga ngadu gambar dengan cara memasang umpan. Misal lima dari masing-masing peserta, kemudian digabung. Dan kita berusaha membuat gambar itu berbalik dengan tepukan tangan yang dikatupkan. 

Ini juga namanya NGADU alias tanding. Kalau di daerah kamu namanya apa ya?

11. Kuartet

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: youtube.com


Dulu musim banget main kuartet. Tahu kan? Kalau cara mainnya, aku lupa lagi. Yang jelas, biasanya akan ada 4 gambar yang sama dari tiap-tiap tema. Kemudian permainan kuartet harus dimainkan empat orang.

12. Petak Umpet

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: kisahasalusul.blogspot.com


Kalau petak umpet, sampai sekarang sih masih populer, tapi lagi-lagi permainan ini tidak sepopuler gadget atau game di HP. Ya, terkalahkan begitu. Sebenarnya, yang seru dari permainan petak umpet itu adalah hal mistiknya.

Kalau di daerahku, katanya jangan main petak umpet kalau sudah sore, takut “Kasumputkeun Jurig”, alias diumpetin hantu. Kata orangtua, jaman dulu banyak anak-anak yang menghilang kemudian tiba-tiba ada di suatu tempat. Namun sampai sekarang, itu masih menjadi mitos.

13. Ngadu Biji Teh

DI daerah kamu ada perkebunan teh gak? Biasanya, akan ada biji teh yang dibalut cangkang berwarna hijau. Dalemnya ada biji bulat hitam. Kebiasaanku dulu yaitu mengadu biji tersebut dengan cara ditekan dengan tangan. Barang siapa yang bijinya pecah, berarti kalah. Permainan ini sederhana, tapi menyenangkan. I like it.

14. Dam-daman

Namanya dam-daman. Permainannya sederhana. Yang mau main hanya diharuskan membuat sebuah format kotak dan segitiga, kemudian menyiapkan beberapa pemain dengan menggunakan batu kecil, daun, kertas, atau hal lainnya. Nanti akan melawan pemain lain. Kalau dari format, semacam bermain catur. Tapi dam-daman dimainkan di tanah dan lebih simpel dari sistem catur. Permainan ini mengasah strategi dan juga kecerdasan. Sekarang, udah jarang yang maen dam-daman.

15. Maen Nika-nikahan

Disaat anak jaman now yang demen lagu akad, dari Payung Teduh, anak jaman dulu justru suka main nikah-nikahan. Saya dualu sering jadi pengantinnya sama tetangga. Dan pas acara nikah-nikahan itu, ada acara masak-masakannya juga. Biasanya daun-daun yang jadi sayurnya.

Ada pula acara sawer-saweran, biasanya terbuat dari daun-daun yang dipotong, atau bunga-bunga liar.

Kamu pernah main nikah-nikahan? Nikah beneran yuk? #eh. Haha.

16. Main Karet

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: kaskus.com


Main karet ini adalah permainan yang juga seru. Biasanya, anak-anak akan menyatukan karet gelang menjadi satu, sehingga jadi panjang. Antara 1,5 meter sampai 2meter. Mereka akan melakukan banyak permainan, misal loncat tinggi.

Sekarang masih ada gak sih permainan ini? Di tempat saya sudah jarang sekali dilihat. Padahal pengin ikutan permainan ini biar terkesan feminim. Hehe

17. Katapel Kayu

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: pixabay.com


Dulu, saya itu paling lemah di permainan katapel. Orang-orang, kalau mengkatapel sesuatu, pasti kena sasaran. Kalau saya? Hihi, yang ada gak sampai sasaran.

Katapel ini terbuat dari kayu bercabang. Kalau di daerahku, biasanya anak-anak akan cari kayu bercabang dari tumbuhan teh, karena memang itu yang banyak bercabangnya. Kemudian mereka akan senantiasa membersihkan kulit kayu, memotongnya, hingga rapi. Kemudian ditambah karet bekas ban untuk menyangga batu, dan benda-benda yang akan menjadi pelurunya.

Pernah maen katapel? Kayanya kamu hanya pernah mengkatapel cewek. Eaaaa. 

18. Main Tembak-tembakkan



Permainan ini adalah favorit di bulan puasa. Waktu itu, saya dan teman-teman sering main perang-perangan dengan menggunakan pistol yang terbuat dari bambu kecil. Atau kalau disini disebutnya ganani. Ada semacam pendorong yang terbuat dari bambu. Jadi, nanti si bambu yang telah dibuat bulat, akan dimasukkan ke dalam lubang ganani. Untuk membuat suara, akan ada peluru berupa kertas yang dibasahi. Sehingga akan menghasilkan suara yang besar.

19. Jajangkung

Bermain Jajangkung harus memiliki kemahiran. Jajangkung adalah permainan yang terbuat dari bambu, sehingga ketika kita menaikinya, kita akan menjadi orang yang tinggi. Kaki kita digantikan oleh bambu kita. Dan kita berjalan menggunakan alat tersebut.

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: jpnn.com


Seru sekali bermain permainan ini. Biasanya, saya sering jatuh kalau pakek permainan ini. Ya, selain menguji ketangkasan, permainan ini juga menguji fokus dan juga keseimbangan. Keren deh bagi anak-anak yang mahir bermain permainan ini.

20. Hulahup

20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan
credit: kaskus.co.id


Sekarang, memang masih ada permainan hulahup. Tapi, permainan sekarang lebih kepada alat yang sudah diperbarui. Sengaja dibuat untuk melakukan permainan begitu. Kalau dulu, saya dan teman-teman akan mencari benda bulat dari bekas tolombong (wadah besar buat menyimpan sayuran, dll). Bagian atas tolongbong itu terbuat dari kayu yang dibulatkan. Alhasil, kami akan mencopotnya. Jadilah, kami bermain hulahup. 

Itulah permainan yang pernah saya coba waktu kecil. Terus terang, permainan-permainan tersebut adalah permainan yang saya rindukan, mungkin kamu rindukan juga. Atau, ada permainan unik lain yang kamu rindukan? Boleh tuliskan di komentar ya. Kita nostalgia bareng. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Permainan Masa Kecil yang Mungkin Kamu Rindukan"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.