Senin, 13 November 2017

6 kebiasaan Kecil yang Tanpa Disadari Bisa membuat Kita Sukses

6 kerbiasaan Kecil yang Tanpa Disadari Bisa membuat Kita Sukses
credit: adquadrant.com


Ujwar.com – Menjadi seseorang yang sukses adalah impian setiap orang. Sukses sendiri memiliki arti yang luas, tidak hanya soal materi, melainkan soal sosial, pendidikan, politik dan lain sebagainya. Namun, sadarkah kamu, kalau ada hal-hal yang sering dilakukan orang sukses? Hal-hal tersebut sebenarnya sederhana, tetapi tanpa disadari akan membuat terbiasa dan membuat diri semakin dekat dengan kesuksesan. Mau kan sukses?

So, silakan simak beberapa hal sederhana yang tanpa disadari bisa membuat sukses:

1. Disiplin

Kamu sudah terbiasa bangun pagi? Konon, orang yang sudah terbiasa bangun pagi, shalat, kemudian melakukan pekerjaan sejak pagi hari adalah cerminan orang sukses. Dalam paribahasa saja, katanya bangun itu harus pagi, supaya rezekinya tidak dipatuk ayam duluan.

Bisa kita bayangkan, orang yang disiplin bangun pagi lebih besar peluangnya buat jadi seseorang. Berbeda dengan orang yang terbiasa bangun siang.

Baca juga:
Susah Menghilangkan Malas? Coba Lakukan 7 Hal Sederhana Ini

Disiplin bukan hanya soal bangun pagi. Hal lain yang menggambarkan kedisiplinan adalah datang tepat waktu kepada suatru acara. Tidak ngaret. Ketika kita terbiasa bertele-tele, lalai dan memperlambat suatu pekerjaan, maka akan terbiasa juga sampai kita besar.

Cobalah untuk mendisiplinkan diri sedini mungkin dari sekarang. Jangan sampai, hal-hal buruk melekat sampai dewasa, sehingga peluang kita menjadi seseorang yang sukses menjadi lebih kecil. Sudahkah disiplin?

Baca juga:
8 Hal Sederhana yang Akan Anda Sesali Suatu Saat Nanti

2. Membuat Jadwal Harian, Mingguan, Bulanan dan Tahunan

Chandra Putra Nagara, seorang pengusaha sukses yang sudah sering pergi ke luar negeri, dengan omset besar setiap bulannya mengaku suka memiliki jadwal sejak dulu. Ketika besoknya akan melakukan sesuatu, maka dia mencoba untuk menuliskan hal-hal yang akan dilakukan malam harinya. Sehingga, ketika hari itu telah tiba, dia bisa langsung melakukan sesuatu tanpa berpikir harus melakukan apa. Kadang, manusia itu memang pelupa. Dia mengantisipasi hal itu dengan membuat jadwal.

Selain jadwal harian, beliau juga selalu membuat jadwal tahunan, bulanan dan pertigabulanan. Keren kan? 

Orang yang sudah terbiasa melakukan sesuatu dengan tersusun, maka akan terbiasa pula menjadi seseorang dengan bekerja lebih cepat, lincah dan cepat tanggap. Dia bahkan bisa bekerja sehari selama 16 jam. Kalau kita, banyak kerjanya atau mainnya? Hehe.

3. Berpikir Positif

Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa otak manusia itu dalam sehari lebih banyak menyela kekurangan dirinya. Lebih banyak merasa rendah ketimbang melihat kelebihan yang dimiliki. So, pantas saja jika banyak orang yang justru minderan, atau tidak percaya diri.

Namun, hal itu bisa kita pecahkan dengan menerapkan sikap positif. Seperti yang pernah saya bahasa sebelumnya, sikap positif itu bisa mengubah hidup kita yang kelam menjadi lebih cerah dan indah. Hal ini berhubungan dengan mindsett kita.

Baca juga:
Dengan Sikap Positif, Kita Bisa Mengubah Hidup yang Kelam

Terapkanlah untuk senantiasa mencintai diri kita, menggali potensi yang ada, tidak lelah belajar dan yang pasti, selalu memikirkan hal positif. Hal yang bisa dilakukan di antaranya, menganggap lucu terhadap kesalahan yang kita lakukan.

Kadang, ketika telah melakukan kesalahan, kita pasti berubah menjadi kurang PD atau minder. Maka, mulai sekarang, anggaplah hal tersebut adalah sebuah kelucuan, atau lelucon semata. Dengan begitu, kita tidak terlalu mengambil pusing hal-hal yang terjadi. Kita akan senantiasa belajar, belajar dan belajar.


4. Terbiasa Cuek

Cuek di sini bukan cuek terhadap lingkungan dan orang-orang sekitar kita. Ada yang butuh pertolongan, kita cuek. Bukan itu poinnya. Maksud saya, orang yang terbiasa cuek (tidak mendengarkan kata-kata orang yang menyakitkan) cenderung berpeluang lebih besar untuk sukses.

Saya sendiri adalah tipe orang pendengar. Ketika ada seseorang yang mencela, saya kadang sakit hati. Ketika ada seseorang yang menghina, saya memikirkan. Akibatnya, saya minderan. Dan untuk sekarang, saya juga selalu belajar untuk cuek terhadap perkataan orang, terutama yang bikin kita down.

Berjalanlah di bawah diri kita sendiri. Maju tanpa mendengar ocehan orang yang amat menganggu. Ambil yang baik dan buang yang buruk. Hal ini akan membuat kita tetap fokus. Sudahkah anda cuek? Atau masih jadi orang baperan?

Baca juga:

5. Berpikir Terbuka

Pernah tidak mau mendengarkan pendapat orang lain? Mulai sekarang, dengarkanlah pendapat mereka, meski di sisi lain kita tak peduli. Orang yang tak mau mendengarkan masukan yang baik adalah orang bodoh.

Memang sakit sih kalau ada orang yang berkata ini itu, tapi saya ingatkan kembali, buang yang buruk dan ambil yang baik. Sekalipun kita tidak setuju, tetap tanggapi dengan senyum dan kebaikkan. 

Baca juga:
Beginilah 7 Trik Sederhana Supaya Disukai Banyak Orang

Ketika pikiran kita terbuka, maka kita akan lebih mudah berkembang. Orang-orang yang terbiasa melakukan hal ini sejak dini, mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa menggapai kesuksesannya. 

6. Bersyukur

Orang yang terbiasa bersyukur dengan kehidupannya cenderung lebih bahagia ketimbang orang yang tak bersyukur. Kita hidup itu buat apa sih? Salah satunya buat bahagia kan? Berarti, ketika seseorang sudah bahagia, dia sudah sukses. Nah, untuk menjadi sukses ini, dibutuhkan bersyukur.

Mulai dari sekarang, mulai syukuri apa yang kita miliki, anugerah yang Tuhan berikan, juga hal-hal baik lainnya yang terjadi dalam kehidupan. Melihatlah ke abwah , di mana, masih banyak orang yang tak beruntung. Sedangkan kita sudah cukup lebih beuntung. Buktinya kamu? Kamu beruntung bisa menemukan dan membaca postingan  sederhana ini. Bisa mengakses internet dan masih bisa belajar dengan giat.

Banyak orang yang justru malah dipusingkan dengan kekurangan yang dia miliki. Sehingga, setiap harinya hanya dikelilingi rasa khawatir yang berlebihan. Kalau sudah begitu, bisa-bisa stres. Yok, lebih menerima diri dengan apa adanya.

Baca juga:
Berikut 6 Cara Ampuh Menghilangkan Gengsian

Nah, itulah 6 hal sederhana yang tanpa disadari akan memberikan peluang besar terhadap kesuksesan kita. Ingat, hal-hal besar di luar sana berasal dari hal kecil. Nabung yang awalnya kecil lama-lama bisa besar. Jadi, ketika ingin sukses, belajar;ah dari hal-hal kecil mulai dari sekarang.

2 komentar:

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html