Sabtu, 11 November 2017

8 Hal Sederhana yang Akan Anda Sesali Suatu Saat Nanti

8 Hal Sederhana yang Akan Anda Sesali Suatu Saat Nanti
credit: pondokkecil.com


Ujwar.com – Penyesalan itu selalu datang belakangan, gak mungkin di depan. Penyesalan biasanya berhubungan dengan hal-hal yang kita anggap biasa saja, ternyata adalah hal buruk, tidak baik, atau tidak bermanfaat, yang bisanya tidak memberikan effek membangun terhadap diri sendiri.

Kali ini, saya akan membawa 8 hal yang mungkin akan kamu sesali di masa yang akan datang. Sebelum kamu sesali, mending kamu kenali dulu 9 hal tersebut. Berikut hal-hal yang saya maksud:

1. Kenapa Saya Tidak Bekerja Keras Dari Dulu?

Pertanyaan pertama yang akan terbersit mungkin ini. Ketika muda, kita gemar bermain-main, berleha-leha, tidak fokus, malas, banyak nongkrong tanpa memikirkan hal baik dan buruk, banyak ngeluh, kalau bekerja tidak dengan hati. Sedangkan, ketika kita tidak bekerja keras sejak awal akan bereffek di masa yang akan datang.

Kerja keras adalah pembiasaan, ketika kita tidak terbiasa, ketika kita tidak membangun sesuatu, maka akan ada yang kita tuai di masa tua. Baik atau buruk. Misal, ketika umur 20, kita cuek, gak pernah mikiran hal-hal yang bisa bikin sukses. Di umur 30-40, kita bakal tahu apa yang terjadi. 

Mungkin saja, kita masih bekerja di orang, jadi buruh, sedangkan tenaga sudah mulai berkurang. Jadi, mumpung belum terlambat, ayo kita sama-sama belajar buat bekerja keras. Sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. 

Yang pengin punya bisnis, ayo mulai bisnismu dari sekarang. Yang ingin jadi dokter, tentara, polisi, dosen, dan hal lainnya, mulailah dari sekarang dengan bekerja keras. Inshaa allah, semua akan terwujud jika kita sudah menanam jauh-jauh hari.

Baca juga:

2. Kenapa Tidak Belajar Dari Dulu?

Hal ini juga sering disesali. Saya punya teman. Dia ini orangnya biasa saja waktu sekolah. Maksudnya, dia acuh, belajar semaunya, ulangan seadanya, tanpa memahami pelajaran-pelajaran yang diberikan guru. Kebetulan, dulu saya dan dia sekolah di SMK, jurusan Administrasi. Nah, dua tahun setelah lulus, teman saya justur bilang kalau dia amat menyesal karena tidak mempelajari pelajaran sekolah. Sebab, pelajaran yang ada di sekolah dia temukan kembali dilingkungan kerjanya. 

Kalau sudah belajar dari dulu, setidanya pas bekerja di suatu perkantoran, kita sudah tahu, bagaimana mengejerjakan administrasi dasar, keuangan, kearsipan, melayani pelanggan, jenis alat-alat kantor dan lain sebagainya.

So, pelajari apa pun jika ada kesempatan. Kadang, hal-hal yang tak kita sukai bisa menjadi hal yang paling dibutuhkan suatu saat. Percayalah, apa-apa yang kita pelajari pasti memiliki manfaat. Cepat atau lambat.

Baca juga:

3. Kenapa Tidak Membangun Jaringan Dari Dulu?

Jaringan, atau teman, atau link, adalah salah satu hal yang sangat penting. Ketika kita punya link yang banyak, kita bisa memanfaatkan keberadaan jaringan-jaringan kita. Contoh, ketika kita akan bisnis makanan, kemudian punya teman yang ahli dibidang makanan, maka bisa mengontak dia, bertanya, mengambil pelajaran dari apa yang dia bisa.

Fungsi link di sini bisa dijadikan sebagai sumber pelajaran, sumber pengalaman, kemudian rekan bisnis dan kerjasama, atau bahkan yang akan menjadi karyawan dari usaha kita. So, bangun pertemanan yang banyak. Sebab, hal itu akan kita sesali jika tidak dilakukan.

Baca juga:

4. Kenapa Saya Selalu Mendengarkan Kata Orang?

Di materi sebelumnya, saya sudah sampaikan, bahwa mendengar omongan orang itu tidak selamanya baik. Terutama hal-hal yang membuat down. Contoh, misal kita akan bergerak dalam bidang pertambangan. Tiba-tiba ada teman datang, dia bilang, kalau pertambangan prospeknya tidak baik. Terus kita menuruti apa yang dia katakan. Berhenti dari apa yang kita inginkan.

Percayalah dengan apa yang kita cita-citakan. Sebab, dengan hal itu, sukses atau pun gagal, kita setidaknya pernah mencoba dan melakukan hal-hal yang ada dipikiran kita. 

Kalau kita terus-terusan menuruti orang, maka kreativitas kita pun akan terkungkung. Jangan biarkan itu terjadi. Mulai dari sekarang, berjalanlah berdasarkan visi misi yang telah kita bangun.

5. Kenapa Saya Tidak Memanfaatkan Potensi yang Ada?

Hal ini juiga sering disesali di masa depan. Misal, seseorang sekolah di bidang tata boga. Dia malah mencari-cari pekerjaan di perusahaan orang. Kalau seandainya dimanfaatkan, tentu saja kita bisa melakukan hal lain selain bekerja di tempat orang.

Misal, membuka usaha makanan, katering, kue,dan lain-lain. Kembangkan potensi yang ada. Manfaatkan apa yang kita biasa. Capek-capek kita sekolah di bidang tersebut, eh gak dimanfaatkan sama sekali. 

Sama halnya dengan sesuatu yang bisa dilakukan. Kita mahir bernyanyi, ayo coba tampil. Siapa tahu jadi singer professional? Kita pintar berbicara, siapa tahu jadi seorang MC, Moderator atau pembicara? Siapa yang tahu. So, mulai sekarang mulailah mengembangkan potensi yang ada.

6. Kenapa Saya Tidak Menggunakan Waktu Senggang Untuk keluarga?

Ketika kita tua, kita akan merasakan, bagaimana hidup sendiri. Sebab, orang tua kita mungkin sudah meninggal. Orang terdekat kita sudah pergi jauh. Anak dibawa suaminya. Anak mengurusi istrinya. Cucu sudah sibuk dengan kehidupan masing-masing, dan lain-lain.

Kadang, di masa muda, disaat keluarga masih lengkap, kita terlalu sibuk dengan hal lain. Meski kita bekerja keras, kita juga tidak boleh lupa dengan orang-orang sekitar kita. Ketika kita bisa menemani orangtua ngobrol, itu adalah prestasi besar yang jarang bisa dilakukan oleh orang lain.

Bagi kamu yang masih memiliki keluarga lengkap, ayolah, gunakan waktu untuk keluarga. Jangan melulu menghabiskan waktu untuki kerjaan, orang lain, atau hal-hal yang tidak penting. Hanya keluarga yang bisa mensupport saat jatuh.

7. Kenapa Dulu Saya Tidak Memiliki Prinsip?

Orang berprinsip akan lebih mudah sukses ketimbang orang yang labil dan tidak memiliki pendirian. Prinsip itu ibaratnya akan menjadi ciri khas kita. Orang berprinsip akan senantiasa menjadi seseorang yang berbeda dengan yang lain. Dari cara berjalan, berpikir, bertutur kata dan cara bersosial.

Biasanya, ketika seseorang sudah memegang teguh prinsipnya, biasanya prinsip tersebut yang akan membawa kita. Kalau prinsipnya tidak baik, berarti suatu saat, kita akan tergerus kepada prinsip itu. pun sebaliknya. Apalagi tidak memiliki prinsip, dijamin, kita akan kepusingan di masa depan.

Contoh kecil tentang prinsip salah satunya dalam sekolah. Pernah nyontek? Saya tanya, kenapa nyontek? Salah satu jawaban yang paling banyak dilontarkan adalah: karena dia tidak percaya diri. Artinya, dia tidak memiliki prinsip sendiri. kalau orang yang berprinsip. Mau salah atau benar, yang penting hasil sendiri. Sebab dia tahu, kalau menyontek itu bukan  hal baik. Ayo, buatlah prinsipmu yang  memiliki pembeda.

8. Kenapa Tidak Mernjadi Orang Yang Mengisnpirasi?

Salah satu keinginan terbesar manusia adalah ingin bermanfaat bagi orang lain. Orang bermanfaat sudah pasti mengisnpirasi. Jadi, bagaimana jika seseorang dari awal tak menginspirasi? Gemar melakukan hal-hal buruk, melakukan onar, dan lain sebagainya. Tentu itu bukan hal yang menginspirasi.

Nah, penyesalan itu mau tidak amu akan muncul suatu hari nanti jika kita tak menjadi orang yang bisa menginspirasi. Apa yang bisa membuat orang terinspirasi dari kita? Misal, kalau kita suka bernyanyi, ayolah bernyanyi. Lagu bisa membuat orang terinspirasi lho. Salah satunya lagu-lagu keagamaan. Atau, kamu bisa menginspirasi dengan tulisan-tulisanmu. Banyak penulis Indonesia yang sudah menginspirasi orang-orang. Mereka berkarya. Atau, kamu bisa menadi bagian dari pembangunan masyarakat. Sebenarnya, banyak yang bisa membuat kita menjadi inspirasi banyak orang. Tergantung dari apa yang kita mau.

Nah, itulah 8 hal yang tak kamu lakukan dulu, dan akan disesali di masa yang akan datang. Sebelum terlambat, ayolah lakukan hal-hal itu dari sekarang. Setidaknya, kita tidak akan menyesal ketika sudah tua nanti. 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html