9 Rahasia Membuat Judul Novel Supaya Menarik Perhatian Orang

9 Rahasia Membuat Judul Novel Supaya Menarik Perhatian Orang
credit: nedia2give.com


Ujwar.com – Saya kepusingan buat ngebahas hal-hal soal novel, cerpen, atau cerita lainnya. Gara-gara ada teman bertanya soal judul, jadi ada ide buat ditulis di blog. Biar blognya gak terlalu kosong melongpong. Hehe.

Pertanyaan teman saya begini, “Gimana cara membuat judul novel yang bagus? Yang bisa menarik perhatian orang, yang terdengar unik, yang terlihat amazing, dan tentunya membuat orang mengingat tulisan kita karena judul.”

Oke, BTW, kalau dari segi teori, aku kurang tahu. Aku akan menjelaskan cara-cara membuat judul cerita, khususnya novel versi aku, tentu saja ada beberapa masukan yang pernah aku dapat dari beberapa orang, yang telah lama berada di dunia kepenulisan.

Baca juga:


Kawan-kawan, membuat judul memang agak sedikit susah. Salah buat judul bisa membuat cerita kita terkesan biasa, padahal orang belum membaca cerita kita. So, berhati-hatilah dalam memilih judul.

Lantas, bagaimana membuat judul novel yang menarik? Berikut ulasannya:

1. Judul yang Berbeda dari yang Lain

Oke, maksudnya begini. Di era sekarang, banyak sekali media yang bisa membuat seseorang terkenal dengan tulisannya. Sehingga, keterkenalan itu berusaha ditiru oleh penulis lain. Misal, mereka meniru tema-tema cerita, atau bahkan judul yang sering dipakai si penulis yang sudah terkenal. 

Boleh gak sih seperti itu?

Kalau aku sih, ya boleh-boleh saja kalau menurutmu itu tidak terlalu mengganggu. Tapi, pernah berpikir gak sih, kalau hal tersebut menganggu? Begini, kalau dari segi cerita, aku rasa tidak ada yang benar-benar orisinil. Kadang ada orang yang bilang klise, pasaran, sinetron banget, dan lain-lain, padahal mungkin saja ada yang beda dari cerita ini.

Namun, hal pertama yang aku jelaskan di sini adalah perihal judul. Di wattpad, waktu itu pernah populer judul dengan ciri menggunakan VS, alias versus. Misal: Ketua Osis VS Ketua Paskibra. Aku juga pernah terseret ini. Sampai sekarang, ceritanya masih ada, dan masih dengan judul yang sama. Padahal tren itu udah gak begitu populer lagi. Sekarang malah lagi populer judul dengan ciri NAMA. Misal: Alisia, dear Dear Gina. Atau apalah.

Baca juga:


Agak nyesel sih, dulu malah ikut-ikutan, padahal, kalau mencari dengan kehendak sendiri, lebih bagus kan?

Pelajarannya, sepopuler apa pun suatu cerita, akan tetap redup pada akhirnya. Biasanya musiman. Ya, cobalah buat judul kehendak sendiri, tanpa melihat ini ono. Pokoknya, yang beda dari yang lain. Salah satu orang yang kusuka (penulis tentunya) yaitu Raditya Dika. Dia konsisten membuat judul berhubungan dengan hewan. Yang bikin penasaran plus ngakak. Absurd gitu. Tapi itulah daya tariknya. Cobalah mencari ciri khas diri kita sendiri.

2. Judul yang Provokatif

Kalau nomor dua ini, aku baca di bukunya Pak Isa yang 101 Dosa Penulis Pemula. Jadi, sebisa-bisa, kita harus bikin judul yang bisa memprovokatif orang. Sehingga orang merasa penasaran dengan apa yang kita tulis.

Contoh buku yang membuat aku penasaran waktu itu adalah, Surga yang tak Dirindukan. Lha, bukannya surga itu selalu dirindukan? Kenapa gak dirindukan? Kenapa ya?

Nah, Ujung-ujungnya jadi pengin baca deh ceritanya. Bunda Asma pintar sekali membut judul novel. Silakan belajar dari judul-judul novelnya.

3. Judul Menandakan Suatu Ciri Khas Dalam Novel

Pernah membuat judul novel karena tokoh utama gak sih? Misal di sini, tokoh utama yang ditonjolkan. Si tokoh utama penyuka seblak. Tiba-tiba dia ketemu sama penjual seblak, terus jatuh cinta, jadian deh. Ahahai, ini macam ftv-ftv. Misal judulnya: Dari Seblak Menjadi Cinta.

Adduh, gak nyambung ya judulnya? Tapi gak apa-apa. Intinya, kamu ngerti kan maksudku? Kita bisa buat judul buku dengan hal yang berhubungan dengan tokoh-tokoh dalam cerita kita. Salah satu novel populer yang masih kuingat adalah Perahu Kertas. Judul ini juga ditandai dengan tokoh Kugy yang gemar sekali membuat perahu kertas, kemudian diapungkan di sungai atau laut. Ini keren. Menarik gitu. So, kamu pun bisa membuat judul semacam itu.

4. Judul Menandakan Inti Cerita

Ya, kebanyakan orang nulis judul dari ini sih. Hehe. Sebab, ini adalah salah satu hal termudah yang pernah ada. Aku pernah membuat judul novel yaitu TUMBAL. Mungkin nggak beda dari yang lain, tapi aku membuat judul itu karena berhubungan dengan isi cerita. Selain itu, pembahasan soal hal-hal ghaib, khususnya tumbal selalu menjadi perbincangan hangat dan menarik. Jadi deh aku buat  judul itu.


Ceritanya malah sudah aku upload di wattpad. Xixi. Sampai saat ini sudah dibaca 26 ribu. Sedikit ya? Iya, gak apa-apa. Yang penting kita nulis, buat judul, kemudian cerita kita ada yang baca. Yang mau baca monggo berkunjung ke wattpad @ujwarf (Sedikit promosi gak apa-apa ya :D)

5. Judul Menandakan Ending

Sebenarnya, membuat judul itu tidak boleh yang bisa ditebak. Membuat judul dengan Ending kadang gampang ditebak. Contoh. “Cinta Terakhir”. Tentu saja kita sudah pasti akan menebak, bahwa endingnya akan menyedihkan, perpisahan, atau bahkan kematian.

Sebenarnya, membuat judul yang ada hubungannya dengan ending adalah pintar-pintarnya kita. Saya pernah membuat judul novel, Cinta Tak Pernah Berdusta. Ini berhubungan dengan ending yang akan terjadi di dalam novel. Ketebak gak sih? Coba tuliskan di komentar, bakal gimana ending dari novel dengan judul tersebut. Sekalian menguji, seberapa pintar aku dalam membuat judul, atau masih cemen? Heheu. Pakek sok-sok ngasih tips lagi.

6. Membuat Judul Menggunakan Bahasa Inggris

Judul dengan bahasa Inggris adalah judul yang kadang terlihat keren. Serius deh. Apalagi padanan katanya cocok. Sesuai. Aku pernah membaca judul novel wattpad di beliawritingmarathon, judulnya, Dear Heart, Why Him? (Sekarang udah terbit, lupa nama penulisnya).

Huhu, berasa gimana gitu? Judulnya sederhana, tapi ngena. Buat aku melotot, kemudian penasaran sepenasaran-penasarannya.

Membuat judul bahasa inggris tentu saja punya kesulitan. Kalau kita tidak pandai membuat judul, akan terasa janggal aja. Nah, cobalah membuat judul dengan bahsa inggris, tetapi yang menarik. Salah satu cara supaya kita tahu judul kita menarik atau tidak, yaitu dengan meminta masukan atau pendapat teman-teman sekitar kita.

7. Membuat Judul Minimal 3 Kata

Sebenarnya membuat judul itu bebas sih, tergantung ciri khas masing-masing orang. Saya lihat novel karya Tere Liye kebanyakan menggunakan satu kata. Bulan, Bumi, matahari, Bintang, Hujan, Pulang, dll. 

Namun, ada tips dari salah satu penulis (Aku lupa dulu, yang jelas dia senior, terima kasih ya akak ilmunya), katanya sih, kalau nulis novel itu janngan kurang dari 3 kata, jangan lebih dari 5 kata. Ya, intinya jangan berlebihan dalam seusatu. Buat judul yang memang benar-benar menarik untuk disimak, salah satunya judul itu sendiri. Kadang melihat judul yang terlalu panjang itu tidak menarik. Meskipun ada salah satu penulis yang ciri khasnya justru menggunakan judul yang panjang.


Ya, no problem, balik lagi ke ciri khas. Tapi, ya, siapa tahu tips membuat judul yang ini juga bisa dipakai, terutama bagi pemula. Sebab, membuat judul seperti ini terkesan lebih gampang. Misal: Cinta yang Kembali. Benci, tapi Cinta. Aku Ada Karenamu. Atau apalah. Pokoknya yang penting judulnya tidak terkesan garing. Berbobotlah.

8. Membuat Judul yang berhubungan dengan Sifat Unik Tokoh

Ini juga keren. Kebanyakan cerita yang judulnya berhubungan dengan karakter, selalu mengundang perhatian. Di zaman ini, judul yang berhubungan dengan karakter biasanya novel tenfic. Contohnya. Miss Ngubul Jatuh Cinta, Ketua Osis Koplak, Miss Perhatian, dll. 

Kita bisa membuat judul tipe seperti ini jika tokoh kita memang benar-benar memiliki sifat semacam itu. Sifat tokoh kita yang justru menjadikan alur atau plot tulisan menjadi lebih luas dan menjadi awal dari akar permasalan dan konflik dari novel. 

9. Membuat Judul yang Berhubungan dengan Tempat

Wah, aku kira judul model gini juga menarik. Nih ya, percaya atau tidak, novel yang diembel-embeli tempat populer banyak yang best seller (Selain karena isinya keren). Contoh novel karya Ilana Tan. Itu beberapa judulnya ada nama-nama negaranya. Selain negara, bisa juga menggunakan tempat, kota, dan lain-lain.

So, coba deh buat judul dengan berbagai fariasi, pasti keren. Jangan hanya buat judul dengan model gitu-gutu aja, ngebosenin kan? Kecuali memang mau jadi ciri kahs sendiri. Itu bagus, yang penting gak monoton.

Nah, itukah 9 rahasia membuat judul novel yang bisa menarik perhatian orang lain. Kamu punya trik dan tips juga? Boleh dicorat-coret di komentar ya. Kita sharing sama-sama. Selamat belajar meentukan judul. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Rahasia Membuat Judul Novel Supaya Menarik Perhatian Orang"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.