11 Cara Mendapatkan Rating di Wattpad

11 Cara Mendapatkan Rating di Wattpad

11 Cara Mendapatkan Rating di Wattpad
Credit: variety.com

Ujwar.com – Wattpad sekarang menjadi salah satu platform yang sangat dikenal di kalangan penulis dan pembaca Indonesia. Tak jarang, naskah-naskah wattpad kemudian dicetak dalam bentuk buku oleh penerbit. Baik Mayor, atau Indie.

Ada beberapa pertanyaan yang muncul lewat inbox facebook-ku. Bunyinya gini: Gimana sih, cara dapet rating di WATTPAD?

Mendengar pertanyaan itu, aku langsung diam seribu bahasa. Suer. Aku bukan pakar WATTPAD, aku bukan juga team dari ambassador WATTPAD Indonesia. Pokoknya, aku mah apah atuh, bukan siapa-siapa.

Terus terang, pertanyaan seperti di atas juga merupakan pertanyaanku selama ini juga. So, mari kita kupas bareng-bareng sesuai apa yang kuketahui.

Aku daftar akun WATTPAD pertengahan 2015. Beberapa kali pernah update cerita, kemudian aku hapus dan unpublish karena nggak PD. Sejak saat itu, saya nggak buka WATTPAD lagi. Kira-kira akhir 2016, aku nulis cerita pertama. Dan itu bikin aku ngakak setelah melihat karya pertama itu, yang sudah aku unpublish lagi.

 2017, aku mulai fokus nulis di WATTPAD hingga sekarang, dan mungkin selamanya. Hehehe. Aku mulai nyaman dan PD buat share tulisanku di sana. Hingga beberapa ceritaku masuk 20 besar, bahkan 10 besar, meskipun belum pernah rating #1.

Gimana cara dapat rating di wattpa? Baiklah, langsung saja, berikut 11 Cara Supaya Cerita Kita Memiliki Rating di WATTPAD.


1. Sajikan Tulisan yang Keren

Ini langkah pertamanya. Kalau mau populer, mau nggak mau naskahmu harus bagus. Definisi bagus sendiri berbeda-beda, tergantung persepsi orang. Namun menurutku, yang menjadi faktor bagus bukan hanya dari segi ide, tetapi dari banyak hal. Apakah naskahku bagus? Itu diserahkan ke pembaca yes. Yang penting, buatlah cerita semenarik mungkin. Semampu kita.


2. Sajikan Cover Menarik

Hal lain yang  juga  penting adalah cover. Don’t Judge By Cover. Benar sih, tapi mau nggak mau, orang-orang akan tetap nilai sesuatu dari luar. Karena nalurinya seperti itu. Manusia akan lebih tertarik melihat gambar ketimbang tulisannya. Jadi, buat covermu semenarik mungkin.

3. Judul

Judul. Yups, Judul akan tertera di cover. Maka buatlah judul yang bisa menarik perhatian. Beberapa tren di WATTPAD sempat aku ikuti. Di genre romance, judul yang mengandung unsur “CEO” selalu menempati posisi atas, atau paling tidak 100 besar. Judul memang sangat penting, sebab, judul merupakan identitas dari tulisan. Coba kunjungi 9 Rahasia Membuat Judul Novel Supaya Menarik Perhatian Orang

4. Tulis Deskripsi Yang Mengundang Penasaran

Deskripsi itu penting, silakan buatlah kesan pertama pembaca di deskripsi. Orang-orang akan mmebaca cerita jika deskripsinya nyantol.

5. Penggunaan HASTAG

Di mana-mana, hastag menjadi hal penting untuk memperkenalkan sesuatu. Di IG, di facebook, blog, termasuk WATTPAD. Tulislah hastag populer yang bisa mengantarkan orang-orang untuk bisa membaca tulisanmu. Tulis hastag sebanyak-banyaknya yang sesuai dan menggambarkan isi cerita.

6. Ramaikan Komentar

Banyak di antara para penulis yang malas membalas satu per satu komentar orang-orang yang hadir di tulisan kita. Sadar atau tidak, keberadaan mereka justru membuat tulisan kita terus ter-up. WATTPAD senang jika cerita kita memiliki tingkat keramaian yang tinggi. Ada interaksi antara penulis dan pembacanya.

Ingat, jangan sombong. Jangan malas juga. Mulailah membalas komentar atau sekadar berbincang-bincang. Makin ramai cerita kita, makin ada kesempatan untuk mendapatkan rating.

7. Kepiawaian Memilih Genre

Aku tanya, kalau nulis di Genre Romance, atau Tenfiction, kira-kira kesempatan dapat ratingnya besar atau kecil?

Aku sendiri, kalau nulis di romance, belum pernah masuk rating. Paling mentok rating 900. Hahay, pokoknya romance dan tenfiction memang genre yang ramai banget. Soalnya di sana, banyak juga penulis terkenal yang lahir.

Kalau menurut aku, nulis di dua genre ini perlu strategi yang benar-benar bagus supaya bisa menarik perhatian. Kalau sudah meledak di dua genre tersebut, dijamin, kamu bakal jadi seleb WATTPAD. Soalnya dua genre ini memang sering dibicarakan.

Aku sendiri memilih nulis di genre yang tidak terlalu banyak pengguna, seperti misteri dan horor. Sering dapat rating di sana. Naskahku yang berjudul Tumbal pernah masuk rating 9, meskipun kembali terjun ke 12, 20, sampai ke 100. Hingga sekarang, naskah itu masih masuk rating, meskipun nggak stabil di 100 besar.

8. Rutin Update

Ini yang penting. Sering kali, kita ngotot pengen dapet rating, tapi kita nggak disiplin dalam update cerita.

Pengalamanku sendiri, karena aku update rutin 2 kali seminggu, maka naskahku selalu masuk rating meski tidak rating satu. Semakin rutin, maka kita akan semakin cepat dapat rating. Jadi, ayo rutin, jangan seenaknya. Hehehehe.

9. Banyaknya Followers

Cerita kita berkesempatan memiliki rating ketika memiliki banyak followers. Followers kita akan mengangkat cerita kita. Mereka yang komen, vote, atau share kapada orang lain. Gimana caranya banyak followers? Bisa dibaca 15 Cara Populer di Wattpad.

10. Pentingnya Vote Dalam Cerita

Vote itu bintang kan ya. Ketika orang lain ngasih vote, secara otomatis, cerita kita memang didukung untuk terus ada, terus lanjut, dan ditunggu-tunggu kehadirannya. 

Ada yang suka minta vote nggak sama orang? Hehe. Aku sendiri, dulu sering tuh minta vote. Nggak peduli cerita dibaca atau enggak.

Sekarang, aku sadar, kalau minta vote, sebenarnya hal yang nggak terlalu baik menurutku. Orang yang membaca cerita kita, kemungkinan besar akan ngasih vote. Dan orang yang langsung ngasih vote, apalagi bomvote, belum tentu baca cerita kita. 

Intinya, jangan memikirkan bagaimana orang-orang me-vote cerita kita. Tapi pikirkan, bagaimana caranya agar orang-orang mau baca cerita kita. Itu yang paling penting. Semakin banyak yang baca, semakin banyak vote. Semakin banyak vote, semakin tinggi kesempatan untuk dapat rating.

11. Mengulang Update

Mengulang update adalah salah satu cara agar tulisan kita ter up kembali. Sebenarnya, cara ini agak membuat kesal bagi seseorang yang sudah membaca. Misal: kita sudah update bab 12, kemudian kita sengaja unpublish, lalu dipublish lagi, seolah memang cerita baru. Hal itu membuat cerita naik, sementara pembaca yang nunggu kesel. Kok sudah di-up, tapi cerita barunya nggak ada.

Intinya, cerita ini bisa digunakan untuk sekadar membuat tulisan naik, tapi nggak boleh sering-sering. Aku sendiri sudah jarang menggunakan cara ini. Tapi bagi kamu, bisa dicoba cara ini, meskipun enggak disarankan.

Nah, itulah 11 cara agar tulisan kita dapat rating di WATTPAD. Sebenarnya, aku sendiri nggak terlalu mengharapkan rating ya. Tapi kadang, bagi sebagian orang, mendapatkan rating adalah kebanggaan tersendiri. Selain itu, rating bisa ngebuat cerita kita makin populer karena terletak di posisi atas dan kemungkinan besar akan diklik dan dibaca. So, boleh dicoba cara-cara di atas. Semua berdasarkan pengalamanku ya, nggak asal.

Yuhuuu, sekian tulisanku kali ini. Semoga bermanfaat ya guys. Tetap semangat menulis meski nggak dapet rating. Hehehehe.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Cara Mendapatkan Rating di Wattpad"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.