Selasa, 24 April 2018

Juara 2 Indonesian Idol Lebih Terkenal Dibanding Juara 1, Mitos Atau Fakta?

Juara 2 Indonesian Idol Lebih Terkenal Dibanding Juara 1, Mitos Atau Fakta?



credit: tribunnews.com


Ujwar.com – Setelah pada tanggal 24 April 2018, pukul 00.30 WIB, Maria dinyatakan sebagai juara Indonesian Idol 2018, semua bahagia. Bahkan aku sebagai salah satu fans Maria ikut bahagia. Dari dulu, aku nggak pernah nonton Idol sampe selesai. Tetapi Idol 2018 ini, nyaris setiap malam Selasa, selalu nonton sampai tengah malam. Ya itu tadi, karena Maria. Yeay.

Baca juga:


Dari awal, aku memang sudah ngejagoin Maria, karena memang sudah tahu sejak Idol Junior 2014 yang masuk top 5. Aku kira, Maria yang di awal tidak terlalu diekspose, justru semakin dikenal ketika memasuki babak-babak live Indonesian Idol. Bahkan disebut kuda hitam oleh Bunda Maya. Puncaknya, Maria memang Kuda Hitam. Makin sini, penampilannya selalu stabil dan spektakuler dan berhasil mendapatkan perhatian dari netizen Indonesia, bahkan dunia.

Di balik kehebatan Maria, masih banyak orang yang menganggap remeh kekuatan Maria. Berikut aku tulis salah satu komentar yang nggak akan aku sebut siapa yang komen.

“Maria cuman menang di power aja. Udah banyak yang kaya Maria. Kalau pun dia yang juara, dia nggak bakal terkenal. Juara 1 selalu kalah sama juara 2.”

Komentar itu menurutku terkesan menyudutkan banget ya. Hanya karena suara Maria powerful, dan katanya banyak yang punya. Dia langsung judge kalau Maria nggak bakal terkenal.

Hello, emangnya kamu Tuhan, yang bisa ramal-ramal kesuksesan seseorang?

Baiklah. Sebelum menuju hal lain, aku akan rangkum beberapa kelebihan Maria, menurut pandangan penonton seperti aku. Juga beberapa komentar dari musisi dan orang-orang yang selalu me-reaction penampilan Maria.

1. Maria punya power. Dia berkesempatan menjadi salah satu penyanyi yang bisa go Internasional.

2. Maria lahap semua jenis lagu. Terutama POP. Dia bisa meng-cover lagu-lagu diva dunia yang tingkat kesulitannya tinggi.

3. Kalau nyanyi, Maria ini dikategorikan penyanyi dengan tembakkan nada yang sempurna. 

4. Maria masih muda. 16 tahun men. Kalau pun setelah lulus Idol Maria nggak seterkenal yang dikatakan kalian, waktunya masih panjang. Dia masih muda. Dia masih bisa ngelakuin banyak hal.

5. Attitude dia di atas panggung luar biasa. Mentalitasnya keren sekali. Bayangkan. Anak 16 tahun bisa tampi dengan tingkat PD yang luar biasa ini bisa dibilang ajaib.

6. Suara tingginya, meski teriak-teriak, enak didenger. Percaya atau enggak, aku justru selalu nunggu bagian Maria teriak kalau nyanyi. Kalau nggak ada teriaknya, sepertinya hambar.

7. Maria juga keren kalau nyanyi lagu lembut. Tanpa teriak-teriak pun, Maria memiliki khas tersendiri.

Di sini, aku sebagai pendukung Maria memang menekankan, bahwa Abdul atau Maria yang juara. Mereka sudah hebat dua-duanya. Tinggal, mereka menjalani dunia yang sebenarnya. Ya, masalah keterkenalan, lihat saja nanti. Dan tentu saja semuanya akan kehendak Tuhan. Bukan karena kutukan yang kalian bilang. Juara 2 pasti terkenal di banding juara 1. No, aku nggak setuju atas pendapat itu. Kenapa aku nggak setuju?

Oke, aku paparkan alasannya:

1. Masalah kepopuleran sebenarnya selera. Mau dia juara 1, atau juara 2, kalau memang disukai masyarakat dan harus terkenal. Ya Bakal terkenal.

2. Sebenarnya, kata-kata “Juara 2 akan lebih terkenal dengan juara 1”, menurutku hanya pembelaan fans yang idolanya kalah. Bener nggak sih? Kalau idola kita kalah, pasti akan ada pembelaan. Wajar-wajar saja seorang fans melakukan pembelaan. Yang terpenting, jangan melakukan pembelaan sambil ngehina orang lain. Atau merendahkan lawan.

3. Masalah populer atau tidak, itu berdasarkan prestasi. Jelas saja, kalau seseorang konsisten berkarya di dunia musik setelah lulus Idol, pasti dia akan populer dan dikenal. Seseorang akan dikenal terus kalau punya prestasi, bukan sensasi. Prestasi bukan hanya soal menang atau kalah, tetapi memiliki sebuah perbedaan. Ya itu tadi, sebuah keunikan. Dan ingat, keunikan tiap orang berbeda-beda. Tiap orang punya sisi keunikan masing-masing.

4. Populer atau tidaknya orang, itu juga berdasarkan attitude. Selama sikap si artis baik, maka akan selalu dihargai siapa saja.



Berikut catatan, juara 1 yang terkenal. Dan disukai:

1. Fatin, juara 1 X Factor Indonesia. Dia dikenal banyak orang. Dan hingga sekarang tetap eksis.

2. Lesti, juara DA, sampai sekarang lagu-lagunya selalu menjadi kesukaan.

3. Evi Masamba, juara DA, sampai sekarang, dia bahkan terus wara-wiri, dan nggak hanya nyanyi, dia juga main sinetron.

Ada pun para penyanyi, juara 2 yang terkenal. Ya itu bagus. Contohnya Judika, dia juara 2, dan eksis hingga sekarang. Jangan dikaitkan dengan predikatnya juara 2. Sebab, kepopuleran seseorang bukan berdasarkan itu.

Bahkan selain juara 2, banyak juga juara-juara 3, 4, 5 dan lain-lain yang juga masih eksis. Bahkan ada yang pernah ikut Idol, nggak lolos di idol, tetapi terkenal. Contohnya, Anji, Afgan, Vidi Aldiano, KuntoAJi, dan lain-lain.



Kesimpulannya:

Kepopuleran seseorang, nggak dikukur dari Juara. Mau Juara 1, juara 2, atau nggak juara sama sekali, kalau harus terkenal, ya bakal terkenal. Tentunya, orang yang tetap eksis biasanya orang yang memiliki prestasi dan keunggulan. Bukan sensasi.

Jadi menurutku, Juara 2 lebih populer dari juara 1 adalah mitos. Sekarang misal Abdul populer, ya bagus-lah, kan 2 besar udah keren. Mereka udah juara di hati masyarakat. Kalau pun yang juara 1 yang populer, hebat juga tuh. Karena dia berhak buat terus eksis dan dikenal masyarakat.

So, berhenti banding-bandingkan juara 1 dan 2. Berhenti mengatakan juara 2 akan lebih terkenal. Kalau aku mah, meski suka Maria, aku nggak benci Abdul. Aku suka Abdul, tapi lebih suka Maria. Itu saja sih. Kedua-duanya wajib dikenal masyarakat, karena mereka punya prestasi.

Gimana tanggapanmu. Mau ikut-ikutan nyebut kalau Juara 2 akan lebih terkenal dari juara 1? Hehehehe. Salam sukses. 





0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html