15 Cara mengatasi Bau Mulut Saat Bulan Puasa

15 Cara mengatasi Bau Mulut Saat Bulan Puasa


credit: garudanews.id


Ujwar.com – Bulan puasa memang identik dengan bau mulut. Sebab, kita yang sedang melaksanakan puasa tidak makan dan minum dalam waktu yang lama. Sehingga akan ada pengurangan air liur. Dan itu semua, akan menyebabkan beberapa dampak yang berlari ke mulut kita.

Sering sekali, orang banyak mengeluh karena tidak percaya diri. Ya, bau mulut menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Meskipun sebagian orang lain merasa wajar dengan itu semua, karena memang sedang melaksanakan puasa.

Maka dari itu, saya menuliskan 15 cara agar tidak bau mulut ketika bulan puasa:

1. Menggosok Gigi

Sudah pasti ya. Meski bulan puasa, jangan lupa untuk menggosok gigi. Biasakan menggosok gigi sebelum tidur dan juga sebelum subuh. Hal ini akan sedikit mengurangi bau mulut. Sebab kita telah berupaya mmebersihkannya.

Menyikat gigi sendiri bisa menggunakan berbagai pasta gigi. Nah, kamu bisa memilih pasta gigi terbaik yang bisa memaksimalkan hasil kerjanya.

2. Kumur-kumur

Bagi sebagian orang, menyikat gigi di siang hari ketika bulan puasa sangat dihindari, sebab takut batal karena merasakan manisnya pasta gigi. Atau takut tertelan gara-gara pasta gigi. Tapi kalau kumur-kumur, sepertinya tidak ya?

Kita bisa berkumur-kumur juga di siang hari. Bisa dilakukan saat wudhu. Itu bisa menyegarkan mulut. Dan juga bisa sedikit mengurangi bau mulut. Tentu saja, jangan sampai kamu menelan air kumurnya. Bisa saja mengganggu proses puasa kamu.

3. Hindari Makanan yang Memiliki Bau Khas

Guys, salah satu kelemahan manusia saat berbuka puasa adalah makan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan, apa yang dimakan. Contoh dari makanan yang memiliki bau khas adalah jengkol. Nah, bagi kamu yang tidak mau memiliki bau mulut. Kurangi memakan jengkol. Hal ini akan sedikit mengurangi bau mulut.

4. Gunakan Mouthwash Anti Bakteri

Yups, salah satu cara supaya kita bisa mencegah bau mulut adalah dengan berkumur menggunakan mouthwash yang dipercaya bisa dengan cepat menghilangkan bau mulut. Dan bertahan lama dalam memelihara mulut kita. Mouthwash sendiri terdapat beberapa merk, maka kamu tinggal memilih merk yang kamu percayai untuk digunakan.

5. Bersihkan Lidah

Hal ini juga sangat penting. Membersihkan lidah harus menjadi agenda yang tidak boleh terlewatkan. Sebab, jika terlewat saja, maka akan menambah kesan bau mulut. Membersihkan lidah setidaknya membuat mulut terasa lebih segar dari biasanya. 

6. Mengkonsumsi Teh Hijau

Wah, ternyata, teh hijau memiliki peran aktif dalam mulut kita. Teh hijau memiliki suatu zat yang bisa membantu dalam membersihkan mulut dan juga tenggorokkan dari bakteri. Hal ini bisa mengurangi bau mulut. Konsumsilah teh ini setelah berbuka puasa.

7. Membersihkan Karang Gigi

Berbicara soal gigi, karang gigi bisa menjadi salah satu bagian yang menyebabkan bau mulut. Ya, sisa-sisa makanan yang menempel, dan tidak terbersihkan akan mengeras dan membentuk karang gigi. Tentu saja, karang gigi mengganggu dan membuat tidak percaya diri.

Salah satu cara untuk menghilangkan karang gigi adalah membersihkannya langsung ke dokter gigi. Sebab, karang gigi susah dibersihkan sendiri. Butuh alat dan juga obat untuk bisa melepaskan karang yang menempel di gigi kita.

Sudahkah memeriksa gigi dan membersihkan karang gigi?

8. Jangan Banyak Tidur

Sadarkah kamu, salah satu alasan mengapa terjadi bau mulut adalah kebanyakan tidur. Bayangkan, hari-hari biasa saja, ketika bangun tidur, pasti akan merasakan bau tak sedap. Sama halnya dengan ini. Sudah pasti bulan puasa itu sering bau mulut, ditambah tidur yang berlebihan sejak siang hari.

Usahakan, jangan terlalu banyak tidur. Isilah dengan aktivitas yang bisa mengunggah rasa semangat dan percaya diri kita. Percaya deh, hal itu akan mengurangi bau mulut.

9. Hindari Makanan Lengket

Kamu sering makan permen, cokelat, atau makanan lengket lainnya? Kemungkinan makanan tersebut menempel di mulut sangatlah besar. Ketika makanan itu menempel, kemungkinannya akan membusuk di dalam mulut dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Cobalah untuk menghindari memakan makanan yang susah dibersihkan seperti itu. Sehingga, kemungkinan bau mulut pun akan semakin kecil.

10. Melakukan Pergerakkan

Salah satu hal yang bisa membuat sehat adalah bergerak dan berolahraga. Hal ini menyebabkan sistem dalam tubuh bergerak, tidak pasif. Sehingga akan sedikit menghilangkan bau yang tidak sedap dari dalam mulut.

11. Kumur-kumur dengan Garam

Tadi, saya sempat menuliskan, bahwa cara untuk menghilangkan bau mulut adalah berkumur dengan mouthwash. Nah, berkumur dengan garam adalah salah satu cara lain yang patut dicoba. Garam terkenal sebagai pembunuh bakteri dalam mulut.  Sehingga bisa ikut menjaga.

12. Makan Buah Segar

Salah satu cara untuk membersihkan gigi adalah makan buah segar. Contohnya jeruk, lemon, apel, dan makanan lain. Hal ini akan mencoba membuat mulut lebih segar dan mengikis sisa makanan yang menempel di mulut.

13. Hindari Makanan yang mengandung Gula Tidak Alami

Salah satu indikasi bakteri menempel di dalam mulut adalah gula. Contoh makanan yang mengandung gula berlebih adalah permen, cokelat, eskrim, manisan, dan lain-lain. Boleh memakan itu semua, tetapi jangan berlebihan. Dan usahakan, berkumurlah setelah memakan makanan tersebut.

14. Bersihkan Gigi dengan benang/Tusuk Gigi

Ya, benang gigi berperan penting dalam pembersihan sisa makanan di gigi. Gunakan pula tusuk gigi untuk mengeluarkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

15. Konsumsi Sayuran Segar

Selain buah-buahan, ternyata sayuran juga berperan penting dalam mengurangi bau mulut. Semakin sehat dan bergiji makanan yang dikonsumsi, maka semakin bagus pula kesehatan dalam tubuh kita. Termasuk kesehatan mulut. Cobalah konsumsi secara rutin sayuran selama bulan puasa.

Nah, ituklah 15 cara dalam menghilangkan bau mulut ketika sedang berpuasa. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Cara mengatasi Bau Mulut Saat Bulan Puasa"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.