Kamis, 27 Desember 2018

10 Kuliner Garut yang Lezat dan Rasanya Tak Akan Tergantikan

www.ujwar.com-10 Kuliner Garut Yang Lezat Dan Rasanya Tak akan Tergantikan
anwariz.com


Setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri. Seperti palembang ada mpek-mpeknya, Corebon ada empal gentongnya begitupun Garut. Di Garut banyak jajanan-jajanan yang enak untuk dikonsumsi. 

Berikut 10 kuliner Garut yang lezat  bikin lidah goyang dan rasanya tak akan tergantikan.

1. Nasi Liwet 

Apa ada yang pernah mencoba makan nasi liwet?. Jika sahabat berlibur ke kota Garut jangan lupa dengan kuliner yang satu ini. Sahabat bisa mencari Rumah Makan atau restoran yang ada nasi liwetnya yang rasanya “Uhuy” banget, bisa mampir ke RM. Asep Strawberry atau yang lebih dikenal dengan RM. ASTRO, yang beralamat di Jalan Raya. Kadungora No.245, Leles Garut. Sajian yang sangat lezat, dan nasi liwet ini juga menjadi menu favorit  para wisatawan.
benficaaasempre.blogspot.sg 


2. Sambal Cibiuk

Sambal cibiuk merupakan sambal favorit di Jawa Barat. Karena rasanya yang khas yang membuat sambal ini berbeda dari sambal biasanya. Tampilannya pun sangat mengundang kita untuk mencobanya. Uniknya lagi sambal cibiuk ini dibuat dengan bahan yang berwarna hijau semua. Seperti cabai rawit hijau, tomat hijau dan juga daun kemangi. Apabila jalan-jalan ke kota Garut jangan lupa berkunjung ke RM. Cibiuk untuk mencoba sambal yang satu  ini.
budaya-indonesia.org



3. Soto Ayam Garut

Soto ayam juga merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Garut karena rasa dan tampilannya yang sangat menggoda. Kuah sotonya menggunakan santan kuning karena banyak mengandung rempah-rempah. Selain diberi daging, kuah sotonya juga ditaburi dengan kacang kedelai. Enak disantap saat perut lapar dan cuaca sedang hujan. Bagaimana penasaran untuk mencobanya?

cookpad.com


4. Bakso Mang Ano

Nah, bakso ini menjadi kuliner favorit bagi warga dan para wisatawan. Karena selain bakso uratnya, kuahnya juga sangat lezat ditambah dengan kulit kepala sapi yang empuk, hingga membuat lidak ingin menggoyangnya. Tak perlu takut isi saku habis, harganya sangat terjangkau, hanya dengan mengeluarkan Rp. 15.000,- sahabat bisa makan kuliner yang satu ini.

blog danzper


5. Baso Aci ( Bacil)

Baso aci atau yang kita kenal dengan bacil ini sangat digemari hamper semua orang. Karena rasnaya yang lezat, gurih serta pedas ditambah ceker dan tulang “uh” lezat. Harganya pun sangat murah sehingga dijadikan sebagai makanan favorit.

tribunnews.com


6. Surabi

Surabi merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung beras dan kelapa. Cara memasaknya juga mudah dan unik, yaitu dengan menggunakan arang. Sehingga menimbulkan aroma yang khas.
cookpad.com

7. Es Goyobob

Es goyobod merupakan minuman yang menjadi khas juga bagi para wisatawan. Minuman ini hampir sama dengan es campur. Tetapi yang membedakannya ialah potongan  tepung kanji yang kemudian disatukan dengan es campur. Cocok diminum pada saat siang hari.

resepdanmakanan.com

8. Awug

Awug merupakan makanan tradisional serta makanan ciri khas jawa barat. Terbuat dari tepung beras yang isinya gula merah. Memasaknya yaitu dengan cara dikukus, setelah matang diberi toping kelapa. Sudah terbayang rasanya bagaimana, pasti nikmat. Apalagi disantap ketika masih hangat.
cookpad.com


9. Burayot

Burayot adalah makanan manis sekaligus makanan khas yang dijadikan oleh-oleh yang wajib dibawa oleh para turis / wisatawan asing. Pembuatannya dari tepung beras yang kemudian dilembutkan setelah itu dicampur  dengan gula merah yang sudah dicairkan, dan memasaknya dengan cara digoreng. Burayot memiliki aroma yang khas. Dengan semakin berkembangnya penjualan makanan ini, sehingga sekarang burayot disediakan dengan berbagai macam rasa, ada rasa durian, coklat, kacang ijo, dan yang lainnya.
oleholehdarigarut.blogspot.com


10. Kue Balok Maranti

Kue ini merupakan kue yang dibuat dengan cara dicetak dan dipanggang di atas bara arang. Kue balok ini banyak diminati oleh kaum anak-anak, muda sampai orang tua. Dengan tekstur yang kering diluar dan lembut didalam membuat ketagihan, harganya pun cukup terjangkau.  Kue ini sering disajikan dengan secangkir kopi atau susu. Uhhhh nikmat sekali.
www.jelajahgarut.com



Inilah 10 kuliner yang lezat di Garut, Jawa Barat dan rasanya tak akan tergantikan. Sahabat penasaran, dan tertarik untuk mencicipinya?

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html