Selasa, 08 Januari 2019

9 Hal yang Bisa Dipertimbangkan Saat Membeli Buku

9 Hal yang Bisa Dipertimbangkan Saat Membeli Buku
credit: news.detik.com


Ujwar.com – 9 Hal yang Bisa Dipertimbangkan Saat Membeli Buku

Semakin sini, semakin banyak buku dari penulis Indonesia. Ya, kalau seandainya kita memiliki banyak uang, kita bebas membeli buku apa pun, dan berapa pun.

Pertanyaannya, bagaimana jika seandainya kita hanya memiliki uang untuk membeli satu/dua buku saja? Jelas, ratusan judul buku di toko buku tidak serta merta bisa dibeli. Meskipun ada keinginan untuk memborong. Penyuka buku memang begitu, hal  terbaiknya adalah saat jalan-jalan  di  toko buku.

Untuk mempercepat waktu memilih buku, juga menghindari pusing yang berlarut-larut, ada 9 hal yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih sebuah bacaan. Hal ini jelas bermanfaat untuk kita. Ketika kita lebih terkonsep  dalam membeli buku, maka bacaannya pun akan memberikan kesenangan tersendiri.

Berikut pertimbangan yang bisa dilakukan:

1. Pikirkan, Jenis Buku yang Kamu Sukai

Simpel sebenarnya. Di toko buku, ada beberaa jenis buku. Mulai dari komik, non fiksi, dan fiksi. Ketika kamu tidak mengetahui buku yang disukai, jelas hal tersebut akan menjadi sesuatu yang memusingkan.

Saya suka fiksi. Maka jelas, rak pertama yang akan disinggahi adalah fiksi. Saya tidak akan mencari buku fiksi di rak non fiksi. Kalau semua rak disinggahi, hal itu hanya akan membuang-buang waktu. Masih mending jika kita tidak ada kegiatan lain, kita bisa berlama-lama di toko buku. Kalau sibuk? Ya siap-siap, waktu terbuang percuma.

2. Pikirkan, Buku yang Dibutuhkan

Kita bisa mengesampingkan ‘KESUKAAN’ terhadap jenis bacaan dengan memikirkan kebutuhan. Banyak orang yang datang ke toko buku untuk membeli buku bisnis, tapi setelah di toko buku malah membeli sebarek buku  yang tidak dibutuhkan. Jelas itu merugikan. Selain membuat dompet dobol, juga akan membuat buku tersebut menumpuk.

Apakah kamu salah satu orang yang sering beli buku, tapi dibiarkan menumpuk begitu saja?

Ya, lebih baik kita membeli buku berdasarkan kebutuhan saja.

3. Lihat Judul Buku

Oke, anggap saja kita sudah berada di rak buku kesukaan kita. Misal rak novel. Hal lain yang bisa diperhatikan setelahnya adalah judul. Jika judulnya menarik, kita bisa membeli. Ya, banyak kan, judul yang kelihatannya seru, bisa bikin ngakak, bisa bikin terharu. Semua keseruan itu bisa dibaca, salah satunya dari judul.

4. Lihat Nama Penulisnya

Setiap hari, mungkin akan banyak judul-judul buku baru berdatangan ke toko buku. Dan bersiap-siaplah untuk dilema.

Bingung, beli buku yang mana ya?

Yups, dengan mengincar buku salah satu penulis, kita nggak akan kepusingan dalam memilih buku.

Contohnya: saya dari rumah memang sudah mengincar buku karya Bunda Ary Nilandari, ya sudah, setelah di toko buku, fokus mencari judul buku karya Bunda Ary. Jangan sampai mata ini jelalatan dan tergoda buku lain. Ya, namanya pecinta buku, pasti ada saja buku lain yang menggoda.

Jika kita fokus mencari salah satu karya penulis, maka dijamin, kita akan lebih cepat membeli buku, dan buku pilihan pun kemungkinan akan memuaskan karena memang dibeli berdasarkan persiapan kita.

5. Beli Buku Berdasarkan Blurb/ Sinopsis di Belakang Buku

Ada masa-masa di mana kita tidak memiliki rekomendasi buku. Misal, kita juga sudah bosen dengan karya salah satu penulis. Kita berencana ingin mencari karya dari penulis lain.

Setelah kita mempertimbangkan nama penulis dan judul, maka giliran kita untuk mempertimbangkan belakang cover. Ada tulisan yang bisa menarik perhatian. Semakin penasaran, maka semakin besar kemungkinan buku tersebut seru dan layak dibaca. 

Kadang, banyak buku karya penulis lain yang luput dari perhatian, padahal bukunya keren. Nah, blurb bisa menjadi salah satu pertimbangan.

6. Cover Buku Menarik

Di toko buku, ada berbagai jenis warna cover buku. Cobalah sesekali  kita pilih desain covernya. Apakah menarik, keren? Banyak kok, cover buku keren, isinya juga keren. Tapi sih, bagiku, desain cover menjadi bagian ke sekian. Banyak desain yang kelihatannya simpel, isinya justru keren dan menarik.

Kesimpulannya, untuk pemilihan cover mah berdasarkan selera saja. Namun untuk memperindah koleksi buku-buku di rumah, memilik cover terbaik (menurut kita) jelas bukan hal yang salah.

7. Melihat Nama Penerbit

Penerbit itu ibarat kampus, ibarat nama rumah sakit, semakin bagus nama penerbit itu, semakin dicari. Nah, kita juga bisa membeli buku berdasarkan nama penerbit. Misal, kita ingin buku-buku horor, kita bisa mencari dari salah satu penerbit yang spesialis menerbitkan horor dan memang terbukti, buku-buku terbitannya  mereka bagus.

Bukan berarti buku terbitan penerbit lain nggak bagus, tapi kan,  sebagai calon pembeli, kita memiliki hak untuk mendapatkan kepausan dari buku yang dibeli.

8. Membaca Review Sebelum Beli

Ada kalanya, kita tertarik dalam membeli buku. Namun, kadang kita ragu, apakah tulisan tersebut memang menarik?

Kita bisa baca review orang-orang yang sudah baca. Kalau pengin review yang seimbang antara kelebihan dan kekurangan novel, bisa mencari review dari goodreads, atau mungkin youtube yang berisi reveiw perbandingan.

Ketika kita menemukan review-review keren, jelas akan menambah keyakinan. Setidaknya, kita tidak akan menyesal setelah beli buku tersebut.

9. Membaca Versi  Online

Banyak lho, novel yang terbit berawal dari media online. Salah satu platform terkenal untuk menulis adalah WATTPAD. Mungkin, kamu penasaran dengan salah satu novel yang booming.  Namun kamu tidak terlalu yakin kalau tulisan itu masuk ke dalam seleramu.

Yups, kita bisa baca versi onlinenya terlebih dahulu. Setidaknya, kita mendapatkan garis besar buku tersebut secara keseluruhan. 

Hal ini akan menambah keyakinan kita dalam membeli sebuah novel. Ya meskipun, kadang kala versi online dan cetak dibuat berbeda.

Itulah kawan-kawan, 9 Pertimbangan yang Bisa Dilakukan Dalam Membeli Buku. Jangan lupa membaca hari ini ya 







0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html