Kamis, 03 Januari 2019

Gunung-Gunung di Garut yang Menarik dan Pas untuk Kamu yang Suka Mendaki

Gunung-Gunung di Garut yang Menarik dan Pas untuk Kamu yang Suka Mendaki
https://hobiholiday.com


www.ujwar.com - Gunung-Gunung di Garut yang Menarik dan Pas untuk Kamu yang Suka Mendaki - Garut memang pantas disandang sebagai kota yang amazing, selain terkenal dengan Dodol Garutnya, juga merupakan tempatnya salah satu Gunung terfavorit. Sebenarnya Gunung yang berada di Garut banyak, namun yang paling hits dan terfavorit adalah Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Cikuray.  Kamu tahu kenapa Garut dijuluki Switzerland Van Java?,  Karena daerah ini dikelilingi banyak Gunung, sama seperti di Swiss yang dikelilingi  oleh Gunung Alpen.

Hampir semua Gunung yang ada di Garut selalu menjadi kesukaan para pendaki, dan tidak pernah sepi dari pengunjung, kecuali ketika sedang tutup.  Salah satunya Gunung Papandayan, karena terkenal dengan Tegal Alun dan Hutan Matinya.

Berikut ini beberapa Gunung yang ada di Garut dan cocok untuk kamu kunjungi atau daki, yuk simak:

1.Gunung Guntur

tiny-wandelust.blogspot.com
Pegunungan di daerah Garut memang tidak akan sepi, apalagi pada masa hari libur sekolah. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.229 mdpl ini, menjadi sebuah ikon selamat datang di Kota Garut karena memang letak wilayahnya dekat dengan perbatasan, tepatnya di daerah Sukawangi Tarogong Kaler. Untuk pendakian jangan lupa membawa bekal alat-alat kemping,  seperti tenda, nesting, kompor, matras, sleeping bag, flysheet, senter, power bank karena di sana cukup susah untuk menemukan colokan listrik. Jangan lupa juga membawa snack seperti kwaci, coklat, kacang-kacangan untuk menunda lapar ketika di perjalanan.  Disana terdapat 3 pos, namun pos 3 bukanlah puncak dari Gunung Guntur, untuk mencapai puncak kita harus melewati kemiringan yang lebih berbahaya lagi. Apalagi puncak Gunung Guntur yang tandus dan gersang ini bersuhu panas. Dan di daerah ini juga dilarang untuk mendirikan tenda karena beberapa alas an, salah satunya bahaya petir.

Pada umumnya tiket masuk pada hari libur, minggu, atau hari biasa berbeda tarifnya. Dan bisa berubah sewaktu-waktu. Saat weekday harga tiket masuk Rp.10.000. Namun, ada baiknya mengkonfirmasi harga lewat call centernya dibawah.



2. Gunung Papandayan

digarut.com
Wisata alam Gunung Papandayan merupakan tempat wisata favorit, dan mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang suka hiking dan camping. Gunung Papandayan berada pada ketinggiaan kurang lebih 2666 meter di atas permukaan laut.  Wisata alam Gunung Papandayan merupakan salahsatu objek wisata alam yang terletak di Desa Sirnajaya dan Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Usut punya usut ternyata sekarang dikelola oleh perusahaan swasta yaitu PT. Asri Indah Lestari.

Banyak perubahan yang telah terjadi, mulai dari pintu gebang utama yang berpindah ke area dekat parkiran, area parkir menjadi lebih luas, bahkan biaya parkir dan tiket masuk jadi bertambah. Di wisata alam ini, kita bisa menikmati berbagai pemandangan yang sangat indah. Terdapat beberapa daya tarik di Gunung ini, misalnya:



Hutan Mati

www.idntimes.com
Hutan Mati yang indahnya misterius  diapit oleh hijaunya pepohonan di sekitar perbukitan. Jika melihat sekilas, Hutan Mati terkesan menyeramkan. Jelas, karena hanya tampak batang-batang pohon seperti sisa pembakaran.



Menara Pandang

www.hoteldiindonesia.com
Fasilitas ini dahulu ada di sebelahselatan  area parkiran, dan tidak sembarang orang bisa menikmati fasilitas ini. Sekarang sudah di pindahkan ke sebelah utara area parkir dan bisa dinikmati oleh siapa saja secara gratis.



Pondok Saladah

www.ripadvisor.co.id
Pondok Saladah diambil dari kata pondok dan saladah. Pondok yang berarti mondok dalam bahasa sunda yang artinya menginap, dan saladah yang berarti lalapan, karena dahulunya di kawasan ini terhampar luas tumbuhan saladah. Di kawasan ini Juga terdapat tumbuhan bunga Edelwis. Ketika musim libur di tempat ini akan terlihat banyak berdiri tenda-tenda para wisatawan. 



Tegal Alun

https://akuomk.com
Tegal Alun merupakan puncak dari Gunung Papandayan, dengan udara yang dingin, sejuk dan sedikit berkabut menjadikan  kepuasan tersendiri bagi setiap pendaki baik yang masih pemula maupun yang sudah terbiasa mendaki gunung. Di kawasan ini terdapapat hamparan bunga Edelwis, bunga yang dijuluki bunga keabadian, dan  bernama latin Anaphalis javanica ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.



Kolam renang

https://rianbudima.wordpress.com
Kolam Renang ini  terbilang kolam air panas yang unik, karena di dalamnrya terkandung     belerang, air panas bersumber dari mata air panas perut bumi, yang kemudian dijadikan kolam oleh pengelola. Selain mersakan panas, kita juga merasakan sensasi dingin karena berada di ketinggian 2065 mdpl.



3. Gunung Cikuray

https://www.cikasur.com
Gunung ini terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini termasuk ke dalam gunung yang terkenal di kabupaten Garut. Gunung ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, cocok untuk anda jadikan destinasi wisata dan anda yang ingin mendaki. Dengan ketinggian mencapai 3000 meter atau kurang lebih 2818 mdpl membuat Gunung ini menyandang Gunung tertinggi di Garut. Dan berada dalam jajaran Gunung tertinggi di Jawa Barat, Gunung Cikuray merupakan Gunung favorit Jabodetabek.

Nah, itulah Gunung-Gunung di Garut yang menarik dan cocok untuk kamu yang suka mendaki!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html