Selasa, 08 Januari 2019

Mengupas Misteri Leuweung Sancang Garut, Bikin Merinding


Mengupas Misteri Leuweung Sancang Garut, Bikin Merinding
takiyajoe.blogspot.com
www.ujwar.com - Mengupas Misteri Leuweung sancang Garut, Bikin Merinding - Leuweung Sancang sendiri berlokasi di kampung Sancang, Desa Cibalong, Kecamatan Bungbulang, kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Leuweung merupakan bahasa sunda yang berarti Hutan. Leuweung Sancang memiliki legenda yang erat kaitannya dengan Prabu Siliwangi, Prabu Siliwangi merupakan salah satu raja di kerajaan Padjajaran pada tempo dulu. Kawasan ini di selimuti pohon-pohon lebat dan besar, hewan-hewan liar pun masih bisa kita jumpai di tempat ini, bahkan kita bisa melihat owa jawa yang kini berada pada ambang kepunahan. Menurut legenda Leuwung Sancang ini merupakan tempat hilangnya Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi saat dikejar oleh anaknya yaitu Prabu Kiansantang untuk mengajak ayahnya memeluk agama islam. Sebelum menghilang Prabu Siliwangi berudah menjadi harimau tanpa belang sedangkan prajuritnya berubah menjadi harimau biasa yang kini disebut Lodaya Sancang. 

alamsancang.wordpress.com
Singkat ceritannya, sebutlah Raden Kiansantang yang lahir pada tahun 1513, ia dikenal sebagai seorang pemuda yang cakap. Tidak heran di usianya yang masih muda Raden Kiansantang diangkat Dalem Bogor kedua, sebuah gelar penguasa Bogor setingkat dengan kadipaten. Raden Kiansantang terkenal dengan kesaktiannya, ia tak dapat dilukai oleh senjata apapun, tubuhnya kebal. Dalam pengembaranaanya menelusuri tanah pasundan ia belum pernah menemui siapapun yang dapat melukainya, padahal ia ingin sekali melihat darahnya mengalir. kemudian ia meminta kepada ayahnya untuk dicarikan lawan, Ayahnya pun mengabulkan permintaannya, Prabu Siliwangi meminta bantuan kepada ahli nujum untuk mencarikan dimana dan siapa yang mampu mengalahkan putranya. Dalam keheningan, munculah seorang kakek yang memberitahu bahwa ada tandingan yang gagah dan orang itu bisa ditemukan di Tanah Suci Mekkah, namanya Ali. Merasa tertantang Raden Kiansantang ingin bertemu dengan orang tersebut, namun sang Kakek memberikan dua syarat yaitu Raden Kiansantang harus bersedia bersemedi di Ujung kulon (Ujung Barat) Pasundan, dan merubah namanya menjadi Galantrang Setra. 

panduanwisata.id
Setelah ia menerima dan mampu menjalankan kedua persyaratan tersebut, ia langsung pergi ke Tanah Suci Mekkah untuk mencari orang yang bernama Ali tersebut. Sesampainya di kota Mekkah ia bertemu dengan seorang pria yang akan mengantarnya bertemu dengan Ali. Namun, pria tersebut mengajukan sebuah syarat jika ia ingin bertemu dengan Ali, Raden kiansantang harus mampu mencabut tongkat yang ditancapkan di Pasir oleh pria tersebut. Tapi, apa yang terjadi? Raden Kiansantang tidak mampu mencabut tongkat itu walaupun ia telah mengerahkan segala kesaktiannya bahkan ia sampai mengeluarkan keringat Darah. Melihat Raden Kiansantang, maka pria itu menhampiri tongkatnya sambil membaca Bismillah, tongkat itu dengan mudah bisa dicabut. Raden Kiansantang heran kenapa tongkat itu bisa dicabutnya dengan begitu mudah sedang ia yang susah payah sampai mengeluarkan kesaktiaanya hingga mengeluarakn keringat darah tak mampu untuk mencabut tongkat itu. Singkatnya, akhirnya Raden Kiansantang memluk agama islam dan beberapa bulan menetap disana untuk mempelajari agama islam. Ia berniat kembali ke Padjajaran untuk membujuk ayahnya sama-sama memeluk agama islam. Sesampainya di Padjajaran ia lansung menghadap ayahnya, lalu menceritakan pengalamannya selama di Mekkah sampai ia memeluk agama islam, karena ia berharap bahwa ayahnya pun mau memluk agama islam. Namun, keinginanya tidak disambut baik oleh ayahnya dan tetap bersikeras untuk memeluk agama Hindu yang ia anut sejak dulu.

Betapa kecewa Raden Kiansantang dengan keputusan ayahnya, sampai-sampai ia pun akan kembali lagi ke Mekkah untuk mendalami agama islam lebih jauh. Dengan harapan, semakin pintar ia dalam berdakwah maka ayahnya pun akan terbujuk memeluk agama islam. Setelah 7 tahun di kota Mekkah ia pun berniat unruk kembali lagi ke padjajaran. Ketika ayahnya mendengar bahwa, Raden Kiansantang akan pulang lagi ke Padjajaran ia lansung mengubah  keratonnya menjadi hutan rimba, agar Raden Kiansantang tidak menemukan kerajaan. Betapa kagetnya Raden Kiansantang menenmukan keraton berubah menjadi Hutan Rimba, ia yakin bahwa disini adalah keraton. Setelah ia mencara kesana kemari, ia menemukan ayah dan pengawalnya keluar dari Hutan. 

www.youtube.com
Dengan nada hormat ia berkata pada ayahnya, “ wahai ayahanda mengapa ayahanda tinggal di Hutan? Bukankah ayahanda ini seorang Raja? Apakah pantas seorang Raja tinggal di Hutan?”. Ayahnya menjawab, “wahai Ananda lantas apakah yang pantas tinggal di Hutan?”. Ia menjawab, “yang pantas tinggal di Hutan adalah Harimau”. Konon katanya, Prabu Siliwangi dan para pengawalnya tiba-tiba berubah  menjadi Harimau, Raden Kiansantang menyesal telah mengucapkan kata-kata tersebut. Walaupun ayahnya telah berubah menjadi Harimau Raden Kiansantang tidak berhenti membujuk ayahnya untuk memeluk agama islam. Namun, saying Harimau-Harimau itu tidak mau dan malah lari ke daerah Selatan dan masuk ke Goa yang kini dikenal dengan Goa Sancang yang terletak di Leuweung Sancang Kabupaten Garut. 
takiyajoe.blogspot.com

Menurut cerita para harimau tersebut bersemayam di kayu Kaboa, yang terkenal di dunia ilmu ghaib. Menurut para sesepuh Kaboa ini ada beberapa jenis yaitu: Kaboa Munding (berada di belantara Hutan Sancang), Kaboa Siliwangi (berada di tengah Hutan Sancang). 

rizmaamalia.wordpress.com

Itulah, kira-kira misteri yang tersimpan di Leuweung Sancang, mengenai benar atau tidaknya cerita tersebut hanya Tuhan yang tahu. 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html