Kamis, 31 Januari 2019

Susah Tidur Pada Malam Hari? Berikut 17 Cara Mengatasinya, Tanpa Bantuan Obat Tidur

Susah Tidur Pada Malam Hari? Berikut 17 Cara Mengatasinya, Tanpa Bantuan Obat Tidur
www.bestheathmag.com
www.ujwar.com - Susah Tidur Pada Malam Hari? Berikut 17 Cara Mengatasinya, Tanpa Bantuan Obat Tidur - susah tidur pada malam hari atau yang sering kita sebut insomnia merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu, karena akan mengganggu aktifitas kita pada siang harinya. Tidur adalah hal penting yang harus dilakukan untuk mengembalikan atau memperbaiki sel-sel yang rusak dan menjadikan tubuh pulih kembali. Menurut penyebabnya insomnia dibedakan menjadi dua yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder, sedangkan menurut lama terjadinya dibedakan dua yaitu insomnia akut dan insomnia kronis. Kurang tidur dapat menyebabkan fungsi tubuh menurun, mulai dari konsentrasi yang rendah serta daya tahan tubuh melemah. Banyak orang yang ingin mengatasi masalah yang satu ini, berikut 17 cara mengatasi masalah tersebut, yuk simak:


1. Terapkan Jam Tidur yang Teratur

www.yukepo.com

Menjaga waktu tidur dan bangun secara teratur setidaknya merupakan salah satu solusi untuk penderita insomnia. Ketika anda merasa lelah jangan sekali-kali tidur lebih awal, anda harus konsisten dengan waktu tidur dan bangun yang telah dibuat. Ini merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi masalah insomnia anda.


2. Meditasi
mastersalam.com

Untuk cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan melakukan meditasi, meditasi bukan pengobatan standar insomnia tapi meditasi mampu mengistirahatkan otak dari kepenatan setelah seharian. 


3. Rutin Olahraga
hellosehat.com

Dengan rutin berolahraga akan melepaskan kortisol yang menjadi penyebab terganggunya pola tidur. Anda dapat melakukan olahraga setiap pagi seperti berjalan, peregangan atau yoga. Jika anda memilih olahraga pada malam hari, usahakan olahraga tersebut dilakukan 3 jam sebelum tidur. 


4. Mengonsumsi Pisang
okezone.com

Bahan alami yang dapat mengatasi insomnia adalah mengonsumsi buah pisang. Buah pisang mengandung potasium, magnesium, triftopan, serta vitamin yang berfungsi untuk mengatur fungsi otak dan tubuh. Mengkonsumsi pisang dapat memproduksi hormon seperti melatonin serta serotin yang bermanfaat untuk membantu tubuh agar cepat terlelap.


5. Mandi Air Hangat
jatenglive.com

Anda tidak akan bisa tidur nyenyak dan enak, apabila tubuh dalam keadaan tidak bersih. pastikan tubuh anda sudah bersih ketika akan tidur dan mandilah menggunakan air hangat, karena air hangat yang mengenai tubuh akan membuat tubuh menjadi rileks. Dengan keadaan tubuh yang rileks akan membuat tidur pulas.


6. Singkirkan Ponsel atau Gadget Menjelang Tidur
job-like.com

Bagi anda yang mempunyai masalah sulit tidur sebaiknya menjauhkan diri dari gadget terutama menjelang tidur, karena bermain gadget saat menjelang tidur akan membuat  otak tetap aktif yang pada akhirnya tubuh anda akan merespon untuk tidak bisa tidur. Pastikan ketika anda sudah berada di tempat tidur, gadget anda berada di luar jangkauan. Karena gadget yang berada dekat akan membuat anda mudah terkena insomnia. 


7. Matikan Lampu Kamar
loop.co.id

Faktor kenyamanan menjadi hal terpenting yang harus didapatkan oleh para penderita insomnia. Anda bisa mendapatkan rasa nyaman salah satunya dari suasana kamar yang tentram. Karena tidur dalam keadaan lampu menyala akan membuat mata tetap aktif dan otak pun akan merespon bahwa ini siang hari. Jadi untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik maka cobalah tidur dalam keadaan lampu kamar dimatikan. 


8. Konsumsi Susu Hangat
kompas.co

Setelah anda mandi menggunakan air hangat, cobalah mengkonsumsi susu hangat. Karena rasa hangat yang masuk ke dalam perut akan membuat tubuh terasa nyaman. Sehingga akan mempermudah proses tidur serta tidur nyenyak.


9. Turunkan Suhu Otak
obatradangotak.com



Berdasarkan lansiran Majalah Time, penderita insomnia mempuynyai lobus prontal yang terlalu aktif, ini m,erupakan bagian otak yang terkait dengan pembelajaran serta perilaku. Sebab otak yang aktif membuat tubuh menjadi sulit tidur. Selain mematikan lampu kamar, anda juga bisa menggunakan penutup mata tidur. Cara ini dinilai cukup efektif untuk menurunkan suhu otak anda dan membuat tidur anda lebuih lelap.


10. Lakukan Hitung Mundur
id.carousell.com

Cara yang satu ini tidak menghitung angka dari yang terkecil ke besar, melainkan menhitung mundur dimulai dari angka 60. Caranya cukup mudah, anda cukup tatap langit-langit kamar kemudian mulailah menghitung mundur. Menurut sebuah penelitian, bahwa menatap ke atas atau ke langit-langit dapat merangsang sistem saraf parasimpatis. Sistem saraf ini akan membuat tekanan darah menurun serta pernapasan melambat. Kondisi inilah yang akan menenangkan pikiran serta akan tidur lebih cepat. 

11. Belajar Atur Pernapasan
Supaya dapat membuat tubuh rileks salah satu cara yang efektif adalah dengan mengatur pernapasan. Lakukanlah mulai dari tarik napas lewat hidung lalu keluarkan lewat mulut, lakukan secara berpola jangan terburu-buru, karena napas yang terburu-buru akan membuat anda jauh dari kata nyaman. Dalam keadaan napas yang tenang akan memperlambat detak jantung, saat jantung berdetak dengan tenang serta teratur seluruh tubuh akan merespon dengan baik dan memunculkan rasa nyaman, nah, pada kondisi nyaman inilah anda dapat memiliki tidur yang nyenyak.


12. Baca Al-Quran
www.inspirdata.com

Bagi anda yang beragama islam, membaca Al-Quran dapat menjadi obat tidur yang mujarab. Selain mendapatkan pahala, membaca Al-Quran juga dapat menenangkan pikiran andayang gundah. Anda bisa mengambil air wudu kemudian membaca Al-Quran seperti membaca ayat kursi, Al-ikhlas, Al-falaq, An-nas, serta al-fatihah, jika memungkinkan anda bisa menyempatkan berdzikir, setelah itu membaca doa.

13. Lakukan Latihan Mental
Latihan mental yang dimaksud pada poin yang satu ini bukanlah seperti latihan mental yang dilakukan dikalangan militer. Anda hanya cukup membayangkan atau pikirkan satu warna yang muncul dari beberapa warna utama. Latihan ini akan membantu anda memfokuskan serta mengalihkan pikiran-pikiran yang menghantui satu hari ini. 

14. Kurangi Meminum Minuman yang Mengandung Kafein atau Alkohol
Usahakan jangan terlalu banyak mengkonsumsi minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi juga teh, karena minuman tersebut akan membuat anda terjaga serta mengurangi kualitas tidur. Anda bisa mencoba minum minuman hangat yang mengandung susu atau teh herbal.

15. Usahakan Tubuh Dalam Keadaan Rileks Saat akan Tidur
Lakukanlah aktifitas yang akan membuat tubuh dan piukiran anda rileks seperi mendengarkan music yang menenangkan, melakukan yoga yang lembue, serta mandi menggunakan air hangat.

16. Konsumsi Makanan Bernutrisi
Pastikan anda selalu memakan makanan bernutsisi setiap harimya seperti pisang, kacang almond, telur rebus, teh hijau, serta oatmeal. Makanan tersebut selain meningkatkan nutrisi tubuh, juga bermanfaat untuk menjaga tidur anda selalu nyenyak.

17. Ciptakan Suasana Nyaman Pada Kamar Tidur
Usahakan untuk selalu merapikan tempat tidur serta pastikan tempat senyaman mungkin. Setelah itu anda bisa nyalakan aroma terapi serta semprotkan farpum.

Itulah 17 hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah insomnia anda. Terima kasih telah membaca potingan ini, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html