Senin, 11 Februari 2019

13 Museum ini Bisa Jadi Referensi Wisata Liburan Anda Saat Berada di Bandung Lho!

13 Museum ini Bisa Jadi Referensi Wisata Liburan Anda Saat Berada di Bandung Lho!
katalog tempat wisata dan liburan

www.ujwar.com - 13 Museum ini Bisa Jadi Referensi Wisata Liburan Anda Saat Berada di Bandung Lho! - Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat dan terkenal sebagai salah satu tujuan destinasi wisata favorit keluarga. Tidak hanya kaya akan wisata alam dan kulinernya saja, bandung juga memiliki berbagai museum yang nggak kalah menyenangkan untuk tujuan wisata dan liburan, yang  tentunya akan menambah wawasan pengetahuan  anda. Berikut 13 museum yang dapat anda jadikan sebagai referensi, yuk simak:

1. Museum Mandala Wangsit siliwangi 

tempat wisata di Bandung

Museum Mandala Wangsit Siliwangi berlokasi di Jl. Lembong No.38, Braga, Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat. Museum Mandala Wangsit Siliwangi dapat dijadikan sebagai salah satu sarana mendalami sejarah. Di museum ini terdapat koleksi sisa-sisa perjuangan tentara di masa penjajahan berupa senjata tradisional seperti kujang , pedang, keris, golok, pedang bamboo, panah, serta berbagai jenis senjata, bahkan berbagai jenis kendaraan militer. Museum Mandala Wangsit Siliwangi buka setiap hari senin - jumat, tiket masuk ke tempat ini gratis. 

2. Museum Barli

pariwisatabandung

Museum Barli berlokasi di Jl. Frof Ir. Sutami No.91, Sukasari, Sukarasa, Sukasari, Bandung, Jawa Barat. Museum Barli merupakan museum yang didedikasikan untuk seorang pelukis yaitu Barli Sasmita. Berbagai karya Barli yang dipamerkan di museum ini terdiri dari beberapa aliran yaitu aliran realisme, ekspresionisme, serta impresionisme. Untuk saat ini museum barli telah menjadi salah satu pusat perkembangan seni rupa modern di Indonesia. Museum Barli buka setiap hari, tiket masuk tempat ini Rp. 10.000 untuk anak sekolah dan Rp. 15.000 untuk orang dewasa. 

3. Museum  Geologi

katalog tempat wisata dan liburan

Museum Geologi berlokasi di Jl. Diponegoro No. 57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat. Museum Geologi merupakan tempat dimana para pengunjung dapat menyaksikan koleksi fosil, bebatuan mineral, berbagai reflika fosil hewan purba, serta peta (geoloogi, geofisika, gunung api, geomorfologi, serta sejenisnya). Museum geologi sangat cocok untuk destinasi edukasi anak-anak. Museum ini buka setiap hari, tiket masuk Rp. 2000 untuk pelajar dan mahasiswa, Rp. 3000 untuk wisatawan Domestik, dan Rp. 10.000 untuk wisatawan asing. 

4. Museum konferensi Asia Afrika

kemilu

Museum Asia afrika berlokasi di Jl. Asia Afrika No. 65 Braga, Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat. Museum yang satu ini bisa menjadi salah satu destinasi utuk mengetahui sejarah Indonesia. Di museum ini terdapat koleksi dokumen rahasia, foto-foto dokumen peristiwa pertemuan Tugu, Konferensi Kombo, Konferensi Bogo, serta Konferensi Asia Afrika. Museum ini buka setiap hari, dan untuk tiket masuknya gratis. 

5. Museum Gedung Sate

museumgedugsate.org

Museum gedung sate berlokasi di Jl. Diponegoro No. 22, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat. Gedung sate merupakan ikon kota Bandung, gedung ini juga menjadi destinasi wisata museum di kota Bandung. Di  museum ini terdapat berbagai alat peraga teknologi terbaru. Museum gedung sate buka setiap hari selasa – minggu, tiket masuk Rp. 5000.

6. Museum Sri Baduga

Dolan Yok

Museum Sri Baduga berlokasi di Jl. BKR No. 185, Pelindung Hewan, Astaanyar, Bandung, Jawa Barat. Museum sri baduga merupakan museum yang memiliki koleksi geologi, etnoafrika, arkeologi, biologi, sejarah, numismatika, heraldika, keramikologika, filologika, seni rupa, serta teknologika. Museum ini buka setiap hari selasa – minggu, tiket masuk untuk anak-anak Rp. 2000, untuk dewasa Rp. 3000. 

7. Museum Kereta Api Ambarawa

1001 Indonesia

Museum Kereta Api Ambarawa berlokasi di Jl. Stasiun No. 01, Panjang, Ambarawa, Semarang, Bandung, Jawa Barat. Museum Kereta Api Ambarawa merupakan museum yang dahulunya adalah sebuah stasiun kereta api kuno. Di museum ini pengunjung dapat merasakan suasana stasiun tempo dulu serta berwisata menaiki kereta api kuno. Museum Kereta Api Ambarawa buka setiap hari, tiket masuk Rp. 5000 untuk anak-anak, Rp. 10.000 untuk dewasa. 

8. Museum Wolff Schoemaker

wisatasekolah.com

Museum Wolff Schoemaker berlokasi di Hotel Prama Grand Preanger Bandung, Jl. Asia Afrika No. 81, Bandung, Jawa Barat. Museum ini merupakan museum yang didedikasikan untuk seorang arsitek colonial bergaya art deco yaitu Charles Prosper Wolff Schoemaker. Museum ini memamekarkan karya-karya Wolff Schoemaker di nusantara yang dibangun rata-rata pada masa kolonial. Museum ini buka setiap hari dan dengan tiket masuk gratis. 

9. Museum Mainan Zero Toys

asianbeat.com

Museum Mainan Zero Toys berlokasi di Jl. Sunda No. 39, Pisang, Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat. Museum Mainan Zero Toys merupakan museum dimana pengunjung dapat menyaksikan koleksi mainan pada tahun 1980-an seperti  robot Voltus V, Starwars, Ghostbusters, Unicorn Gundam Attack Mode, Vintage Kenner Starwash, Banksky Diorama, dan lainnya. Bahkan di museum ini terdapat koleksi mainan jadul, poster karakter mainan, serta sony betamax yang terkenal pada zamannya. Museum ini buka setiap hari dengan tiket masuk gratis. 

10. Museum Puspa IPTEK

STUDENT

Museum Puspa IPTEK berlokasi di kota Baru Parahyangan, Jl. Raya Padalarang No. 427, Kertajaya, Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Museum yang satu ini merupakan salah satu museum edukasi yang sangat baik. Museum ini juga menawarkan permainan IPTEK yang edukatif serta interaktif untuk semua usia. Oleh museum rekor Indonesia, Museum Puspa IPTEK menjadi salah satu museum yang sangat unik dengan bangunan berbentuk jam matahari terbesar di Indonesia.  Museum Puspa IPTEK buka setiap hari dengan harga tiket masuk Rp. 12.000. 

11. Museum Pendidikan Nasional

UPI

Museum Pendidikan Nasional berlokasi di Jl. Dr. Setiabudhi No. 299, Isola, Sukasari, Bandung, Jawa Barat. Museum Pendidikan Nasional merupakan museum yang di bangun atas tanggung jawab UPI sebagai salah satu perguruan tinggi dalam  ikut serta melestarikan warisan budaya, yang khususnya pada bidang pendidikan. Di museum ini menyimpan rekaman jejak pendidikan nasional, juga tempat konservasi, edukasi, dan riset. Museum pendidikan nasional buka setiap hari senin-jumat, dengan tiket masuk Rp. 5000 perorang. 

12. Museum Pos Indonesia

Indonesiakaya.com

Museum Pos Indonesia berlokasi di Jl. Cilaki No.73, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat. Museum Pos Indonesia merupakan museum pos yang memiliki koleksi benda-benda pos seperti perangko dari dalam dan luar negeri, juga terdapat sepeda-sepeda yang dahulunya digunakan untuk mengirim surat-surat. Di museum ini juga pengunjung dapat melihat koleksi surat emas dari raja-raja nusantara kepada komandan dan jenderal Belanda. Museum pos Indonesia buka setiap hari senin-sabtu dengan tiket masuk gratis. 

13. Museum Selasar Soenaryo

aboutbdg.com

Museum selasar soenaryo merupakan museum yang terbuka untuk umum, dan dibuka setiap hari. Perlu diingat, di museum ini ada beberapa peraturan yang di berlakukan, seperti tidak boleh menyentuh karya seni, fotografi dan video recording, membawa makanan dan minuman dari luar, serta dilarang merokok.

Itulah 13 museum yang ada di kota bandung, anda bisa menjadikan salah satunya sebagai destinasi wisata museum. Terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html