Sabtu, 02 Februari 2019

15 Manfaat Buah Salak Bagi kesehatan Tubuh

15 Manfaat Buah Salak Bagi kesehatan Tubuh
Tribun Batam - Tribunnews.com
www.ujwar.com - 15 Manfaat Buah Salak Bagi kesehatan Tubuh - Siapa sih yang tidak kenal dengan buah salak? Buah yang batangnya mirip dengan batang sawit. Salak merupakan buah yang memiliki banyak bahkan sangat banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Salacca zalacca adalah nama latin untuk buah salak. Buah salak mempunyai warna kulit hitam kecoklatan serta bersisik tajam. Tetapi dagingnya berwarna putih, dan mempunyai banyak nutrisi yang sangat tinggi.

Buah salak memiliki banyak sekali kandungan gizi, diantaranya, karbohidrat, energi, protein, zat besi, kalsium, fospor, lemak, vitamin C, beberapa gram vitamin B dan mineral, serta serat. Rasa yang terkandung dalam buah salak yaitu manis, tetapi ada juga yang manis campur dengan asam. Tetapi buah salak tetap saja enak untuk dinikmati.

Karena buah salak mengandung kandungan gizi yang tinggi, makanya tidak heran kalau buah ini suka dijadikan sebagai bahan dasar sirup, manisan, dan sebagainya. Selain dagingnya, ternyata kulit dari buah salak pun memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja sih manfaat dari buah salak yang bisa kita dapat? Yuk disimak, berikut adalah 15 manfaat yang dapat kita peroleh dari buah salak.

1. Untuk Kesehatan Mata

Manfaat atau khasiat yang pertama dari buah salak adalah untuk kesehatan mata. Kandungan betakaroten pada buah salak mampu menjaga kesehatan mata kita. Bahkan kandungan betakaroten dari buah salak jauh lebih besar 5,5 kali dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari buah semangka, tomat, dan wortel. Apabila kita kurang atau tidak menyukai wortel kita bisa menggantinya dengan buah salak untuk menjaga kesehatan mata kita. Karena buah salak didukung dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Pandangan kita akan jauh lebih tajam dan terhindar dari penyakit mata seperti rabun dekat dan rabun jauh. Untuk kamu yang suka beraktivitas di depan komputer, atau sering terkena layar HP, disarankan untuk mengonsumsi buah salak agar kesehatan mata tetap terjaga.

2. Untuk Obat Diare

Buah salak ternyata bisa juga untuk mengobati diare. Kandungan serat pada buah salak yang tinggi mampu membantu untuk menyembuhkan diare. Sudah terbukti bahwa buah salak mampu meredakan diare, bahkan senyawa yang terkandung pada buah salak mampu mengusir bakteri penyebab diare, sehingga sakitnya dapat dihentikan. Untuk itu, apabila kita terserang diare, usahakan untuk mengonsumsi buah salak. Guna untuk mengurangi diare yang sedang dialami.

3. Untuk Diet

Sudah tahu belum, bahwa buah salak ternyata bisa membantu dalam proses diet? Kandungan fito nutrient pada buah salak sangat bermanfaat untuk yang sedang menjalankan proses diet. Selain itu kandungan vitamin C sebanyak 2mg mampu memperlancar pencernaan kita. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli  makanan mahal dan mewah untuk diet, apalagi obat-obatan kimia. Cukup dengan mengonsumsi buah salak dan memasukannya ke dalam daftar menu makanan sehat. Kita dapat menjalankan program diet secara aman dan tidak menguras dompet.

4. Untuk Mencegah Kanker

Salah satu manfaat dari buah salak adalah dapat mencegah penyakit kanker. Yang kita kenal, kanker merupakan penyakit yang berbahaya. Ternyata buah salak yang kaya akan antioksidan ini mampu mencegah bertumbuhnya sel kanker penyebab kanker. Kulit ari dari buah salak pun dapat membantu memperbaiki sel yang rusak. Perlu diketahui bahwa penyakit kanker disebabkan oleh adanya kerusakan pada sel tubuh. Maka dari itu, jika kita mengonsumsi buah salak tidak perlu membuang kulit arinya. Karena kulit arinya tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh.

5. Untuk Pencernaan

Banyak yang bilang bahwa dengan mengonsumsi buah salak dapat menyebabkan susah BAB.  Namun trenyata, kulit ari pada buah salak mampu melancarkan pencernaan, sehingga tidak akan susah BAB.  Selain rasanya enak, buah salak juga ternyata mudah dicerna oleh pencernaan. Dengan begitu, kita dapat terbantu kesehatan dan kelancaran pencernaan, serta kita tidak akan merasakan penyakit seperti kesulitan BAB.

6. Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat selanjutnya dari buah salak adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada buah salak dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyebab penyakit. Kandungan serat dan mineral pada buah salak sudah terbukti, terutama kandungan vitamin C-nya yang sangat kita butuhkan untuk memperkuat kekebalan tubuh terhadap serangan virus penyakit.

7. Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Percaya atau tidak, ternyata buah salak mampu meningkatkan kecerdasan otak. Berdasarkan hasil dari penelitian, bahwa buah salak mampu meningkatkan kecerdasan otak dengan membawa kandungan potassium dan pektin, yang mampu memberi nutrisi pada saraf otak dan memperlancar aliran darah menuju otak. Tidak hanya dilatih, otak juga perlu diberi asupan gizi dengan apa yang kita konsumsi. Maka dari itu mulailah mengonusmsi buah salak, agar tingkat kecerdasan kita meningkat.

8. Untuk Menjaga Stamina

Kandungan kalsium yang terdapat pada buah salak ternyata mampu menjaga stamina tubuh kita. Sehingga tubuh kita akan terlihat tetap prima dan siap untuk melakukan segala aktivitas. Manfaat dari buah salak yaitu dapat menjaga tubuh agar tetap fit dan tidak mudah lelah. Buah salak cocok dikonsumsi untuk yang berprofesi kerja  cukup berat, atau aktivitas diluar kerja yang padat.

9. Untuk Mengatasi Anemia

Manfaat lainnya dari buah salak yaitu dapat mengatasi penyakit anemia. Kandungan zat besi dan tiamin pada buah salak yang sangat baik dapat membantu kesehatan ibu hamil. Kandunga zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Sel darah merah yang tinggi sangat dibutuhkan ibu hamil, guna untuk menyumbang oksigen lewat plasenta dan janin. Karena apabila kekurangan oksigen akan membahayakan nyawa janin dan ibu hamil.

10. Sebagai Agen Antioksidan

Kita pasti sudah tahu bahwa kandungan antioksidan sangat bermanfaat untuk tubuh. Buah salak menjadi salah satu yang menjadi antioksidan. Antioksidan sendiri bermanfaat untuk mencegah radikal bebas, sehingga kita dapat tercegah dari serangan penyakit. Tidak hanya itu, senyawa alami pada buah salak juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit jantung, kanker, pada janin atau pun ibu hamil.

11. Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil, terutama yang hamil muda yang mengalami morning sickness disarankan untuk mengonsumsi buah yang sehat seperti buah salak. Buah salak dapat mmeberikan nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Mengonsumsi buah salak bagi ibu hamil tidak akan menimbulkan efek apapun. Rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil pun dapat diatasi dengan buah salak. Tetapi jangan terlalu berlebihan, tetap harus disertai dengan makanan yang mengandung protein seperti kacang-kacangan.

12. Untuk Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang dapat dijaga dengan buah salak. Karena kandungan kallsium yang terdapat dalam buah salak mampu menjaga agar tulang tetap sehat. Khusus bagi ibu hamil, buah salak dapat membantu membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Tidak hanya itu, kallsium juga dibutuhkan ibu hamil untuk mempersiapkan tubuh dalam kelahiran.  Buah salak bermanfaat bagi ibu hamil untuk menyumbang kecukupan kallsium harian. Buah salak juga membantu ibu hamil agar memiliki stamina yang kuat dan sehat.

13. Untuk Membantu System Memory Pada Janin

Yang selanjutnya, manfaat buah salak adalah untuk membentuk kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Dalam buah salak terdapat kandungan pektin yang sangat efektif untuk membangun system kecerdasan pada janin. Hal ini dikarenakan kandungan pektin yang membantu system kecerdasan pada janin dari buah salak.

14. Untuk Mengatasi Gangguan Asam Lambung

Apabila sedang terjadi asam lambung, konsumsilah buah salak. Buah salak dipercaya berkhasiat untuk mengobati asam lambung. Buah salak akan mengurangi rasa mual dan membuat pencernaan menjadi normal kembali. Maka dari itu, untuk ibu hamil yang sering mual-mual, terutama ibu hamil muda disarankan untuk mengonsumsi buah salak.

15. Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat atau khasiat yang terakhir dari buah salak adalah mampu menjaga jantung agar tetap sehat. Kandungan kallium pada buah salak sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Asupan buah salak akan mencukupi jumlah kallium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, itulah 15 manfaat yang dapat kita peroleh dari  buah salak. Bagaimana, luar biasa bukan? Perlu diketahui, untuk penderita maag dan tifus tidak diperuntukan mengonsumsi buah salak karena ada beberapa kandungan buah salak yang tidak baik bagi penderita.

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html