Senin, 04 Februari 2019

8 Manfaat Air Hujan Bagi Bumi dan Mahluk Hidup, sudah tahu?

8 Manfaat Air Hujan Bagi Bumi dan Mahluk Hidup, sudah tahu?
percikaniman.id
www.ujwar.com - 8 Manfaat Air Hujan Bagi Bumi dan Mahluk Hidup, sudah tahu? - Musim hujan kini sudah tiba. Hujan merupakan suatu persitiwa yang kerap kita rasakan pada kehidupan sehari-hari. Tuhan menciptakan hujan dengan sedemikian rupa bukan tanpa alasan. Dibalik itu semua, hujan memeberikan manfaat yang banyak bagi bumi dan manusia. Manfaat hujan dapat dirasakan oleh manusia. Disadari atau tidak disadari, ada banyak sekali manfaat dari air hujan. Apa saja manfaat yang didapatkan manusia, bumi, dan mahluk hidup lainnya dari hujan? 

Manfaat dari turunnya air hujan bagi manusia, bumi, dan mahluk hidup lainnya, diantaranya :

1. Menyuburkan Tanaman

Manfaat pertama dari air hujan adalah dapat menyuburkan tanaman. Hal ini pasti, karena tumbuh-tumbuhan membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang. Air berperan sebagai air minum pada tumuhan. Apabila tumbuhan mendapat air yang cukup, maka tumbuhan tersebut akan tumbuh subur dan mudah berkembang. Kita sering kali melihat pada musim hujan, tumbuhan lebih subur dibandingkan pada saat musim kemarau. Oleh karena itu juga, ketika musim hujan tiba kita akan melihat tumbuhan menjadi lebih hijau dan subur dilingkungan sekitar.

2. Persediaan Air Minum

Umumnya kita sudah mengetahui bahwa biasanya air minum diambil dari dalam tanah atau daerah pegunungan. Namun ternyata air hujan juga bisa disediakan sebagai air minum. Untuk air hujan yang akan dijadikan sebagai air minum harus diolah terlebih dahulu, supaay bersih dan terhindar dari serangan penyakit. Kandungan asam yang terdapat dari air hujan juga harus diturunkan agar perut aman ketika menerimannya. Dengan mengolah air hujan menjaid air minum, penggunaan air dari dalam tanah menjadi lebih hemat. Dengan begitu persediaan air tanah akan cukup dan dapat digunakan untuk waktu cukup lama.

3. Sebagai Sumber Perekonimian Sebagian Masyarakat

Ada beberapa profesi atau aktivitas yang menggunakan air hujan. Air hujan dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan oleh sebagian masyarakat. Beberapa profesi yang menggunakan manfaat dari hujan adalah ojek paying, taksi, atau penjual paying dan jas hujan. Dengan demikian orang-orang akan mendapatkan penghasilan yang lebih saat musim hujan datang. Selain profesi diatas, ada juga profesi yang menjual makanan serba hangat, seperti bakso, bajigur, dan lainnya. Penjual makanan hangat juga akan mendapat penghasilan yang lebih ketika musim hujan tiba.

4. Mendukung Keberhasilan Ketika Bercocok Tanam

Seperti yang sudah kita ketahui, manfaat air hujan yang selanjutnya adalah mendukung keberhasilan dalam bercocok tanam. Karena tumbuhan dan tanaman sangat bergantung kepada air. Dengan air hujan, tumbuhan akan mendapatkan air yang dapat emmbantu pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu petani akan senang apabila hasil cocok tanamnya berhasil. Petani merupakan profesi bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Dengan turunnya hujan, petani tidak perlu repot-repot membeli air untuk menyiram tanamannya karena sudah ada air hujan.

5. Sumber Tenaga Listrik

Apakah sudah tahu bahwa hujan bermanfaat sebagai sumber tenaga listrik? Kekuatan hujanterkadang dapat menimbulkan energy listrik, tetapi terkadang juga hujan dapat menimbulkan petir. Jangan salah, ternyata petir juga merupakan listrik alam. Teknologi sekarang sudah canggih, sehingga ada alat yang digunakan untuk menyimpan tenaga listrik dari petir. Denagn demikian, kita dapat menghemat pembuatan listrik dari bahan fosil, yang terkadang dapat membahayakan manusia.

6. Menghemat Air Tanah

Kita semu pasti sudah tahu manfaat dari air hujan slaah satunya adalah untuk menghemat penggunaan yang berasal dari dalam tanah. Oleh karena itu air hujan sangat bermanfaatdalam berbagai bidang, sehingga dapat menghemat air dalam tanah. Kita dapat menggunakan air hujan untuk diolah menajdi air minum sehingga air tanah hemat, kita bisa menyirami tanaman dengan air hujan sehingga air tanah menjadi hemat. Tidak hanya itu, hal-hal lainnya juga bisa memanfaatkan air hujan untuk menghemat air tanah.

7. Menjaga Kelangsungan Hidup Manusia

Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia untuk melakukan bernagai hal. Demikian dengan air hujan. Banyak sekali orang mengatakan bahwa hujan adalah rahmat dan keberkahan dari Allah yang Maha Kuasa. Ternyata itu benar, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari air huajn. Salah satu berkah dari air hujan yang dapat kita rasakan adalah untuk menjaga kelangsungan hidup manusia.

8. Memperbaiki Kualitas Udara

Salah satu manfaat dan fungsi dari air hujan adalah untuk emmperbaiki kualitas udara. Udara yang berada disekitar kita yang sudha tercemar oleh asap kendaraan, asap pabrik, dan bberapa alat elektronik yang menimbulkan zat-zat tertentu. Dengan adanya hujan, maka udara yang sudah tercemar akan ternetlaisir, sehingga udara menajdi bersih kembali.

Nah, itulah 8 manfaat dari air hujan yang dapat kita peroleh. Masih banyak lagi manfaat yang belum kita sadari dari air hujan. Semoga saat hujan turun itu adalah rahmat dan keebrkahan dari Allah SWT bukan sebaliknya. Aamiin …

Jangan lupa dishare

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html