Sabtu, 02 Februari 2019

Manfaat Tak Terduga! Ternyata Jengkol Punya Banyak Khasiat, Berikut 13 Khasiatnya

Manfaat Tak Terduga! Ternyata Jengkol Punya Banyak Khasiat, Berikut 13 Khasiatnya
cepatcarahamil.blogspot.com
www.ujwar.com - Manfaat Tak Terduga! Ternyata Jengkol Punya Banyak Khasiat, Berikut 13 Khasiatnya - Archidendron pauciflorum atau yang lebih kita kenal dengan sebutan jengkol merupakan jenis kacang-kacangan yang tumbuh di daratan Asia Tenggara. Banyak orang yang tidak terlalu suka dengan jengkol, alasannya karena bau jengkol yang menyengat. Namun, tidak sedikit juga orang yang menyukai masakan berbahan jengkol ini, karena jengkol ternyata memiliki cita rasa yang begitu lezat ketika diolah dengan benar. Selain memliki cita rasa yang begitu lezat, jengkol juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Untuk anda para penyuka jengkol, wajib tahu nih manfaat dari mengonsumsi jengkol, berikut 13 manfaat jengkol bagi kesehatan:


1. Pembentukan Jaringan Tubuh
Khasiat Jengkol yang pertama yakni membantu pembentukan jaringan tubuh. Kandungan protein tinggi yang dimiliki jengkol mampu membantu dalam pembentukan jaringan tubuh. Bahkan kandungan protein yang dimiliki jengkol jauh lebih banyak dari pada kandungan protein yang dimiliki kacang hijau dan kedelai. 

2. Mancegah Anemia
Jengkol memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi kekurangan sel darah merah dalam tubuh.  Ketika kekurangan zat besi maka suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh pun akan ikut berkurang. Saat kekurangan zat besi kita akan merasa lemas, mudah lelah, dan putus asa. 

3. Merampingkan Perut
Jengkol juga dapat membantu melangsingkan perut yang buncit. Kandungan serat tinggi yang dimilki jengkol membantu untuk memperlancar BAB, sehingga secara tidak langsung membuat perut anda langsing. Karena salah satu penyebab perut buncit adalah buang air tidak lancar atau tidak teratur.

4. Mencegah Diabetes
Khasiat selanjutnya yang dimiliki jengkol yaitu mencegah diabetes. Jengkol mempunyai zat yang tidak dimiliki oleh makanan lainnya yaitu asam jengkolat. Asam jengkolat membentuk Kristal yang tidak larut dalam air. 

5. Mengatasi penyempitan pembuluh darah
Pada dasarnya penderita penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah, akibatnya darah yang mengalir menuju jantung menjadi tidak lancar.  Kandungan mineral yang dimiiliki jengkol dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang menyempit  dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Untuk mendapatkan hasil yang efektif sebaiknya anda tidak memasak jengkol sampai terlalu matang.

6. Mencegah Penyakit Maag
Akibat dari sering menunda makan atau telat makan akan menyebabkan terjadinya penyakit maag, yang tentunya penyakit maag ini akan berdampak buruk pada lambung . Perlu diketahui ternyata jengkol dapat dijadikan sebagai salah satu pencegah penyakit maag, cukup dengan mengonsumsinya secara rutin. Menurut penelitian yang dilakukan kepada seekor tikus membuktikan bahwa tikus yang memakan jengkol cenderung terlindungi dari masalah pencernaan dan maag. 

7. Sumber Protein
Tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup, pada umumnya asupan protein didapatkan dari daging, tempe, susu, serta makanan lainnya. Namun, tahukah jika jengkol juga bisa dijadikan sebagai makanan yang dapat memenuhi asupan protein tubuh anda. Jengkol memiliki kandungan protein yang melebihi dari kacang kedelai. Perlu diingat bahwa jangan mengonsumsi jengkol terlalu banyak, konsumsilah secara wajar, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. 

8. Mengontrol Kadar Gula Darah
Khasiat dari jengkol  yang selanjutnya yakni dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Gula yang terdapat dalam jengkol merupakan gula yang mudah diurai, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Gula yang terurai ini kemudian akan diubah menjadi energi di dalam tubuh. Proses penguraian gula yang sempurna tidak akan menyebabkan timbunan gula di dalam tubuh. 

9. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner
Jengkol merupakan makan yang bersifat diuretic (pembuangan urine menjadi halus). Pembuangan urin yang halus sangat berkhasiat baik bagi penderita jantung. 

10. Mencegah Radikal Bebas
Ketika antioksidan berkurang pada tubuh maka akan menyebabkan racun atau radikal beabas mudah masuk ke dalam tubuh, radikal bebas akan mendatangkan berbagai macam penyakit berbahaya. Jengkol bisa dijadikan sebagai salah satu penangkal radikal bebas, karena jengkol memiliki kandungan antioksidan seperti polifenol, terpenoid, serta alkaloid yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. 

11. Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil
Kandungan serat yang dimiliki jengkol berperan untuk mengatasi sembelit, yang pada intinya serat berguna untuk masalah pencernaan. Tapi, harus selalu diingat bahwa jangan terlalu banyak mengonsumsinya, konsumsilah dengan batas yang disarankan.

12. Cegah Cacat Pada Bayi
Kandungan asam folat yang dimiliki jengkol juga bermanfaat untuk mencegah cacat bawaan pada bayi. 

13. Memperkuat Tulang Rapuh dan Memperkuat Tulang serta Gigi
Kandungan zat seperti kalsium dan fosfor merupakan zat yang dibutuhkan oleh tulang . jengkol memiliki kedua zat tersebut, kedua zat tersebut bermanfaat untuk mencegah tulang rapuh (osteoporosis), dengan mengonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup juga dapat membuat tulang di tubuh anda menjadi kuat. 

Itulah 13 manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari jengkol yang lainnya. Terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Seenak dan selezat apapun olahan jengkol, saya da-dah-bu-bye aja.

    Ngeri sama aroma after-nya. After pencernaan. 😅

    BalasHapus
  2. Jengkol sih salah satu fafovitku, apalagi disemur hihi.

    BalasHapus
  3. Wah banyak juga manfaatnya ya, tapi saya tetap tak berani makan jengkol hehehe

    BalasHapus
  4. tetep ogaaah. Serem banget aku sama jengkol hahaha

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html