Selasa, 05 Februari 2019

Wajib Coba! 19 Makanan Khas Kota Bandung Yakin Bikin Ketagihan

 
Wajib Coba! 19 Makanan Khas Kota Bandung Yakin  Bikin Ketagihan
haloselebriti.Net
www.ujwar.com - Wajib Coba! 19 Makanan Khas Kota Bandung Yakin  Bikin Ketagihan - Bandung selain memiliki daya tarik wisata alam, juga memiliki wisata kuliner yang wajib dicoba. Bukan rahasia lagi bahwa kota Bandung merupakan salah satu surganya kuliner enak di Indonesia. Mulai dari olahan tradisional sampai yang modern dapat dengan mudah ditemui di kota ini. Untuk itu ketika anda sedang berada di kota Bandung jangan ketinggalan untuk mencicipi kuliner khasnya, berikut 19 makanan khas kota Bandung yang wajib anda coba:

1.    Ulukuteuk Leunca

Elnuha.Net

Ulukuteuk leunca adalah makanan khas sunda yang sangat populer di kota Bandung. Sesuai namanya, makanan ini berbahan leunca yang dimasak bersama dengan oncom yang telah dihaluskan. Ulukuteuk leunca memiliki cita rasa yang begitu lezat dengan perpaduan rasa renyah, gurih, dan juga ada rasa pedasnya. Ulukuteuk Leunca sangat cocok bila dimakan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi.  Banyak orang yang tidak menyukai leunca, tapi menurut penelitian leunca memiliki kandungan gizi yang cukup kompleks seperti vitamin A, kalsium, protein, kalori, serta vitamin B1.

2.    Combro
otak buntu?

Combro merupakan jajanan unik khas kota Bandung yang kini sudah menyebar ke beberapa kota. Combro terbuat dari singkong parut yang dibentuk bulat yang didalamnya diisi dengan oncom, kemudian digoreng. Combro sangat cocok disantap ketika dalam keadaan masih hangat. Combro memiliki rasa gurih dan pedas.

3.    Seblak Bandung
selerasa.com

Kata seblak mungkin tidak asing lagi dikalangan para wisatawan atau anak-anak sekolah. Seblak merupakan makanan khas kota Bandung, dan sudah populer hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Seblak terbuat dari kerupuk rebus yang dicampur dengan racikan bumbu seperti cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Seblak memilki 2 jenis yaitu seblak kering dan seblak basah, namun yang menjadi seblak khas kota Bandung saat ini adalah seblak basah.

4.    Batagor
merdeka.com

Batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng yang menjadi salah satu makanan khas kota Bandung. Batagor terbuat dari tahu, adonan ikan tenggiri, serta tepung tapioka yang kemudian digoreng. Setelah batagor selesai digoreng, kemudian dihidangkan dengan disiram sambal kacang, juga ditambahkan sambal, saus, serta kecap. Rasa renyah diluar dan lembut didalam membuat kuliner yang satu ini digemari oleh para wisatawan.

5.    Lotek
wisataBandung

Bandung memang terkenal dengan loteknya yang memiliki cita rasa lezat banget. Lotek dibuat dengan campuran sayuran segar dan disiram dengan bumbu kacang. Sekilas lotek mirip dengan pecel namun perbedaannya lotek memiliki rasa yang lebih manis.

6.    Nasi Tutug Oncom
resepkoki

 Makanan khas kota bandung yang satu ini merupakan makanan yang dimasak mengunakan oncom dan sedikit tepung tapioka, kemudian diolah dengan cara dibakar. Nasi tutug oncom biasanya disajikan dengan sambal serta kerupuk dan biasanya ditambahkan sayuran. Tak heran nasi tutug ini banyak digemari karena rasanya yang mampu menggoyang lidah.

7.    Cilok
palmia.co.id

Makanan khas kota Bandung selanjutnya dalah cilok. Cilok dibuat dari tepung kanji, yang isiannya biasanya ditambah daging cincang atau telur yang kemudian di bentuk bulat setelah itu dikukus lalu dicolok menggunakan lidi. Namun ada juga yang memodifikasikan cara penmgolahannya dengan cara dibakar.

8.    Karedok
kopralmuda.blogspot.com

Karedok merupakan makanan khas Bandung yang dibuat dari sayuran mentah seperti mentimun, terong, daun kemangi, touge, kol, serta kacang hijau yang kemudian disiram dengan bumbu kacang yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, kacang tanah, kencur, gula jawa, air asam, garam, dan terasi.

9.    Mie Kocok
id.wikipedia.com

Mie kocok dibuat dengan masakan berbahan mie, aneka sayuran seperti touge, dan kikil sapi. Sesuai namanya, mie ini dibuat dengan cara dikocok terlebih dahulu sebelum disajikan.

10.    Tahu Susu Lembang
pariwisataBandung

Sesuai dengan namanya tahu susu lembang dibuat dari campuran kedelai dabn susu sehingga rasanya menjadi lebih gurih, lembut dan yang pastinya lebih padat.

11.    Peuyeum
tribunnews.com

Tentu anda tidak asing lagi dengan yang namanya peuyeum, karena peuyeum ini sangat familiar di Bandung juga Jawa Barat. Peuyeum berbahan dasar singkong yang dikukus sampai matang kemudian ditaburi ragi dan disimpan dalam wadah selama beberapa hari.

12.    Siomay
rancahpost

Siomay Bandung terdiri dari tahu putih, kentang, kol, serta pare. Adonan siomaynya terbuat dari campuran ikan tenggiri dan tepung kanji. Untuk cara penghidangannya disiram saus kacang, perasan jeruk limau, dan tak lupa juga tambahan kecapa manis. Dalam seporsi siomay mengandung gizi seperti serat, karbohidrat, dan lemak.

13.    Gehu Jeletot
aneka wisata

Makanan khas kota Bandung selanjutnya adalah gehu jeletot, gehu ini tentunya berbahan dasar tahu yang di beri isian touge atau juga irisan kol, wortel,  daging cincang atau juga udang yang kemudian ditumis terlebih dahulu, lalu diamasukan ke dalam tahu. Setelah itu digoreng dengan dilapisi tepung crispy.

14.    Keripik Setan
bumbutabur

Keripik setan dibuat dari singkong yang digoreng kemudian dilumuri dengan cabai yang sangat pedas. Keripik ini memiliki label dagang yang beragam, dan yang paling terkenal adalah keripik Maicih.

15.    Bandros
resepmasakannew.blogspot.com

Bandros merupakan makanan khas kota Bandung yang sangat populer di masyarakat. Bandros terbuat dari tepung yang diadoni bersama dengan santan kelapa, kemudian dimasak diatas adonan cekung. Dihidangkan dengan diberi taburan kelapa parut.

16.    Colenak
openriceIndonesia

Makanan yang satu ini cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1930-an. Colenak merupakan makanan yang berbahan peuyeum atau taer yang dibakar kemudian disiram dengan gula jawa cair serta pautan kelapa. Colenak masih menjadi makanan yang sangat disukai masyarakat.

17.    Perkedel Bondon
travelingyuk.com

Makanan ini sudah dikenal sejak tahu 1970-an, perkedel bondon biasanya disantap bersama dengan sambal merah bumbu terasi. Perkedel bondo mempunyai cirri khas dimasak atau digoreng diatas tungku arang/api sehingga menyuguhkan rasa yang khas.

18.    Misro
resepmakanansilvy.blogspot.com

Misro memang sangat mirip dengan combro yaitu sama-sama berbahan dasar singkong yang diparut kemudian dibentuk menjadi bulat. Perbedaan antara misro dan combro terletak pada isi didalamnya, misro berisi gula Jawa Merah sedangkan combro berisi sambal oncom. Misro memiliki cita rasa manis, misro akan lebih enak dimaka ketika masih dalam keadaan hangat.

19.    Rujak Cuka
tempat asik

Rujak cuka terbuat dari aneka sayuran dan buah-buahan yang disiram dengan bumbu rujak. Namun bumbu rujak yang digunakan untuk rujak cuka lebih cair dibandingkan dengan bumbu rujak seperti biasanya. Bumbu rujak cairnya terbuat dari cabai merah, cabai rawit, terasi bakar, garam, dan gula yang kemudian direbus sampai mendidih, tidak lupa juga menambahkan cuka setelah mendidih.

itulah 19 makanan khas kota Bandung yang wajib anda coba, terima kasih telah membaca postingan ini. Semoga bermanfaat. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html