Senin, 04 Februari 2019

Wajib Tahu! 10 Fungsi Vitamin Secara Umum Bagi Tubuh

Wajib Tahu! 10 Fungsi Vitamin Secara Umum Bagi Tubuh
MeraMuda
www.ujwar.com - Wajib Tahu! 10 Fungsi Vitamin Secara Umum Bagi Tubuh - Vitamin adalah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh agar organ dalam tubuh tetap berjalan dengan baik. Vitamin dan mineral tentu berbeda, vitamin akan mudah rusak dan bentuknya akan berubah karena memang terasa sangat panas. Apabila vitamin sudah masuk ke dalam tubuh, struktur vitamin akan berubah bentuk. Tubuh tidak akan menyerap vitamin dari awal, melainkan akan diserap dalam bentuk vitamin yang tidak aktif (provitamin).

Secara umum vitamin sangat penting bagi tubuh. Fungsi vitamin tentu berbeda-beda sesuai dengan bentuknya. Mengenai hal ini, apakah kalian sudah tahu fungsi Vitamin secara umum bagi tubuh? Yuk disimak 10 fungsi vitamin secara umum bagi tubuh. 

1. Menciptakan Energi

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa secara umum fungsi pertama vitamin adalah untuk menciptakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh supaya terhindar dari berbagai kerusakan dalam tubuh. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit, disarankan untuk mencukupi asupan kandungan vitamin dari makanan yang dikonsumsi. Karena vitamin dapat menciptakan energi.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh dan Saraf

Fungsi vitamin secara umum yang selanjutnya adalah membantu dalam menjaga kesehatan tubuh dan sistem saraf. Seperti yang kita sudah ketahui, bahwa vitamin merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan saraf dan tubuh. Maka dari itu, anda disarankan untuk mencukupi asupan kandungan gizi dari makanan yang anda konsumsi. Dengan begitu, kandungan vitamin dalam tubuh anda akan tercukupi serta kesehatan tubuh dan saraf akan terjaga. Sehingga tubuh dapat bekerja dengan lebih baik.

3. Membantu Memproduksi Sel Darah Merah

Fungsi vitamin selanjutnya adalah untuk membantu dalam memproduksi sel darah merah. Untuk mendapatkan sel darah merah, sel darah perlu asupan vitamin. Dengan begitu, apabila asupan vitamin dalam tubuh anda tercukupi, anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang sel darah seperti kanker darah, dan lainnya.

4. Mencegah Kecacatan Janin

Selanjutnya, fungsi vitamin secara umum adalah untuk mencegah kecacatan pada janin . hal tersebut dapat dipastikan karena dengan asupan vitamin yang cukup dapat membantu menyehatkan janin serta membantu perkembangan sel-sel janin. Oleh karena iu, ibu hamil disarankan untuk mencukupi asupan vitaminnya agar tubuh anda dan janin yang dikandung tetap sehat.

5. Menenangkan

Vitamin akan memberikan relaksasi terhadap seluruh jaringan dalam otak. Dengan begitu, anda akan lebih relaks dan lebih nyaman. Kondisi anda pun akan tetap tenang dan terhindar dari depresi atau keterbelakangan mental. Bahkan anda juga dapat terhindar dari stress berat yang melanda.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Fungsi vitamin secara umum yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Vitamin akan bekerja dengan sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Apabila pencernaan lancar, ini akan membuat nutrisi dan zat lainnya diserap oleh organ tubuh yang membutuhkannya. Maka dari itu, anda disarankan untuk menucukupi asupan vitamin dari makanan yang anda konsumsi. Pastikan bahwa makanan yang anda konsumsi itu mengandung vitamin.

7. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Fungsi vitamin yang lainnya adalah untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku, Karena vitamin merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh seluruh anggota tubuh. Dengan kandungan vitamin yang tercukupi, maka kesehatan rambut dan kuku anda akan bertumbuh dengan baik dan sehat. 

8. Menurunkan Kolesterol Jahat

Vitamin juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda. Perlu diketahui bahwa kolesterol jahat dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit yang pastinya mengganggu kesehatan anda. Seperti penyakit komplikasi, diabetes, jantung dan lainnya. Itu semua disebabkan oleh tingginya kolesterol jahat di  dalam tubuh anda.

9. Menghindarkan dari Penyakit Beri-beri

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa penyakit beri-beri diakibatkan oleh kurangnya vitamin B1, dan biasanya penyakit tersebut menyerag pada bagian betis manusia. Penyakit ini harus segera ditangani karena apabila tidak, akan membahayakan kesehatan anda. Dengan fungsi vitamin yang berikut ini anda dapat terhindar dari penyakit beri-beri.

10. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Yang selanjutnya, vitamin berfungsi untuk menjaga kesehatan pada mata dan kulit. Vitamin akan menjaga kesehatan kulit anda, teutama vitamin B. dengan begitu, apabila asupan vitamin yang berasal dari makanan yang anda konsumis tercukupi, maka kesehatan mata dan kulit akan tetap terjaga. 

Nah itulah 10 fungsi vitamin secara umum bagi tubuh. Mau sehat? Yuk cukupi asupan kandungan vitamin di dalam tubuh. Semoga bermanfaat yaa

Jangan lupa dishare 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html