4 Macam budaya Garut, No.4 Seru Abis

4 Macam budaya Garut, No.4 Seru Abis
blogspot.com

www.ujwar.com-4 Macam budaya Garut, No.4 Seru Abis-Hallo, kali ini Aku akan membahas mengenai kebudayaan yang ada di Garut, kita akan berkenalan dengan rumah adat, pakaian adat, bahasa sama kesenian yang ada di kota garut.

1. Rumah adat

Sahabat, kota Garut merupakan suatu daerah yang bersuku sunda atau kelompok etnis dari bagian barat pulau jawa. Di Indonesia sangat beraneka ragam sekali. Sebagai wujud cinta tanah air, penting sekali untuk kita mengetahui budaya-budaya yang ada di Indonesia salah satunya Garut. Menurut hasil survey, suku sunda merupakan etnis terbesar kedua yang ada di Indonesia.
Sebelumnya sahabat sudah tau gak mengenai rumah adat yang ada di Garut? Secara tradisional rumah adat Garut ( Jawa Barat) ialah berbentuk panggung atau rumah panggung, dengan ketinggian 0,5 sampai 1 meter di atas permukaan tanah. Namun untuk rumah-rumah adat yang sudah tua biasanya mencapai 1,8 meter. Digunakan untuk menyimpan alat untuk bertani seperti cangkul, garu, bajak dan sebagainya atau tempat menyimpan hewan ternak seperti ayam. Tempat tersebut dinamakan (kolong). Untuk naik ke rumah dengan emnggunakan tangga yang disebut golodog, yang terbuat dari kayu atau bambu. Biasanya terdiri dari 3 kaki. Selain untuk menaiki kedalam rumah, golodog juga digunakan untuk membersihkan kaki sebelum masuk kedalam rumah.
Berikut adalah contoh gambar rumah adat sunda.
Budayajawa


2. Pakaian adat

Oh iya sahabat, kota Garut (Jawa Barat) juga memiliki pakaian adat yang khas, yang disebut kebaya.
Kebaya merupakan pakaian yang terkenal di Garut, khusunya di Jawa Barat. Kebaya dipakai pada saat  acara-acara besar tertentu, seperti upacara pernikahan, ngunduh mantu, siraman, bahkan kebaya juga diapaki oleh Guru sebagai pakaian rutin hari Rabu. 
Bagi sahabat yang pengin tahu kebaya, berikut contohnya.
Hipwee

Selain kebaya, Kota Garut juga memiliki salah satu pakaian adat yang mencolok akan kekhasannya yaitu batik garutan. Batik Garutan ini adalah kain indah yang emmiliki khas coraknya. Batik Garutan juga sudah berkembang jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Batik ini merupakan warisan turun temurun dari ennek moyang. Batik Garutan ini memiliki ciri khas pada ragam motifnya yang umumnya menghadirkan ragam hias datar dan geomrtrik, selain itu batik garutan memiliki ciri khas warna cerah seperti warna cream, gading, biru atau soga agak kemerahan. Berikut contoh Batik garutan. 
Blogspot.com


3. Bahasa

Kali ini budaya garut yakni dalam bahasa. Bahasa yang digunakan ioleh orang Garut mayoritas menggunakan bahasa Sunda. Sahabat tau gak bahasa sunda? Harus tau ya, hihi karena bahas Sunda termasuk bahasa yang unik. Hampir 27 jiwa masyarakat di indonesia menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari. Sahabat bisa nggak berbahasa sunda? Kalau orang Garut mah jangan ditanya lagi, sudah pasti bisa. 
Kalau sahabat mau mahir berbahasa sunda, belajar aja sama orang Garut. Tenang saja, orang Garut itu pada baik-baik, ramah-ramah. Jadi gak usah sungkan apalagi takut kalau mau belajar bahasa sunda sama orang Garut. Awkwk :D

4. Kesenian Tradisional 

Nah, ini dia yang paling seru.  Selanjutnya kita akan mengenal kesenian-kesenian yang ada di daerah Garut Jawa Barat.
Sebelumnya aku kasih tahu dulunya sahabat, bahwa di Garut itu sangat banyak sekali keseniannya. Ada Dodombaan, Surak Ibra, Lais, Bangkulung, Badeng, Debus, Gesrek, Hadro, Cigawiran, Rudat dan amsih banyak sekali kesenian lainnya.
Oke, sekarang aku akan membahas salah satu kesenian yanga da di daerah Garut :

Dodombaan
Sahabat tahu gak apa itu Dodombaan? Dodombaan merupakan kesenian tradisional asli dari Garut lho. Kesenian ini terinspirasi dari hewan “Domba” yang merupakan hewan kebanggaan dan ciri khas dari kota Garut. Kesenian Dodombaan ini berasl daris alah satu daerah yang berada di daerah Garut yakni Desa Panembong Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. 
Dodombaan ini bukan berarti memakai domba beneran yaa,tetapi domab disini hanya sebagai ikon kota Garut saja. Pada keseniaan ini, yang digunakan itu ialah bentuk tiruan domba yang terbuat dari kayu dan ditunggangi oleh seseorang diatasnya. Dan disebut dodombaan berarti “bukan domba beneran” hehehe gitu sahabat.
Ini dia sahabat bentuk kesenian dodombaan
wisatakotagarut.blogspot.com


Pencak Silat
Kali ini aku akan membahas tentang kesenian pencak silat. Kayaknya sudah pada tahu ya. Hihii buak silat lidah ya sahabat :D. Percaya atau tidak, pencak silat adalah kesenian yang berasal dari Jawa Barat. Tepatnya kesenian ini berasal dari daerah Cimanuk Kabupaten Garut. Pencak silat emrupakan kebudayaan etnis sunda. Kalau dilihat dari unsur seninya, pencak silat sangat menarik untuk ditonton (pencak silat ibing), pencak silat jenis ini biasanya diiringi dengan gendang, terompet dan alat musik lainnya. Kesenian/kebudayaan pencak silat ini harus kita kembangkan, suapaya anak cucu kita bisa menikmati seklaigus memainkan kesenian ini. 
Liputan6.com


Nah, inilah 4 Macam budaya yang ada di daerah Garut. Keren bukan? Yuk kita jaga agar kesenian ini tidak punah 




0 Response to "4 Macam budaya Garut, No.4 Seru Abis"

Post a Comment

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel