5 Hal yang Wajib Anda Nikmati Ketika Berkunjung ke Papandayan



5 Hal yang Wajib Anda Nikmati Ketika Berkunjung ke Papandayan
https://jangan lupa bahagia.com
Ujwar.com - 5 Hal yang Wajib Anda Nikmati Ketika Berkunjung ke Papandayan - Wisata alam Kawah Papandayan merupakan tempat wisata favorit, dari kalangan dewasa maupun anak kecil, nusantara maupun mancanegara. Mungkin sudah tidak asing lagi, bagi anda yang suka hiking dan camping. Tempat ini berada pada ketinggiaan kurang lebih 2666 meter di atas permukaan laut. Penamaan Papandayan bersal dari cerita rakyat, yang konon katanya saat melewati Gunung tersebut terdengar suara gaib seperti seorang pandai besi yang sedang membuat perkakas besi.

Wisata alam Gunung Papandayan merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Sirnajaya dan Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Usut punya usut ternyata sekarang dikelola oleh perusahaan swasta yaitu PT. Asri Indah Lestari. 

Banyak perubahan yang telah terjadi, mulai dari pintu gebang utama yang berpindah ke area dekat parkiran, area parkir menjadi lebih luas, bahkan biaya parkir dan tiket masuk jadi bertambah. Di wisata alam ini, kita bisa menikmati berbagai pemandangan yang sangat indah.

Ada banyak daya tarik tersendiri yang ditawarkan wisata alam ini, yaitu:

1.Hutan Mati


https;//News-generasi-blogspot.com
Hutan Mati yang indahnya misterius  diapit oleh hijaunya pepohonan di sekitar perbukitan. Jika melihat sekilas, Hutan Mati terkesan menyeramkan. Jelas, karena hanya tampak batang-batang pohon seperti sisa pembakaran.

Keadaan tersebut menurut beberapa cerita terbentuk karena erupsi di Gunung Papandayan yang terjadi pada 1772. Erupsi tersebut menghancurkan 40 desa dan membuat 3000 penduduknya meninggal. Kejadian ini terekam dalam buku Natural Disasters karya Lee Davis, seorang sejarahwan. Kesan menyeramkan sendiri terlihat dari ranting-ranting yang menghitam, apalagi banyak korban yang meninggal pada peristiwa erupsi. Namun, bisa dijadikan sebagai  Papandayan latar spot foto yang menarik.

2. Pondok Saladah

www.flickr.com
Jika sedang libur panjang dikawasan ini, berjejer tenda-tenda dari orang-orang luar kabupaten Garut. Pondok Saladah diambil dari kata pondok dan saladah. Pondok yang berarti mondok dalam bahasa sunda yang artinya menginap, dan saladah yang berarti lalapan, karena dahulunya di kawasan ini terhampar luas tumbuhan saladah. Di kawasan ini Juga terdapat tumbuhan bunga Edelwis.

3. Tegal Alun

www.finterest.com
Tegal Alun merupakan puncak dari Gunung Papandayan, dengan udara yang dingin, sejuk dan sedikit berkabut menjadikan  kepuasan tersendiri bagi setiap pendaki baik yang masih pemula maupun yang sudah terbiasa mendaki gunung. Di kawasan ini terdapapat hamparan bunga Edelwis, bunga yang dijuluki bunga keabadian, dan  bernama latin Anaphalis javanica ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Padang Edelwis yang terdapat di Tegal Alun ini luasnya mencapai 35 hektar, Namun sekarang bunga ini menjadi langka.

4. Kolam Renang

www.gtitravel.com
Kamu yang penat akan kehidupan kota besar, saatnya rileks dan piknik ke Garut. Berendam dulu di kolam air panas Gunung Papandayan, niscaya stres akan hilang.Tidak seperti di Kolam air panas biasanya di sini terbilang kolam air panas yang unik, karena di dalamnrya terkandung belerang, air panas  bersumber dari mata air panas perut bumi, yang kemudian dijadikan kolam oleh pengelola. Selain mersakan panas, kita juga merasakan sensasi dingin karena berada di ketinggian 2065 mdpl.

5. Menarang Pandang


https://fasilitas-baru-di-gunung-papandayan
Fasilitas ini dulu memang ada disebelah seletan area parkir namun tidak sembarangan pengunjung bisa menikmatinya. Nah sekarang posisi Menara Pandang dipindahkan ke sebelah utara area parkir. Arsitektur menara pandang sekarang jauh lebih baik dan safety dari yang sebelumnya. Pengunjung bisa menggunakan fasilitas ini secara gratis.


0 Response to "5 Hal yang Wajib Anda Nikmati Ketika Berkunjung ke Papandayan"

Post a Comment

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel