10 Destinasi Wisata di Garut ini Mampu Menyuguhkan Sensasi Luar Biasa


10 Destinasi Wisata di Garut ini Mampu Menyuguhkan Sensasi Luar Biasa
zonalibur.com
www.ujwar.com - 10 Destinasi di Garut ini Mampu Menyuguhkan Sensasi yang Luar Bisa - Garut selain terkenal akan kulinernya yaitu Dodol, Garut juga terkenal akan destinasi wisatanya yang menarik dan mampu memanjakanmu. Ini dia 10 destinasi wisata di Garut yang bisa kamu kunjungi:

1. Talaga Bodas : Bermain Air di Tengah Kawah Gunung Berapi Aktif

zonaliibur.com
Talaga Bodas dalam bahsa Indonesia berarti Danau Putih, karena memang berlokasi di Danau kecil, bekas kawah dengan air belerang berwarna putih. Airnya pun sering dimanfaatkan sebagai sumber air panas dan pengobatan oleh warga Garut dan Tasik. Talaga Bodas terletak di Desa Sukamenak, Wanaraja, Garut, Jawa Barat.sekitar 28 km dari pusat kota Garut, dan mudah di jangkau oleh kendaraan roda 2 maupun 4, dikarenakan sekarang  kondisi setengah  jalan menuju tempat ini rusak berat maka anda harus pastikan kendaraan anda dalam keadaan frima.  Kawahnya sendiri masih mempunyai aktivitas Vulkanik, namun tidak berbahaya. Ada beberapa tempat yang bisa anda kunjungi di Talaga bodas, utamanya yang pasti adalah Kawahnya, kolam rendam air panas yang berada di kanan kawah, pancuran 7.
Tiket masuk tempat wisata ini:
Wisatawan lokal Rp 5000 (hari biasa), dan Rp 7500 (hari libur)
Wisatawan luar Rp 100.000 (hari biasa), dan Rp 150.000 (hari libur)
Sepeda Rp 2000 (hari biasa), dan Rp 3000 (hari libur)
Roda 2 atau motor Rp 5000 (hari biasa), dan Rp 7500 (hari libur)
Roda 4 Rp 10.000 (hari biasa), dan Rp 15.000 (hari libur)
Roda 6 Rp 50.000 (hari biasa), dan Rp 75.000 (hari libur)
Rombongan pelajar/mahasiswa Rp 4000 per orang (hari biasa), dan Rp 4500 per orang (hari libur)
Foto komersial atau pre wedding Rp 250.000




2. Kebun Mawar : Jalan-Jalan di antara Bunga-Bunga


twitter
Tempat ini terletak di Jl. Kamojang km 5, Samarang, Sukakarya, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat ini menyajikan kenyamanan dan kesejukan luar biasa karena berada pada ketinggian 1150 mdpl dengan udara bersih bebas polusi. Kebun Mawar ini merupakan sebuah penginapan berkonsep bungalow yang menyajikan hamparan bunga Mawar di taman seluas 5 hektar. Hamparan taman yang luas menyajikan pemandangan indah karena ada lebih dari 500 jenis bunga mawar yang di tanam di taman ini.
Tiket masuk tempat wisata ini:
Weekend: Rp.20.000 per orang (bagi pengunjung yang tidak menginap)
Weekday: Rp.20.000 per orang (bagi pengunjung yang tidak menginap)
Parkir Mobil: Rp.10.000 per unit
Parkir Motor: Rp.5.000 per unit

3. Pantai Rancabuaya : pantai Karang dengan Air Terjun Mini
wisatadidarajatgarut
Pantai Rancabuaya terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, kabupaten Garut, berjarak kuarang lebih 135 km dari pusat kota Garut. Pantai Rancabuaya adalah tipe pantai berkarang dan berombak besar, jadi kurang cocok untuk berenang. Pantai ini tidak memiliki panorama alam sunrise, namun terkenal dengan keindahan sunsetnya. Hal yang unik, terdapat air terjun langsung di sebuah tebing menuju Pantai Rancabuaya.
Tiket masuk tempat ini adalah Rp5,000, ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

4. Pantai Cijeruk : Hamparan Pasir Luas di Tepi Laut

pantainesia
Pantai Cijeruk terbilang pantai yang masih perawan, karena berada di daerah pedalaman dan jarang terekspos, bahkan hanya sebagian masyarakat Garut yang mengetahui tempat ini. Berlokasi di Desa Sagara, kecamatan Pameungpeuk, kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai Cijeruk memiliki hamparan pasir yang halus, air yang jernih, ombak yang tenang. Pengunjung bisa masuk ke tempat ini tanpa harus mengeluarkan biaya artinya masih gratis, hanya membayar untuk parkir kendaraan dengan harga standar tergantung kendaraan yang dibawa. Pengelola membuka tempat ini hanya dari pukul 07.00 sampai 17.00.



5. Pantai Taman Manalusu : Taman Hijau di Bibir Pantai


wisata.tanahair.com
Nama Pantai Taman Manalusu ini memang tak sepopuler pantai-pantai yang ada di Garut, bahkan hanya sebagian masyarakat Garut yang mengetahui tempat ini.pantai ini mulai di kenal masyarakat karena banyaknya pengunjung yang mengeksposnya ke media sosial. Pantai ini belum dijadikan pantai komersil oleh pemerintah, oleh karena itu fasilitasnya pun masih minim. Pantai ini memiliki batu karang yang hijau, hamparan pasir putih, ikan hias beraneka warna. Untuk masuk ke Pantai ini tidak dikenakan biaya artinya gratis, hanya membayar biaya parkir, dikenakan tarif Rp.3.000 – Rp.5.000 tergantung jenis kendaraan.

6. Gunung Guntur : Pendakian Menantang dengan pemandangan yang menakjubkan

wisatadigarut
Pegunungan di daerah Garut memang tidak akan sepi, apalagi pada masa hari libur sekolah. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.229 mdpl ini, menjadi sebuah ikon selamat datang di Kota Garut karena memang letak wilayahnya dekat dengan perbatasan, tepatnya di daerah Sukawangi Tarogong Kaler. Untuk pendakian jangan lupa membawa bekal alat-alat kemping,  seperti tenda, nesting, kompor, matras, sleeping bag, flysheet, senter, power bank karena di sana cukup susah untuk menemukan colokan listrik. Jangan lupa juga membawa snack seperti kwaci, coklat, kacang-kacangan untuk menunda lapar ketika di perjalanan.  Disana terdapat 3 pos, namun pos 3 bukanlah puncak dari Gunung Guntur, untuk mencapai puncak kita harus melewati kemiringan yang lebih berbahaya lagi. Apalagi puncak Gunung Guntur yang tandus dan gersang ini bersuhu panas. Dan di daerah ini juga dilarang untuk mendirikan tenda karena beberapa alas an, salah satunya bahaya petir.Pada umumnya tiket masuk pada hari libur, minggu, atau hari biasa berbeda tarifnya. Dan bisa berubah sewaktu-waktu. Saat weekday harga tiket masuk Rp.10.000. Namun, ada baiknya mengkonfirmasi harga lewat call centernya dibawah.



7. Hutan Mati : Pemandangan Mistis di Hutan tak Berdaun


wordpress.com
Hutan Mati yang indahnya misterius  diapit oleh hijaunya pepohonan di sekitar perbukitan. Jika melihat sekilas, Hutan Mati terkesan menyeramkan. Jelas, karena hanya tampak batang-batang pohon seperti sisa pembakaran. Keadaan tersebut menurut beberapa cerita terbentuk karena erupsi di Gunung Papandayan yang terjadi pada 1772. kira-kira 40 desa hancur dan 3000 penduduk meninggal dunia.  Dalam buku Disasters kejadian ini terekam. Kesan menyeramkan sendiri terlihat dari ranting-ranting yang menghitam. Untuk tiket masuk tempat ini adalah Rp.30.000.



8. Batu Tumpang : Spot Uji Adrenalin di Tebing Batu Raksasa 


stacia in the world
Daya tarik tempat ini adalah menyajikan tebing batu berukurang super besar, dengan ketinggian mencapai 150 meter dan lebar 100 meter. Batu Tumpang atau Batu Numpang ini berada di kawasan perkebunan teh yang merupakan jalan menuju Pantai Selatan dengan rute Cikajang-Cisompet. Tempat ini sering dijadikan tempat peristirahatan karena tempatnya yang tepat berada di pinggir jalan, tempat untuk berswafoto, bahkan pada waktu tertentu para pecinta alam memanfaatkan untuk kegiatan Panjat Tebing.

9. Batu Patapaan : Spot Menarik untuk Merefleksikan Pikiran Anda

garutclimbingdata
Batu Patapaan berada di puncak Gunung Pangramatan Kecamatan Cikajang, Garut Selatan. Ada yang menyebutnya Batu kursi, Batu-Batu Kursi, bahkan Bendera Pajajaran seperti pada versi majalah Ujung Galuh. Formasi Batu Patapaan ini sangat unik, tidak aneh orang menyebutnya Batu Patapaan karena memang mirip seperti tempat bertapa atau bersemedi. Berlokasi di Cipangramatan, Cikajang, Garut, 10 menit perjalanan dari Batu Tumpang.

10. Leuweung Oko/The Great Oko : Wisata Sejuk di Tengah Hutan Pinus

jelajah
Berlokasi di Desa Cirapuhan, kecamatan Selaawi, Garut, Jawa Barat. Tempat ini dikenalkan pada tahun 2017, dan wisatawan yang mengunjuni tempat ini mencapai 200-300 wisatawan pada akhir pekan. Pak Ridwan Effendi (Camat Selaawi) masih terus merumuskan wisata halal ini, oleh pihak pengelola  bersama MUI, paling tidak mengkonsensepsikan kosep hala universal mulai dari penyajian makanan yang halal sampai pada pakaian.  Untuk tiket masuk tempat ini tidak dikhususkan, hanya mengeluarkan biaya seikhlasnya untuk parkir dan kebersihan.

Sebenarnya masih banyak destinasi wisata lain di Garut yang bisa kamu kunjungi. Terima kasih sudah membaca postingan ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Destinasi Wisata di Garut ini Mampu Menyuguhkan Sensasi Luar Biasa"

Post a Comment

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel