10 Fakta Mengenai Candi Prambanan

ujwar.com - 10 Fakta Mengenai Candi Prambanan - Kota Yogyakarta memang tidak ada habisnya menyimpan berbagai budaya serta nilai-nilai historisnya. Bahkan banyak peninggalan yang memiliki umur ratusan tahun lho. Hal ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk pergi ke kota Yogyakarta.

Nah, mengenai peninggalan, pasti sudah banyak yang tahu, karena memang di kota Yogyakarta terdapat 2 candi yang sangat ikonik. Yaitu candi Prambanan dan candi Borobudur.

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke- 9 Masehi. Candi Prambanan berlokasi di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten. Kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang. Persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Selain itu, masih ada lagi beberapa fakta mengenai candi prambanan. Apakah kalian sudah mengetahuinya? Jikalau belum yuk di simak. Berikut adalah beberapa fakta tentang candi Prambanan.

1. Nama Asli Candi Prambanan
10 Fakta Mengenai Candi Prambanan
Wikipedia. org

Perlu kalian ketahui, bahwa sebenarnya candi Prambanan memiliki nama asli yang belum banyak orang ketahui. Nama asli dari candi ini adalah Siwagrha, diambil dari bahasa sansakerta yang berarti rumah siwa.

Alasan tersebut diperkuat pada zaman pemerintahan Rakai Pikatan. Sosok dewa siwa sangat istimewa. Oleh karena itu, sebagai bentuk penghormatan untuk Dewa Siwa Rakai Pikatan mendirikan arca siwa setinggi 3 Meter yang disimpan di ruang utama candi Prambanan.

2. Terdiri Dari 3 Zona
10 Fakta Mengenai Candi Prambanan
Budaya Jawa

Candi Prambanan itu sendiri memiliki 3 zona. Zona yang pertama disebut dengan zona luar. Zona yang kedua di sebut dengan zona tengah, dan di dalam zona tengah ini terdapat ratusan candi kecil. Untuk zona yang ketiga dinamakan zona batin suci, di dalamnya terdapat 8 candi utama dan 8 candi kecil.

3. Diracang Menyerupai Gunung Semeru
10 Fakta Mengenai Candi Prambanan
Wisata Bromo

Menurut Kosmologi Hindu kuno, Candi Prambanan di desain menyerupai puncak Mahameru. Karena orang zaman dahulu memiliki kepercayaan bahwa Mahameru merupakan rumah para Dewa. Jadi secara tidak langsung Gunung ini dipercaya sebagai rumah dari para Dewa.

Lalu dari setiap bagian dari candi ini juga mengikuti pola alam semesta yang dimiliki oleh kosmologi Hindu Kuno. Terbagi dari beberapa lapis loka, mulai dari yang kurang suci hingga paling suci.

4. Bangunan Penyembah Dewa Siwa
10 Fakta Mengenai Candi Prambanan
Balinuse

Menurut faktanya, candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang di gunakan untuk penyembahan Dewa Siwa. Di candi Prambanan juga terdapat puncak  candi siwa yang tingginya 47 meter.

5. Relief Bercerita Tentang Ramayana
10 Fakta Mengenai Candi Prambanan
Wordpress.com

Di candi Prambanan ini, kamu juga akan mendapatkan sebuah cerita menarik mengenai kisah kehidupan Ramayana.  Kamu bisa melihat cerita itu di setiap relief-relief yang terletak pada dingding candi prambanan.

Alur cerita Ramayana dimulai pradakshina atau sisi timur di kompleks Candi Siwa. Supaya kamu bisa mengikuti alur ceritanya, kamu harus jalan memutar sesuai dengan arah jarum jam. Lalu dari situ kamu bisa melanjutnya cerita Ramayana di sisi barat Candi Brahma.

6. Halilintar
10 Fakta Mengenai Candi Prambanan
Budaya jawa

Bila dilihat secara detail. Puncak pada candi ini memiliki bentuk seperti mahkota. Dan puncak tersebut diberi nama maskata. Konon katanya puncak ini melambangkan intan atau halilintar.

7. Pembangun Candi Prambanan
10 Fakta Mengenai Candi Prambanan
Budaya jawa

Siapa yang membangun candi Prambanan? Ada yang menceritakan bahwa candi prambanan ini dibangun oleh Bandung Bondowosa dalam waktu satu malam, dengan bantuan dari beberapa makhluk ghaib. Namun hal ini bukan merupakan fakta.

Karena seperti yang sudah dibahas pada point diatas bahwa candi Prambanan dibuat oleh Rakai Pikatan. Hal ini dapat dilihat pada prasasti wantil dna prasasti siwagrha atau candi siwa. Berdasarkan ciri-ciri yang dihasilkan dalam prasasti, bangunan tersebut identik sekali dengan candi siwa di komplek candi prambanan.

8. Flora dan Pauna
10 Fakta Mengenai Candi Prambanan
Super Adventure

Jika kamu perhatikan kembali, di dalam candi Prambanan juga terdapat relief mengenai flora dan pauna yang biasa kita temui hingga yang langka. Dan terdapat juga penggambaran fauna yang aneh, seperti memiliki bentuk badan manusia. Dan kamu juga dapat menemukan area tempat hidup berbagai jenis hewan rusa, kuda, dan kasuari.

9. Berkurang
10 Fakta Mengenai Candi Prambanan
satu jam

Pada awalnya candi Prambanan ini memiliki 240 candi. Namun semakin ke sini semakin berkurang, sungguh sangat disayangkan. Hal ini terjadi karena kejadian Gempa yang pernah terjadi di kota Yogyakarta, dan menyebabakan beberapa candi runtuh.

10. Candi Menara Sudut yang Paling Suci
10 Fakta Mengenai Candi Prambanan
Wisata diy

Di dalam candi Prambanan memang terdapat beberapa bagian, dimulai dari yang kurang suci sampai yang benar-benar suci. Menurut pengelola candi Prambanan, tempat paling suci terdapat pada bagian candi menara. Walaupun candi ini bukan merupakan candi utama yng memiliki atau menyimpan patung Mahadewa Siwa.

Jadi itulah fakta-fakta lain mengenai candi Prambanan. Bagaiaman dengan informasi di atas? Apakah sedikitnya sudah mengetahui tentang candi Prambanan? Karena sebagai warga negara Indonesia kita harus mengetahui mengenai budaya kita sendiri. Semoga bermanfaat, jangan lupa di share .

Belum ada Komentar untuk "10 Fakta Mengenai Candi Prambanan"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel