12 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan, Suka Nangka?

12 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan, Suka Nangka?
Rakyatku.com
www.ujwar.com - 12 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan, Suka Nangka? - Nangka merupakan jenis buah yang memiliki duri pada kulitnya serta memiliki aroma yang sangat harum. Selain itu buah nangka juga memiliki rasa yang cukup manis. Tidak heran apabila buah nangka banyak digemari banyak orang. Selain itu, ternyata buah nangka mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu kandungan thiamin, kalsium, kalium, zat besi, riboflavin, niasin, serta vitamin A dan vitamin C, yang berfungsi untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya. Buah nangka juga memiliki serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung.

Sudah tahu apa saja manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh? Inilah 12 manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Mencegah Kanker

Manfaat utama dari buah nangka yaitu dapat mengatasi timbulnya penyakit kanker. Dengan mengonsumsi buah nangka secara rutin sebenarnya bisa menjadi obat untuk penyakit kanker. Kandungan antioksidan, falvonoid, dan fitonutrien yang terdapat dalam buah nangka mampu mencegah stres oksidatif  yang menyebabkan timbulnya sel kanker.

Vitamin C yang terdapat pada buah nangka juga dapat membantu mencegah kanker payudara, karena vitamin C tersebut mampu meningkatkan enzim antioksidan. Jika semua zat dan nutrisi tersebut digabungkan, maka buah nangka berpotensi untuk mengobati penyakit kanker.

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Tulang sangat penting untuk dijaga kesehatannya agar tidak keropos. Nah, manfaat lainnya dari buah nangka adalah untuk kepadatan tulang. Umumnya, banyak orang yang menjaga kesehatan tulangnya dengan makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Padahal, dengan mengkonsumsi buah nangka kita bisa terhindar dari tulang keropos. 

Kalsium tidak didapatkan dari susu saja, melainkan buah nangka juga memiliki kalsium yang lebih tinggi serta vitamin C yang membantu lebih banyak menyerap kalsium.

Kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang, sehingga tidak terjadi penyakit tulang seperti osteoporosis dan arthristis. Dengan mengonsumsi nangka kita dapat mencegahnya. Kandungan potasium yang terdapat pada buah nangka juga membantu untuk kepadatan tulang agar lebih kuat.

Sementara kandungan magnesium yang terdapat pada nangka juga bermanfaat untuk menguatkan tulang dna memberi asupan makan pada tulang. Magnesium berfungsi untuk penyerapan kalsium sehingga membuat tulang tidak mudah keropos.

3. Menjaga Tekanan Darah 

Tekanaan darah dalam tubuh haruslah stabil. Karena jika tidak akan menyebabkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, dan lainnya.

Begitu pun sebaliknya, tekanan darah yang rendah juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, untuk menjaga kestabilan tekanan darah bisa dengan mengonsumsi nangka secara rutin.  Karena buah nangka dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Hal ini karena potasium yang terkandung pada buah nangka dapat mengatur kadar natrium yang akan membantu pertahanan tekanan darah. Potasium merupakan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh.

Perlu diketahui juga, selain dagingnya yang mengandung manfaat ternyata daun buah angka juga mempunyai manfaat. Sebuah penelitian mengungkapkan  bahwa daun pada buah nangka memiliki kandungan tertentu yang dapat mengurangi kadar gula darah. 

4. Mencegah Anemia

Anda akan merasa lelah dan letih serta enggan melakukan segala aktivitas ketika sedang mengalami kekurangan darah merah atau anemia. Untuk mengatasi itu, konsumsilah buah nangka. Dengan kandungan hemoglobin pada buah nangka dapat membantu menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

5. Baik Untuk Ibu Hamil

Banyak yang beranggapan bahwa ibu hamil tidak baik untuk mengonsumsi buah nangka, karena dapat menyebabkan keguguran. Tetapi, anggapan tersebut hanya mitos dan belum didapatkan data ilmiahnya untuk pernyataan tersebut. Vitamin B3 pada buah nangka mampu menjaga daya tahan tubuh, mengatur hormon dan mengurangi tingkat stres pada ibu hamil.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular

Kandungan kalium yang terdapat dalam buah nangka dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan jantung. Resiko terjadinya Serangan jantung dan stroke dapat dicegah dengan kalium dan vitamin B6 di dalam buah nangka. 

Tidak hanya itu, buah nangka juga mengandung resveratrol yang mempunyai efek proteksi kardio dan dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, aterosklerosis, dan iskemia.

7. Meningkatkan System Imun

Manfaat lainnya dari buah nangka yaitu dapat meningkatkan system imunitas tubuh, dengan bantuan dari kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada buah nangka. Perpaduan antara antioksidan dan vitamin C memungkinkan untuk tubuh melawan infeksi.

8. Membantu Mengontrol Diabetes

Manfaat dari buah nangka yang bisa didapatkan selanjutnya adalah mengurangi resiko komplikasi diabetes, karena kandungan beberapa vitamin dan mineral pada buah nangka dapat membantu mencegah resiko tersebut.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa pasieun yang telah diberi ekstrak diabetes telah memperbaiki toleransi glukosa dibandingkan dengan pasien yang tidak diberi ekstrak.

9. Memperbaiki System Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah nangka dapat dimanfaatkan untuk membantu melancarkan system pencernaan seperti sembelit. Selain itu, serat pada buah nangka juga memiliki fungsi untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama. sehingga porsi makan lebih berkurang.

Maka dari itu buah nangka sangat cocok buat kamu yang sedang menjalankan diet.

10. Menjaga Fungsi Penglihatan

Manfaat selanjutnya dari buah nangka adalah membantu menjaga penglihatan mata. Dengan banyak kandungan nutrusi seperti vitamin A, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin itu dapt membantu menjaga penglihatan mata. 

Beta-karoten disintesis sehingga berubah menjadi vitamin A. dan vitamin A sangat penting serta mendukung untuk menjaga kornea agar tetap normal dan membrane konjungtiva.

Sementara itu, lutein dan zeaxanthin adalah satu-satunya karotenoid yang tersimpan dalam jumlah tinggi  pada retina yang berfungsi untuk menyaring cahaya berbahaya dan membantu menjaga fungsi sel sehat disekitar mata. 

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Banyak orang tidak menyangka bahwa manfaat dari buah nangka ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak orang yang menggunakan obat luar untuk menjaga kulit, padahal perawatan dari dalam pun penting untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya dengan mengonsumsi buah nangka. 

Kandungan antioksidan dalam buah nangka mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan sehingga anda akan terhindar dari ancaman keriput.

12. Memelihara System Pernafasan

Manfaat selanjutnya dari buah nangka adalah membantu memelihara system pernafasan. Senyawa-senyawa pada buah nangka dipercaya mampu meredakan penyakit yang berakitan dnegan pernafasan, seperti asma. Tidak ada salahnya, ketika gejala asma menyerang anda dapat mencoba untuk makan buah nangka.

Nah itulah 12 manfaat yang bisa kita peroleh dari buah nangka. Selain daging dan daunnnya, ternyata biji dari buah nangka juga bermanfaat untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare 

Belum ada Komentar untuk "12 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan, Suka Nangka?"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel