15 Manfaat Umbi Garut Bagi Tubuh

15 Manfaat Umbi Garut Bagi Tubuh
Blog UB -Universitas Brawijaya
www.ujwar.com - 15 Manfaat Umbi Garut Bagi Tubuh - Walaupun namanya umbi Garut, tapi umbi jenis ini bukan berasal dari daerah Garut. Umbi Garut merupakan jenis tanaman yang memiliki umbi, yang dikenal dengan nama Irut.

Umbi Garut ini memiliki banyak sekali nama tergantung daerah tersebut menyebutnya apa. Umbi garut sering disebut sebagai sagu belanda, labia walanta, irut, gaerut, angkrik, peda-peda, hula moa, sagu bamban, pantat sagu, dan masih banyak lagi istlah lainnya untuk umbi garut.

Umbi garut juga menjadi sebagai jenis umbi-umbian yang memiliki banyak sekali gizi. Berikut gizi-gizi yang terdapat dalam kandungan umbi Garut :

Air
Protein
Serat
Lemak
Pati
Abu
Zat besi
Magnesium
Fosfor
Kalium
Vitamin B6
Tiamina
Riboflavin
Folat

Meskipun bukan merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang terkenal seperti singkong, kentang, ubi jalar, tetapi umbi Garut memiliki manfaat banyak sekali bagi tubuh manusia.

Berikut adalah 15 Manfaat umbi Garut bagi tubuh.

1. Sebagai Sumber Energi

Umbi Garut mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, yang dapat membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan setiap harinya. Umbi Garut juga merupakan jenis umbi yang memiliki sumber energi tinggi.

2. Sebagai Cadangan Makanan

Pada saat masa krisis terjadi gagal panen atau harga melonjak menjadi tinggi sehingga jenis makanan pokok seperti beras sulit ditemui, maka umbi Garut menjadi sumber makanan cadangan pada saat masa krisis. Meskipun umbi Garut bukan merupakan jenis makanan pokok, tetapi umbi Garut menjadi salah satu solusi kebutuhan pangan dalam menghadapi masa krisis.

3. Sebagai Tanaman Hias

Selain sebagai sumber makanan dan cadang makanan, umbi Garut juga sering dijadikan sebagai tanaman hias. Karena memiliki daun yang cantik serta memiliki bentuk yang unik. Umbi Garut juga dimanfaatkan sebagai media lukis dan juga media mewarnai, dengan tujuan sebagai hiburan atau hiasan.

4. Dapat Diolah Menjadi Tepung

Manfaat lainnya dari umbi Garut adalah dapat dijadikan tepung umbi Garut. Untuk cara pembuatannya sama dengan pembuatan tepung lainnya. Biasanya umbi Garut di olah menjadi bubur, bertujuan untuk diberikan kepada orang yang sedang sakit atau sedang masa penyembuhan. Orang tersebut masih membutuhkan nutrisi yang banyak tetapi belum bisa menelan makanan secara sempurna.

5. Patinya Sebagai Bahan Pembuatan Bedak

Sari pati dari umbi garut ini dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan bedak. Beberapa pabrik produksi pengolahan dan produsen menggunakan sari pati umbi garut ini sebagai keperluan bahan baku pembuatan bedak. 

6. Dijadikan Sebagai Bubur Untuk Pengolahan Pada Pabrik Pembuat Kertas

Selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan bedak oleh beberapa pabrik produksi, umbi Garut juga digunakan sebagai bahan pembuatan bubur dari umbi Garut yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya.  Kemudian menghasilkan kertas yang kita gunakan sehari-hari.

7. Ampas Sisa Pembuatan Umbi Garut Dijadikan Sebagai Pakan Ternak

Ternyata manfaat dari umbi Garut sangat banyak sekali. Ampas dari umbi Garut sering dijadikan sebagai pakan ternak, terutama kerbau, sapi, dan kambing. Meskipun sudah diolah sedemikian rupa, namun umbi Garut masih menyisakan nutrisi yang tinggi serta dapat menghemat para peternak dalam membeli pakan.

8. Pengenyal dan Pengental Makanan

Tepung yang dibuat dari umbi Garut ini juga berguna untuk mengentalkan atau mengenyalkan makanan. Hampir mirip dengan tepung beras dan tepung maizena, dimana jenis tepung ini juga mampu mengentalkan dan juga mengenyalkan makanan atau adonan.

9. Mengobati Sakit Perut

Dengan mencampur sari pati umbi Garut dengan air atau susu, hal ini dapat membantu mencegah munculnya masalah pada bagian perut, terutama pada bagian peradangan lambung dan bagian usus.

10. Buburnya Dimanfaatkan Untuk Mengobati Luka

Selain dapat mengobati masalah perut, sari pati yang telah dicampur dengan air juga dapat dijadikan sebagai obat luka luar. Campuran dari sari pati yang dicampur dengan air akan mengental dan menjadi salep, yang kemudian dapat membatu dan menyembuhkan luka luar.

11. Baik Untuk Memperlancar Peredaran Darah

Umbi Garut mempunyai kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi ini sangat baik untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh, dimana dengan lancarnya peredaran darah pada tubuh, tubuh akan terasa lebih sehat, serta dapat mencegah munculnya gejala anemia.

12. Membantu Menjaga Ketahanan Tubuh

Selain manfaat diatas, umbi Garut juga sangat bermanfaat bagi ketahanan dan kekuatan tubuh. Dengan kandungan mineralnya yang banyak, umbi Garut sangat baik untuk tubuh anda. Karena dapat meningkatkan energi sekaligus stamina serta kekuatan tubuh.

13. Daun Umbi Garut Dijadikan Sebagai Pembungkus

Ternyata tidak hanya umbinya saja, daun dari umbi Garut juga dapat bermanfaat. Manfaat dari daun umbi garut adalah sebagai pembungkus makanan atau pembungkus bahan yang biasa dijual di pasar seperti membungkus daging serta bahan lainnya.

14. Baik Untuk Kesehatan Otak

Manfaat umbi Garut memiliki kandungan asam folat. Asam folat merupakan salah satu senyawa yang memilki peranan penting dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan seseorang, terutama pada masa-masa pertumbuhan.

15. Baik Untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Terakhir, umbi Garut memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat merupakan salah satu kandungan terpenting yang dapat membantu pencernaan anda, sehingga dapat terhindar dari gangguan-gangguan pencernaan seperti sembelit, diare dan juga wasir.

Jenis umbi Garut ini biasanya kita temui di pekarangan rumah, atau kebun. Namun jarang dimanfaatkan sebagai komoditas yang dijual secera umum. Karena popularitasnya masih kalah dengan umbi-umbian jenis lain seperti singkong, kentang, ubi jalar, dan umbi lainnya yang sering kita temui di pasar.

Nah itulah 15 manfaat dari umbi Garut, semoga bermanfaat setelah membacanya.
Jangan lupa di share 

Belum ada Komentar untuk "15 Manfaat Umbi Garut Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel