45 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengobati Kerusakan Hati?

45 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengobati Kerusakan Hati?
Klikdokter.com
Ujwar.com - 45 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengobati Kerusakan Hati? - Bawang putih tergolong ke dalam jenis umbi-umbian, dengan nama latin Allium Sativum. Bawang putih berasal dari Asia Tengah dengan memiliki tinggi 50 sampai 60 sentimeter. Jenis umbi ini merupakan bumbu yang wajib ada di dapur, bahkan umbi jenis  ini juga sudah menyebar di seluruh belahan dunia. Banyak sekali manfaat dari bawang putih yang bisa kita rasakan sehari-hari. Selain itu yang paling terkenal dari khasiat bawang putih adalah mencegah timbulnya kanker.

Aroma yang dimiliki bawang putih sangat menyengat, sehingga hanya sedikit yang dapat kita konsumsi. Bawang putih hanya digunakan sebagai bumbu, dan tidak bisa dimakan secara langsung. Semua bahan alami pada dasarnya memiliki manfaat masing-masing bagi kesehatan tubuh. Tetapi bawang yang satu ini merupakan yang paling banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin B, vitamin C, mineral P, Ca, dan K serta Fe. Selain itu, berikut adalah manfaat lainnya dari bawang putih :

1. Menurunkan Resiko Kanker

Banyak zat atau kandungan yang terdapat pada tumbuhan yang bisa menurunkan resiko terkena kanker yakni zat sulfida alil. Mungkin, banyak yang tidak percaya bahwa bawang putih dapat menurunkan resiko terkena kanker, mengingat kanker merupakan penyakit yang sangat ganas. Sering dianggap sepele, ternyata bawang putih mempunyai zat tersebut (sulfide alil) yang bermanfaat sebagai obat anti kanker.

2. Mengobati Maag

Jika anda terkena penyakit maag, anda bisa menggunakan khasiat bawang putih untuk mengatasinya. Lebih dari dua ratus senyawa yang terkandung pada bawang putih untuk bisa mengatasi maag. Penyakit maag biasanya tekena pada orang yang makannya tidak teratur dan membiarkan perutnya kosong dalam jangka waktu yang cukup lama. selain dengan memasukannya ke dalam bumbu masakan, bisa juga dengan merebusnya sampai mendidih kemudian diminum air rebusan hasil bawang putih tersebut.

3. Menurunkan Berat Badan

Selain zat sulfida alil untuk menurunkan resiko kanker, bawang putih juga memiliki zat vinyldithiin yang berfungsi untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Berat badan tersebut diakibatkan dari lemak jahat yang menumpuk di dalam tubuh, sehingga terjadi seperti itu. Cukup mengkonsumsi bawang putih  dengan memasukan ke dalam masakan setiap harinya, akan lebih mudah untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

4. Menurunkan Kolesterol

Khasiat lain dari bawang putih adalah untuk menurunkan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Kelebihan kolestrol merupakan salah satu hal yang sangat dibenci oleh banyak orang.  Dengan mengkonsumsi bawang putih 10 gram setiap harinya, maka dalam jangka waktu 2 bulan kolestrol tersebut dapat teratasi.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat selanjutnya yang dimiliki oleh bawang putih adalah mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Umumnya penyakit hipertensi ini diderita oleh orang-orang lanjut usia. Tetapi saat ini penyakit tersebut tidak memandang usia. Dengan kandungan yang terdapat pada bawang putih yaitu polisulfida, terbukti sangat ampuh untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi tersebut.

6. Mengurangi  Gula Darah

Banyak sekali kandungan zat yang terdapat dalam bawang putih. Kali ini manfaat dari kandungan allicin pada bawang putih mampu menurunkan kadar diabetes yang terdapat pada tubuh. Tidak hanya itu, khasiat lainnya adalah mampu menurunkan kadar glukosa dan trigliselida di dalam tubuh.

7. Meningkatkan Stamina

Di zaman milenial ini sudah banyak sekali di pasaran yang menjual suplemen atau minuman untuk menambah stamina tubuh. Tetapi apakah suplemen tersebut tidak memiliki efek samping? Jika kamu tidak yakin dengan suplemen tersebut, baiknya dengan mengonsumsi bahan alami, salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan protein yang berfungsi untuk meningkatkan stamina tubuh. Kamu juga bisa menggunakannya dikala sedang jatuh sakit.

8. Melancarkan Pencernaan

Apabila pencernaan anda sedang terganggu, itu disebabkan karena perut kembung yang diakibatkan oleh enzim yang berlebihan. Dengan kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih, itu dapat menurunkan peningkatan enzim dalam tubuh. Apabila perut kembung teratasi maka pencernaan pun akan lancar. 

9. Mencegah Penyakit Jantung

Sama halnya dengan penyakit hipertensi, penyakit jantung juga sering menyerang kepada orang-orang yang masih muda. Untuk mencegah hal tersebut, anda cukup mengkonsumsi bawang putih mentah, rutin setiap harinya. Dimana bawang putih tersebut berfungsi untuk meningkatkan tekanan pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.

10. Meningkatkan BB Bayi di Dalam Kandungan

Bagi ibu-ibu yang sedang mengandung di rekomendasikan untuk mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Guna untuk meningkatkan berat badan bayi yang berada di dalam kandungan, karena bawang putih mempunyai kandungan kalsium dan vitamin antibakteri.

11. Menghilangkan Jerawat

Masalah kulit ini sering terjadi pada remaja dan dianggap sangat mengangu. Banyak sekali obat-obatan yang beguna untuk mengatasi masalah tersebut. Namun alangkah baiknya dengan menggunakan bahan alami, yakni bawang putih. Tidak perlu menguras saku anda cukup dengan mengahluskan bawang putih secukupnya, lalu gunakan sebagai masker pada wajah anda sebelum tidur selama dua puluh menit, maka lihat perubahan yang akan terjadi pada keesokan harinya.menakjubkan!

12. Melancarkan Pernafasan

Bawang putih dikenal memiliki aroma yang menyengat, sebagian orang tidak suka dengan itu. Namun ternyata itulah salah satu khasiat bawang putih. Dengan bau yang sangat menyengat, bawang putih mampu melancarkan pernafasaat ketika anda sedang pilek atau flu.

13. Mengobati Rambut Rontok

Banyak yang tidak tahu sebelumnya, bahwa bawang putih berkhasiat juga untuk mengatasi rambut rontok. Dengan mengoleskan gel bawang putih ke kepala, masalah tersebut dapat teratasi. Atau anda juga bisa mengkonsumsi secara langsung.

14. Mengobati Reumatik

Apabila anda terkena reumatik, cukup menggunakan obat yang sangat murah meriah ini untuk mengatasinya. Kandungan natrium dan zinc yang terdapat pada bawang putih dapat menurunkan rasa sakit yang diderita. Selain itu bawang putih juga mampu mengatasi reumatik jika anda mengkonsumsinya setiap hari dengan rutin dalam jangka waktu yang cukup lama. 

15. Sebagai Antioksidan

Antioksidan atau antibakteri ini sangat diperlukan oleh tubuh, sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin, perkembangan bakteri, jamur, ragi, virus,dan cacing yang terdapat pada tubuh itu dapat dicegah.

Selain 15 manfaat dari bawang putih ini, masih banyak khasiat lainnya yaitu mengobati batuk, mengobati anti radang, menyembuhkan sariawan, memperkuat imun, mencegah ketombe, terlihat awet muda, mangurangi uban, mengobati wasir, mencegah pembekuan darah, mengobati sakit gigi, melawan infeksi pada tubuh, merangsang sel saraf, menghilangkan bekas luka, mengobati sinusitis, mengobati impotensi, membersihkan telinga, menghilangkan varises, mengatasi masalah tenggorokan, memperkuat kuku, menjaga kesehatan otak, menghilangkan kutil, memulihkan kerusakan hati, meringankan tukak lambung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah manfaat-manfaat dari bawang putih untuk  kesehatan tubuh. Semoga kita semua terhidar dari berbagai macam penyakit. Aamiin …

Jangan lupa dishare 

Belum ada Komentar untuk "45 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengobati Kerusakan Hati?"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel