7 Julukan Kota Garut yang Paling Hits, Nomor 5 sering kamu Sebut

7 Julukan Kota Garut  yang Paling Hits, Nomor  5 sering kamu Sebut
rimanews.com
www.ujwar.com - 7 Julukan Kota Garut  yang Paling Hits, Nomor  5 sering kamu Sebut- Ketika anda mendengar kata Garut, apa yang tebersit di benak anda? Pastinya salah satu julukan-julukan di bawah ini pernah tebersit dalam benak anda. Julukan-julukan tersebut tidak hanya diberikan tanpa alasan, keanekaragaman budaya dan kondisi alamnya menjadi alasan sebuah julukan tersebut diberikan.  Ini dia 7 julukan kota Garut yang sering  anda sebut-sebut:


1. Garut Pangirutan

geomag2-ESDM

Ungkapan ini bukan hanya basa-basi belaka, pangirutan diambil dari kata irut yang berarti menarik atau mempesona. Kota Pangirutan memiliki arti kota yang dapat menarik dan membuat orang terpesona akan keindahan alamnya. Tidak perlu diragukan lagi daya tarik dan pesona alam yang dapat menjadi magnet bagi para wisatawan. Siapa yang tidak tertarik dengan Gunung-Gunungnya, Curug-Curugnya, Situ, Perkebunan Teh, garis pantainya, serta kesejukan alamnya. Tak sedikit wisatawan lokal maupun asing yang tertarik dan terpesona dengan keindahan alam wisata alam kota Garut, bahkan mereka tidak bosan-bosan mengunjunginya. 


2. Kota Seribu Bakso

Food.detik.com

Entah tradisi atau apa orang-orang di kota ini doyan makan adonan daging berkuah ini, mungkin karena faktor cuaca yang dingin memberikan dorongan dan hasrat untuk mencoba makanan yang gurih dan panas ini. Coba perhatikan di jalan apapaun, tukang penjual bakso pasti menghiasi jalanan di kota Garut. Tak heran, banyak yang menjadikan kegiatan makan bakso menjadi salah satu kegiatan wajib ketika mengunjungi Garut. Bahkan ketika hari lebaran tiba, ketika toko-toko yang lain tutup, beberapa tukang bakso malah buka setelah shalat Ied, dan meraup keuntungan yang berkali-kali lipat dari hari biasanya. 

3. Kota 1001 Curug
wisataria.com
Garut yang dikelilingi oleh pegunungan tentu saja banyak memiliki mata air pegunungan, mata air ini membentuk aliran indah bernama Curug atau Air Terjun. Karena itulah Garut bisa juga di bilang 1001 curug. Garut memiliki banyak sekali Curug, mulai dari Curug Orok, Sanghyang Taraje, Citiis, Cihanyawar, Cimandi Racun, Curug Kancil, Curug Cigandi, Curug Ciharus/Dano, Curug Badak, dan masih banyak Curug-Curug lainnya. Ada curug yang dijuluki sebagai Curug tertinggi di Kota Garut yaitu Curug Sanghyang Taraje, karena tingginya mencapai 100 meter. 

4. Mooi Garut

anwariz.com
Jika cinta bersandar pada nilai keindahan, daerah ini tentu ada di hati setiap orang. Alam yang indah di kelilingi oleh pegunungan vulkanis, diantarannya dikelilingi oleh pegunungan yang tekenal yaitu Gunung Papandayan, Guntur, Talaga Bodas, Cikuray, Sadahurip yang sering disebut Gunung Piramida. Sejak abad ke-19, pesona alam Garut telah berembus ke setengah belahan dunia.

5. Kota intan

garutkotaintan20.blogspot.com
ketika pada tanggal 8 Desember 1960 Presiden Soekarno berkunjung ke Garut. Saat itu Garut dipimpin oleh Bupati Gahara Widjajasoeria. Pada kunjungannya itu, Soekarno merestui Kota Garut dijuluki sebagai “Kota Intan”. Beliau menambahkan bahwa sungai Cimanuk yang memantulkan cahaya kota Garut di malam hari itu terlihat gemerlap seperti intan.  julukan tersebut juga disematkan karena Kota Garut saat itu sangat bersih dan asri, bahkan termasuk kota terbersih di Indonesia. Itulah buah dari kepemimpinan Bupati Gahara yang secara telaten menjaga kebersihan kota, sehingga masyarakat ikut terpanggil dan sering melakukan kerja bakti tanpa harus diperintah. “Kota Intan” juga sering diartikan sebagai kependekan dari Kota Indah, Tertib, Aman, Nyaman.

6. Kota Domba

pikiranrakyat
Domba Garut yang bernama latin Ovis Aries merupakan hewan khas Garut. Domba garut merupakan perkawinan dari Domba lokal dengan domba jenis capstaad dari Afrika Selatan dan Domba Merino dari Australia. Penampilannya yang begitu gagah dan penuh keberanian, namun berwibawa, tidak heran jika domba Garut lebih sering dimanfaatkan sebagai domba adu dari pada menjadi domba peliharaan. Harga jualnya pun cukup fantastis yaitu mencapai ratusan juta rupiah. 

7. Gurilaps
temandekat.com
Garut dari dulu memang di kenal sebagai kota yang memiliki  banyak objek wisata, melahirkan julukan Gurilapas. Gurilaps yang dalam bahasa sunda dan berarti gemerlap. Garut tebilang kota yang memiliki objek wisata lengkap, mulai dari pegunungannya (Papandayan, Guntur, Cikuray, sadahurip), wisata Rimba (Leuweung Sancang), Laut dan Pantai (Santolo, Rancabuaya, sayang Heulang), wisata Seni dan Budaya (candi cangkuang, kampung dukuh, makam Godog, adu domba). Sehingga Gurilaps merupakan singkatan dari GUnung, RImba, LAut, Pantai, Seni dan budaya. 

8. Swiss Van Java

rimanews.com
Julukan yang mendampingi daerah tetangganya yaitu bandung dengan julukan Paris Van Java, karena fashionnya yang pusat menjadi daya tarik fashion di Indonesia. Nah, Garut juga punya julukan yaitu Switzerland Van Java, hamparan pegunungannya yang sangat indah diibaratkan seperti di pegunungan Alpen yang mernguasai bsebagian wilayah swiss. Ditambah lagi keramah-tamahan penduduknya, garut pantas di juluki sebagai swiss-nya pulau Jawa. 

9. Kota Dodol

tasikstore.blogspot.com
Siapa yang tidak mengenal makanan khas Garut yang satu ini, yaitu Dodol Garut. Cemilan legit, manis ini telah populer sampai ke Mancanegara, jika anda berkunjung ke Garut, dodol ini merupakan buah tangan wajib yang harus dibawa. Ada dodol ketan, dodol kacang, dodol buah-buahan, ada pula angleng. Jika dodol ketan dan buah-buahan dibungkus dengan kertas minyak atau plastic, maka dodol angleng dan kacang dibungkus dengan daun jagung kering. Anda bisa menemuinya di toko  atau penjual oleh-oleh khas Garut.

itulah 7 julukan kota Garut yang paling hits, terima kasih karena sudah membaca postingan ini. jangan lupa share :)



0 Response to " 7 Julukan Kota Garut yang Paling Hits, Nomor 5 sering kamu Sebut"

Post a Comment

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel