Ajaib! ini Dia 14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatatan dan Kecantikan

Ajaib! ini Dia 14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatatan dan Kecantikan
klikdoter

www.ujwar.com - Ajaib! ini Dia 14 manfaat kunyit untuk kesehatatan dan kecantikan - Kunyit merupakan tanaman yang termasuk kedalam family zingiberaceae sama seperti jahe, lengkuas, dan temulawak. Kunyit atau yang sering disebut kunir  merupakan salah satu rempah-rempah yang kaya akan manfaat. Khasiat yang dimiliki kunyit sudah diketahui dari dulu, ini karena kandungan curcumin yang dimiliki tanaman yang satu ini. Telah terbukti bahwa curcumin bisa membantu mencegah bahkan menyembuhkan berbagai penyakit. Kunyit merupakan tanaman yang memiliki sejumlah kandungan seperti minyak atsiri, zat warna kurkumunoid, mineral, dan berbagai zat penting lainnya. Dari banyaknya kandungan yang dimimiliki kunyit, membuat kunyit disebut sebagai tanaman yang kaya akan manfaat, berikut 14 manfaat kunyit:
1. Mengatasi Peradangan

webma-template.blogspot.com
Manfaat yang pertama dari manfaat kunyit adalah untuk mengatasi peradangan. Peradangan atau inflamasi merupakan kondisi yang terjadi sebagai reaksi terhadap infeksi atau gangguan pada sel atau jaringan dalam tubuh. Inflamasi atau peradangan biasanya terjadi karena disebabkan oleh infeksi bakteri dan radikal bebas yang memicu pelepasan senyawa sitokin. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Of Oncogene, menyatakan bahwa kandungan yang terdapat pada kunyit dapat meningkatkan sel imun dan mencegah produksi sitokin dan prostaglandin sehingga peradangan dalam tubuh bisa diatasi dan rasa sakit berkurang. 

2. Menghaluskan Kulit

solusicantiksehat.com
Banyak sekali masker tradisional yang mengandung kunyit didalamnya, mungkin karena memang kulit orang indonesia berwarna kuning langsat maka kunyit dijadikan sebagai pembersih sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Kunyit mengandung antioksidan yang mampu menghaluskan kulit.

3. Mencegah Depresi

aqlnews.com
Depresi merupakan kondisi yang berkaitan dengan menurunnya neutrofic yang turun dari otak, serta menyusutnya hippocampus yaitu area otak yang berperan dalam belajar dan memori. Kunyit bisa membantu dalam proses neutropuik yang bisa memberikan efek anti depresi. 

4. Mencegah Alzheimer

klikdokter.com
Berdasarkan penelitaian, kandungan yang terdapat pada kuyit dapat berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang memecah plak amyloid pada otak. Plak amyloid adalah salah satu penyebab munculnya penyakit Alzheimer dan Dementia. Plak amyloid menyebabkan penyumbatan pada otak dan membuat otak tidak berjalan secara maksimal. Untuk pencegahannya anda bisa mengkonsumsi kunyit secara rutin atau menambahkan bubuk kunyit pada setiap makanan. 

5. Meredakan Maag

Gird.ID
Maag merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pencernaan atau yang sering disebut tukak atau juga radang lambung. Maag bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur dan infeksi yang melukai dinding lambung yang menyebabkan infeksi. Kunyit memiliki kandungan senyawa curcumin yang mampu merangsang sekresi mukus atau lendir pelindung dinding lambung. Senyawa curcumin juga dapat menghambat produksi asam lambung yang menyebabkan rasa perih pada penderita maag.


6. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Herbal Terlaris
Kandungan senyawa curcumin yang terdapat pada kunyit mampu merangsang kantung empedu untuk menghasilkan empedu. Kunyit juga memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat mengurangi gerakan usus yang kuat. Kandungan ini bisa membantu menyembuhkan gangguan pada pencernaan dan mengurangi resiko terkena diare. 

7. Menghambat Kerusakan Kromosom

GenerasiBiologi
Kandungan antioksidan pada kunyit dapat membantu menghambat kerusakan kromosom. Kerusakan kromosom akan membuat kelainan atau abnormal pada manusia terutama pada anak-anak. Dengan anda mengkonsumsi kunyit hangat, itu bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan kromosom.

8. Pencegah Kanker

sehatcenter
Dengan mengkonsumsi kunyit akan membantu anda mencegah terjadinya kanker, terutama jika mengkonsumsi kunyit putih. Curcumin yang kunyit miliki akan melindungi sel dan jaringan dari virus kanker yang akan menggerogoti tubuh. Kanker yang mungkin akan dicegah oleh kunyit yaitu kanker hati, kanker usus besar, kanker darah atau leukeumia, dan kanker prostat. 

9. Menurunkan Depresi

hellosehat.com
Depresi merupakan gejala atau penyakit yang menyerang jiwa serta pikiran atau syaraf. Kunyit mempunyai kandungan yang mampu membantu proses neutropic dan memberikan zat dengan jenis anti depresan. Ketika anda merasa depresi anda tinggal menyeduh kunyit bersama gula merah dan minumlah selagi hangat.

10. Menjaga Kekuatan Otak

utakatikotak.com
Manfaat dari kunyit yang selanjutnya adalah menjada kekuatan otak. Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang bisa menjaga otak yang lebih kuat. 

11. Mengobati Gatal-Gatal

Doktersehat
Selanjutya manfaat kunyit adalah mengobati gatal-gatal. Kondisi ini pasti pernah dirasakan oleh siapa saja, hal ini membuat penderitanya tidak merasa nyaman dan mengganggu aktifitas. Untuk mengatasi gatal-gatal anda bisa menggunakan irisan kunyit yang lngsung dioleskan langsung ke kulit juga disertai dengan meminum jamu dari kunyit.

12. Menjaga Gula Pada Penderita Diabetes

Hellosehat
Untuk anda yang mengalami diabetes anda wajib menggunakan kunyit sebagai bahan pengontrol gula darah. Selain itu, diabetes membutuhkan insulin serta gliserol untuk meningkatkan gula darah, namun perlu diingat jangan mengkonsumsi kunyit dengan obat karena hal itu dapat menurunkan kadar gula darah anda secara drastis dan membahayakan anda.

13. Menghilangkan Noda Jerawat

elevenia blog
Kandungan curcumin dan mineral yang dimiliki kunyit berfungsi untuk menghilangkan noda jerawat. Anda hanya perlu membersihkan kulit kunyit dan cucilah terlebih dahulu, setelah itu parutlah kuliut hingga halus kemudian oleskan atau tutupi noda jerawat di wajah. Gunakanlah 1-2 minggu secara berturut-turut, jika anda ingin menggunakannya sebagai masker maka jangan terlalui sering karena akan membuat wajah anda menguning. 

14. Melancarkan ASI

Artikel Informasi
Manfaat yang terakhir dari kunyit adalah melancarka ASI. ASI merupakan salah satu kebutuhan bayi sebagai sumber makan. Jika bayi kekurangan ASI maka akan membuat kekurangan gizi dan mengganggu tumbuh kembangnya. Maka dari itu kunyit bisa menjadi solusi untuk melancarkan ASI.

Itulah 14 macam manfaat dari kunyit untuk kesehatan dan kecantikan, dan masih banyak lagi manfaat dari kunyit yang lainnya. Terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfat.

Belum ada Komentar untuk "Ajaib! ini Dia 14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel