Ini lho, 5 Penyebab Duit Bisnis Sering Ngilang, Nomor 3 Bikin Lemes!


Ini lho, 5 Penyebab Duit Bisnis Sering Ngilang, Nomor 3 Bikin Lemes!
credit:solusiaccurate.com


Ujwar.com - Ini lho, 5 Penyebab Duit Modal Sering Ngilang, Nomor 3 Bikin Lemes!

Di sini, adakah yang suka bisnis online? Atau sedang merintis bisnis?

Banyak sekali keluhan yang kudapatkan dari beberapa teman yang juga berbisnis. Diantaranya:

“Kak, aku sering banget lho dapet orderan, tapi kok, uangnya ngilang ya?”

“Kak, aku bingung nih. Omzet besar, tapi keuntungan nggak ada. Malah harus nombok.”

Hem, pernah mengalami hal tersebut? Kali ini, aku akan bahas 5 alasan Duit Bisnis bisa ngilang. Berikut penyebab uang bisnis hilang:


1. Uang  Bisnis Disatukan dengan Uang Pribadi

Guys, ayo ngaku, apakah uang bisnismu dengan uang pribadi masih disatukan hingga sekarang? Dudududu. Jangan guys, itu berat. Biar rindu aja yang berat, uang jangan jadi berat. Wakaka.

Menyatukan uang menjadi salah satu kelemahan yang bisa bikin rugi setengah mati. Bagaimana pun, kerugiannya nggak hanya dirasakan terhadap bisnis, tetapi juga terhadap diri sendiri. Mau ngapa-ngapain pusing. Mau ngapa-ngapain tinggal ngambil uang (karena ngerasa banyak), eh, diakhir harus nombok. Kan sakit ya.

Usahakan, rekening pribadi dan bisnis dibedakan. Bahkan dompet pun harus dibedakan. Ini membuat keuangan kita lebih terkendali. Sebab kita tidak mencampuradukkan sesuatu.

Kalau es campur mah enak kak disatuin dan diaduk rata gitu. Beda halnya dengan keuangan.

Siap untuk memisahkan uang bisnis? 


2. Uang Dipinjam Karyawan

Sudah punya karyawan? Mungkin, menghilangnya uang bisa jadi karena dipinjam karyawan. Banyak juga kan, karyawan yang kerjaannya minjem duit. Masih untung buat kebutuhan yang benar-benar mencekik, nah ini, buat hal-hal yang nggak berguna?

Untungnya, karyawan Ujwart Media mah pada baik. Mereka ndak pernah pinjem uang. Hehe.

Sebenarnya, boleh juga sih diadakan uang khusus pinjaman karyawan. Tapi harus tertata. Kita harus sesuaikan omset kita dengan pengeluaran untuk pinjaman. Ya, kadang kala suka ada kendala. Kadang kala suka ada masalah yang dihadapi karyawan. Misal mendadak ada kebutuhan yang mendesak. Tidak dipungkiri.

Saran aja sih. Buat aturan yang mengikat. Misal, dalam sebulan, karyawan hanya boleh meminjam 500 ribu. Jika ada seorang karyawan yang meminjam, dan belum dikembalikan, karyawan lain tidak bisa meminjam uang. Kecuali kalau yang yang 500 ribu tadi sudah dikembalikan sama peminjam sebelumnya.

Ketika kita memiliki usaha, jangan terlalu baik. Tetap harus ada prosedurnya. Biar sama-sama nyaman. Hal ini akan membuat uang usaha tetap ada dan tetap masuk ke rekening bisnis kita. Dan proses bisnis pun semakin lancar.


3. Banyak Uang Di Luar

Nah, ini bisa jadi menjadi masalah pelik. Barang abis, tapi kok uangnya ndak ada? Eh, ternyata  banyak yang ngutang. Xixixi. Banyak lho, pebisnis online yang terlalu baik dengan mengutangkan produk.  Sebisa-bisa, ngutangin ini dihilangkan, ya. 

Dunia online itu penuh tipu muslihat. Banyak orang yang mungkin saja berniat menipu. Ya, kecuali, kamu ngutangin barang kepada orang terpercaya. 

Tapi sih, sejauh ini banyak orang yang memilih menerima uang dahulu, baru kirim barang. Ini bagus, sebab meminimalisir hal-hal buruk.

Oh iya kak, hati-hati juga dengan penipuan. Banyak tuh yang ngasih bukti transper palsu, eh taunya uang ndak masuk ke rekening. Sekarang mah apa pun bisa dimanipulasi. So, ketika ada seseorang yang beli barang, kemudian ngasih bukti transper, jangan lupa juga dicek di mutasi rekeningnya. Biar afdhal. Hehehe.


4. Uangnya DICURI

Wah, siapa ya yang berani nyuri uang bisnis kita?

Emmm, coba pikirkan, sapa tahu justru malah kita yang ngambil uang sendiri. Belanja online, kirim uang pakai rekening bisnis. Beli apa pun, transpernya pakai uang bisnis. Dudududud, kasihan sekali kalau kaya begini, Kak.

Awalnya aja bahagia, tapi bisnis akan jalan ditempat, jika keuntungan diambil duluan. Bahkan karena hanya mengandalkan perasaan yang bilang: “masih banyak!”  bisa-bisa bisnis kita gulung tikar. Jangan sampe deh ya.

5. Tidak adanya Pencatatan

Nah, Kak. Ini nih, yang juga sering menjadi penyebab hilangnya uang. Kadang manusia itu pelupa. Uang dipakek ini, itu, eh lupa dicatat. Akibatnya, uang bisnis ngilang. Akibatnya, semuanya jadi acakadut. Antara pengeluaran dan pemasukan tidak terkendali. Ayolah Kak, mulai dari sekarang, bikin pencatatan keuangan. 

“Tapi kan kak, aku baru buka bisnis online. Modalnya juga sedikit.”

Justru harus dari sekarang kita belajar tertib administrasi. Semakin besar, entar semakin pusing pencatatannya. Maka dari itu, jika sudah terbiasa, inshaa allah, semakin besar, semuanya akan gampang dikendalikan.

Ayo Kak, yang mana yang kira-kira sering dilakuin? Yuk mulai ubah hal sederhana ini. Inshaa allah bakal ngefek bagus banget sama usaha online yang kita kerjakan.

Semangaaaat.









Belum ada Komentar untuk "Ini lho, 5 Penyebab Duit Bisnis Sering Ngilang, Nomor 3 Bikin Lemes!"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel