Inilah 5 Alasan, Kenapa Menerbitkan Buku Secara Self Publishing Lebih Menggiurkan!


Inilah 5 Alasan, Kenapa Menerbitkan Buku Secara Self Publishing Lebih Menggiurkan!
credit: kitainisama.com



Ujwar.com – Inilah 5 Alasan, Kenapa Menerbitkan Buku Secara Self Publishing Lebih Menggiurkan! - Memiliki sebuah karya, yang bisa dibaca banyak orang menjadi salah satu impian penulis. Kita tidak hanya menulis, tapi juga kita berharap tulisan kita bisa dikonsumsi banyak orang.

Di zaman sekarang, semua orang bisa menjadi penulis. Kenapa? Karena semua orang bisa menerbitkan buku tanpa lama, tanpa seleksi.

Baca juga:


Emang bisa?

Bisa, dengan cara menerbitkan buku secara selfpublishing. Kenapa menerbitkan buku secara indie/selfpublishing sangat menggiuarkan, juga memiliki keuntungan tersendiri?  Begini penjelasannya:

1. Semua Hal Pra Cetak Bisa Dibuat Sendiri

Kadang, ada lho penulis yang memang mau semua hal yang berhubungan dengan naskahnya itu diatur sendiri, berdasarkan keinginan. Atau, ketika dirimu multi talenta, dan ingin membuat semua hal oleh diri sendiri, self publishing sangat cocok. Selain untuk mengasah skill, juga bisa mengurangi biaya. 

Cover misalkan, seorang penulis bisa bikin sendiri cover, atau membuat di orang lain (orang kepercayaan), sehingga cover pun bisa sesuai keinginan, dan sesuai dengan isi naskah.

2. Royalti Ditentukan Sendiri

Ini nih, sebenarnya yang  menjadi pusat perhatian utama. Menerbitkan buku secara self publishing keuntungannya besar. Royalti lebih besar. Apalagi jika bukunya laku. Jika menerbitkan secara selfpublishing, kita hanya bayar uang cetaknya aja ke penerbit/percetakan. Jika saja uang cetak harganya 40 ribu per buku, maka kita bisa jual dengan harga 70-80 ribu (misal). Keuntungan dari per bukunya besar banget. 

Sejauh ini, banyak penulis yang memilih menerbitkan buku secara selfpublishing. Apalagi penulis yang sudah memiliki banyak penggemar. Bayangkan aja guys. Ketika sekali cetak 1000 exemplar, kemudian keuntungan per buku bisa setengahnya dari harga cetak, bisa dihitung keuntungan si penulis.

Dari segi royalti, kita dapat banyak, karena memang penjualan dilakukan sendiri, atau dilakukan oleh team kita sendiri (jika punya team reseller). 

3. Menerbitkan Secara Self Publishing Sangatlah Cepat

Menerbitkan buku itu butuh proses lama guys. Dari mulai seleksi tulisan, hingga terbit itu waktunya panjang banget. Belum revisi. Tapi jika kamu pengin menerbitkan buku secara cepat, bisa saja kita mengambil selfpublishing. Dalam waktu sebulan, buku kita udah bisa dijual. Keren kan? Hehehe.

Sekarang ini, siapa saja bisa sangat cepat menjadi penulis. Karena memang banyak yang memfasilitasi. Mau jasa editing, banyak. Mau jasa pembuatan desain, bisa dipilih. Jasa layout juga berjejer. Setelahnya, tinggal cari percetakan.

Atau, di penerbit indie juga bisa. Kamu bisa pakai semua jasa yang disediakan penerbit indie. Setelahnya, kamu bisa mencetak buku di penerbit tersebut dengan harga yang murah, lantas bisa dijual sendiri.

Tapi ingat, buku akan semakin murah jika kita cetak semakin banyak. Harga cetak buku 1 exemplar dan 1000 exemplar pasti beda. 

Semakin banyak mencetak, semakin murah harga. 

DI Ujwart Media juga kawan-kawan bisa kok melakukan penerbitan sistem gini. Ujwart Media bisa bantu melakukan jasa-jasa yang dibutuhkan, termasuk jasa percetakan. Setelahnya, kekawan bisa menjual bukunya sendiri. Ujwart Media juga bahkan membantu share bukumu di media sosial dan website.

Atau, kekawan  sudah punya buku siap cetak,  kami juga bisa memfasilitasi cetaknya. Hehehe. Sekalian promosi nggak apa-apa kan?

4. Terjaganya Kualitas Tulisan

Menerbitkan secara selfpublishing secara nggak langsung kita pasti turun ke lapangan. Melihat proses pra cetak, dan lain sebagainya. Atau jika dirimu tidak menyewa jasa apa-apa, secara otomatis, pembuatan cover, editing, layout, dll, pasti dilakukan sendiri. Nah, secara tidak langsung, kita bisa tahu betul bagaimana kualitas tulisan kita sendiri. Apakah terjaga, atau tidak. 

Banyak soalnya penulis yang (mungkin) idealis. Di mana, nggak mau ada adegan yang dipotong, atau hal-hal penting yang dihilangkan. Jadi ya, Selfpublishing bisa menjadi salah satu pilihan agar tulisan kita bisa diterbitkan sesuai kemauan.

5. Bisa Melakukan Strategi Pemasaran Sendiri

Benar nggak sih? Hehehe. Menjadi penulis yang bukunya terbit secara selfpublish secara tidak langsung melatih diri kita sendiri untuk pintar marketing. Selain menulis, kita bisa mengasah kepekaan kita terhadap pembaca dan calon pembaca kita. 

Aku bilang, jika seseorang menuliskan buku secara selfpublishing, mereka nggak hanya penulis, tapi pebisnis. Kusebut, Writerpreneur. Ya, karena kerjaanya jadi double. Dan ini, bagi sebagian orang bukan menjadi kesulitan, malah menjadi tantangan besar yang bisa membuat penulis tersebut makin mahir dalam dunia menulis, sekaligus penjualan.

Nah, itulah 5 Alasan, Kenapa Menerbitkan Buku Secara Self Publishing Lebih Menggiurkan. Tapi sih, untuk menerbitkan buku, kembali lagi ke tangan kawan-kawan. Mau menerbitkan buku di penerbit besar, atau menerbitkan sendiri, keduanya memiliki keuntungan sendiri-sendiri. Sebenarnya inti dari menerbitkan karya sama saja: kita akan menjual karya sendiri. 

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Alasan, Kenapa Menerbitkan Buku Secara Self Publishing Lebih Menggiurkan!"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel