Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Khas Garut yang Wajib Kamu Coba


www.ujwar.com - Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Khas Garut yang Wajib Kamu Coba - Setiap daerah pasti memiliki ciri khas oleh-oleh. Jika kamu pergi ke suatu tempat pasti yang di buru adalah oleh-oleh khas daerah tersebut, baik untuk diri sendiri ataupun untuk teman, keluarga dan kerabat lainnya. Seperti halnya di Garut, selain memiliki banyak tempat wisata, Garut juga mempunyai ciri khas oleh-oleh bagi  para wisatawan.


Ini dia, 12 oleh-oleh khas Garut yang wajib kamu Pinang.

1. Jeruk Garut
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Khas Garut yang Wajib Kamu Coba

Jeruk Garut merupakan oleh-oleh khas Garut nomor 1. Dari dulu sampai sekarang orang-orang suka dengan yang namanya Jeruk Garut. Di kota Garut sendiri banyak pick-up truk yang menjual Jeruk Garut. Sebagai gambarannya, harga Jeruk Garut berkisar Rp. 9.000,- s/d 10.000,- /Kg.

2. Dodol Picnic Garut
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang
Otenta.com

Kurang afdal kalau berkunjung ke kota Garut tidak membeli dodol. Sebenarnya ada banyak sekali merk dodol yang ada di Garut. Bahkan hampir di seluruh wilayah kota Garut dan Cipanas banyak sekali yang berjualan dodol. Namun yang paling terkenal dari dulu sampai sekarang adalah dodol picnic. dodol picnic sudah tersedia di toko oleh-oleh, selain di toko oleh-oleh biasa, Galeri Dodol Picnic juga menyediakan. Kalau membeli langsung di Galeri Dodol Picnic kamu sekaligus bisa melihat proses pembuatannya.

3. Chocodot
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang
www.coklatgarut.com


Berawal dari ide seorang pria yang berasal dari Garut, chocodot menjadi salah satu ciri khas dari kota Garut yang berkemasan modern. Dengan mengkombinasikan coklat-coklat dengan bahan lokal lainnya seperti kacang, cabai, buah, bahkan dodol. Sehingga terciptalah beberapa puluh jenis chocodot yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Garut, untuk teman atau sanak kampung halaman seusai pulang dari Garut.

4. Burayot
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang
Newsmdn.com

Burayot merupakan salah satu kue ciri khas kota Garut yang terdapat di beberapa Kecamatan di daerah Garut. Bahannya cukup sederhana, yaitu tepung beras yang sudah dihaluskan dan gula aren yang seudah dicairkan. Kemudian digoreng. Namanya aneh, begitupun dengan bentuknya juga aneh. Tettapi rasanya ‘uhhh’ mantap sekali. Kue ini biasanya dihidangkan pada saat hari besar dan lebaran. Tetapi jika ingin membeli di hari biasa, bisa langsung mengunjunginya di warung kecil di pinggir jalan masuk yang belok ke arah Cipanas sebelum masuk Garut. 

5. Dorokdok dan Kerupuk Kulit
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang
Inigarut.com

Buat kamu yang tidak suka dengan yang manis-manis, di Garut juga ada lho oleh-oleh yang rasanya gurih, yaitu Dorokdok dan kerupuk kulit. Apa bedanya dorokdok dan kerupuk kulit, padahal sama-sama dari kulit? Kalau dorokdok itu terbuat dari kulit sapi, sedangkan kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau. Apabila kamu ingin membelinya sangat banyak sekali di toko oleh-oleh yang menyediakan dorokdok dan kerupuk kulit.

6. Emplod
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang
Resep Nusantara

Ada yang tahu apa itu emplod? Ya, jelas dari namanya emplod berasal dari daerah Sunda. Orang lokal menyebutnya ‘Endog Lewo’ (Telur). Bahannya yang digunakan untuk membuat emplod cukup sederhana, yaitu dari singkong yang digiling kemudian di peras dan didiamkan selama 24 jam. Setelah itu dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu-bumbu yang lainnya, kemudian di bentuk bulat-bulat kecil seperti kelereng. Sebelum dihidangkan emplod harus digoreng terlebih dahulu. Bagaimana, penasaran dengan emplod? Apabila penasaran kamu bisa menemukan emplod di Toko oleh-oleh terdekat di Garut.

7. Opak
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang
Wikipedia

Opak merupakan kerupuk ciri khas sunda yang berasal dari daerah bagian selatan Garut yakni Bungbulang. Bahan yang digunakan untuk membuat opak adalah tepung besar yang dicampur dengan bumbu, gula, garam kemudain dicampur dengan air sehingga menjadi adonan yang lunak. Kemudian setelah itu dibuat menjadi lembaran tipis lalu dijemur. Cara memasaknya yaitu dengan dipanggang diatas perapian. Apabila kamu ingin membeli Opak, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bungbulang, di daerah sekitaran Garut Kota ( toko oleh-oleh) mana saja juga banyak.

8. Ladu
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang
123RF.com

Ladu adalah makanan yang mirip dengan dodol tetapi teksturnya kasar  berbeda dengan dodol yang kenyal. Ladu berasal dari daerah Malangbong, Garut. Bahan yang digunakan untuk membuat ladu adalah ketan putih yang dicampur dengan gula aren dan kelapa yang sudah diparut. Rasanya memang tidak seperti dodol, tetapi teksturnya yang keras mempunyai khas sendiri saat dikunyah. Meski tidak begitu banyak kuantitasnya, kamu bisa menemukan makanan ciri khas Garut ini di beberapa toko oleh-oleh di Garut. Ada yang menjual batangan ada juga yang menjual kiloan.

9. Rangginang
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang
Indonetwork.com

Nasi, merupakan makanan pokok orang Indonesia. Dari nasi basah sampai nasi kering, semua bisa diolah menjadi sebuah makanan. Rangginang, merupakan makanan khas Garut yang terbuat dari nasi ketan yang dikukus bersama bumbu kemudian dibentuk bulat. Setelah itu dijemur beberapa hari.  
Setelah benar-benar kering kemudian di goreng ulang dan hasilnya menjadi camilan garing  kriuk-kriuk.  Rangginang bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Garut. Ada yang sudah matang ada juga yang harus digoreng sendiri, tergantung maunya yang mana. Saat ini sudah banyak varian rasa rangginang sampai yang berwarna-warni.

10. Nasi Liwet
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang
Toko Pedia.com

Sebelumnya pernah berkunjung ke RM. Asep Strobery dan makan nasi liwet, kemudian ketagihan ingin memasaknya?. Untuk kamu yang ingin makan nasi liwet tetapi tak ingin repot, di zaman yang instan ini sudah ada nasi liwet instan yang merupakan buatan Garut juga. Banyak merknya tetapi gampang untuk mencarinya. Di toko oleh-oleh di Garut juga sudah banyak yang menyediakannya.

11. Jaket Kulit
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang

ra-leather.com

Selain makanan, oleh-oleh khas Garut juga ada yang berupa barang, seperti Jaket Kulit misalnya. Pembuat kerajinan jaket kulit ini berada di Sukaregang, kamu bisa kunjungi langsung sambil melihat proses pembuatannya.

12. Batik Garutan
Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Garut Khas yang wajib kamu Pinang
Villapriangan.com

Nah, yang terakhir yaitu ada batik Garutan. Batikan Garutan memiliki keunikan yakni ada pada motifnya, diantaranya Rereng Peuteuy, Rereng Kembang Corong, Rereng Merak Ngibing, Rereng Pacul Dan Limar. Selain itu juga ada motif Adumanis, Suuk, Calung, Cupat Mangga, Bilik, dan Sapu Jagat. Ciri khas batik Garut adalah warnanya yang cerah . Kamu bisa menemukan Batik Garutan ini di berbagai toko oleh-oleh khas Garut di Jalan Otista, Tarogong. 

Nah, inilah 12 oleh-oleh khas Garut yang sangat keren untuk dibawa Pulang apabila sudah berkunjung ke Garut. Sekarang jangan bingung lagi ya, kalau minta dibawain oleh-oleh dari Garut.

Belum ada Komentar untuk "Mantap! Inilah 12 oleh-oleh Khas Garut yang Wajib Kamu Coba"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel