Ngeri! ini Daftar 5 Makam Keramat yang Ada di Garut

detiktravel
www.ujwar.comNgeri! ini Daftar 5 Makam Keramat yang Ada di Garut - Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar makam keramat? Pastinya ada rasa takut sekaligus penasaran bukan? ini dia 8 daftar makam keramat yang ada di Garut, yuk simak :

1. Makam Godog 

kompasiana.com
Makam Godog terletak di kampung Godog, desa Lebakagung, kecamatan Karangpawitan, Garut. Makam Godog merupakan makam keramat yang berjumlah 9 makam, terdiri dari 1 makam sunan godog dan 8 makam para pengiringnya. Sunan godog merupakan nama lain dari Kanjeng Rahmat Suci atau Kiansantang. Diceritakan bahwa ketika ia kembali dari tanah suci Mekah ia membawa sewadah tanah, sepanjang menelusuri daerah-daerah di Indonesia tanah tersebut berceceran. Pada saat menuju Gunung Suci, tanah yang dibawanya bergoyang atau godeg, dari sinilah nama Godog lahir dan Sunan Rahmat Suci pun terkenal dengan sebutan Sunan Godog. 

Makam-makam tersebut terletak berurutan mulai dari pengiring pertama sampai ke delapan, dan makam utama Sunan Godog berada di puncak Gunung. Makam utama berada di bangunan berdenah segi empat, beratap genteng, berdinding tembok, dan berpintu kayu. Di sebelah kananya terdapat ruangan tempat menyimpan tanah yang pernah dibawa oleh Sunan Godog dari Mekah. Makam Godog memiliki luas kawasan seluas 20 hektar.

2. Makam Eyang Papak

foursquare
Terletak di Cinunuk, Wanaraja, kabupaten Garut, Jawa Barat. Kawasan ini merupakan pembaringan terakhir seseorang yang cukup terkenal di kalangan islam di Garut Jawa Barat yaitu pembaringan terakhir Makam Eyang Papak. Di Garut memang terdapat beberapa situs atau pemakaman yang cukup terkenal dan sangat berjasa atas penyebaran islam.  Makam Eyang Papak merupakan makam Pangeran Papak yang hidup di pertengahan abad ke-19, dikenal dengan julukan Pangeran Papak atau Sultan Papak. Papak berarti seorang yang berbudi pekerti luhur dan tidak pernah membeda-bedakan harkat derajat orang lain. 

3. Makam Sunan Cipancar Limbangan

HDG TEAM
Makam ini terletak di Unnamed Road, Pasirwaru, Blubur Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Makam ini merupakan makam Sunan Cipancar, banyak orang yang datang mengunjungi tempat ini. Banyak orang yang mengatakan jika berkunjung ke tempat ini dengan hati yang bersih dan niat yang baik maka permohonannya akan dikabulkan. Nama asli dari Sunan Cipancar adalah Prabu Wijaya Kusumah, dahulunya ia adalah seorang yang menyebarkan agama islam di daerah Jawa terutama di kabupaten Limbangan.  

Dalam catatan sejarah Prabu Wijaya Kusumah adalah putra dari Prabu Liman Senjaya dan cucu dari Prabu Siliwangi. Dari banyanya orang yang berziarah ketempat ini menunjukan bahwa beliau salah satu umat islam yang dihormati di wilayah setempat. 

4. Makam Linggaratu

halgaiba.blogspot.com
Makam Linggaratu merupakan makam terletak di Kampung Babakan Sukasirna, Desa Sindang Palay, Kecamatan Karangpawitan. Makam ini dipercaya sebagai makam leluhur yang menyebarkan agama islam, yaitu makam Prabu Kingking yang merupakan nenek moyang dari penduduk bukit Linggaratu.  Makam ini diperkirakan berusia kurang lebih 13 abad. Kata Linggaratu sendiri memiliki arti gugusan atau hamparan batu, oleh karena itu di tempat ini terdapat gugusan atau hamparan batu yang tersusun dan berbentuk tumpukan batu-batu besar yang menjulang tinggi. 

5. Makam Keramat Kampung Pulo

detiktravel
Makam ini terletak di Leuwigoong, Karanganyar, Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Makam-makam keramat di tempat ini memiliki posisi batu nisan yang berbeda dari nisan-nisan pada umumnya, batu nisan di sini memiliki posisi merunduk ke tengah. Bukan tanpa alasan kenapa batu nisan disini memiliki posisi seperti itu, batu nisan disini sengaja dibuat merunduk karena memiliki filosofi. Seperti  Filosofi padi, semakin berisi maka akan semakin merunduk. 

Itulah 5 makam keramat yang ada di daerah Garut. Terima kasih telah membaca postingan ini.



Belum ada Komentar untuk "Ngeri! ini Daftar 5 Makam Keramat yang Ada di Garut"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel