Ngiler! 9 Macam Sajian Mie, yakin Bikin Kamu Tergoda

Ngiler! 9 Macam Sajian Mie, yakin Bikin Kamu Tergoda
GogonesiaTravelBlog
www.ujwar.com - Ngiler! 9 Macam Sajian Mie, yakin Bikin Kamu Tergoda

1. Mie Aceh

selrasa.com
Untuk anda para pecinta makanan pedas, mungkin sajian mie yang satu ini cocok untuk anda. Selain cita rasanya yang pedas, mie yang satu ini kaya akan rempah. Anda akan langsung terpikat dengan aromanya yang begitu menggoda. Mie aceh tidak hanya disajikan dengan cara digoreng , ada Mie Aceh Goreng Basah dan Mie Aceh Kuah. Keduanya sama-sama memakai kaldu, namun perbedaannya, pada Mie Aceh Goreng Basah, kaldu yang digunakan lebih sedikit. Komposisi utama dari bumbu halus yang digunakan untuk memasak mie yang satu ini adalah cabe merah, kunyit, jinteun, kapulaga, merica, dan bawang putih. Cita rasa Mie Aceh belum lengkap tanpa ditaburi emping dan bawang goreng. Tidak ketinggalan juga rasa asam dari bawang acar mampu menggoyang lidah anda dengan sempurna. 

2. Soto Mie, Bogor

kepo gaul
Berbeda dari kuah soto lainnya yang bersantan atau bening, kuah soto pada sajian mie ini menimbulkan warna kemerahan dari cabe merah sebagai bumbunya. Menghadirkan rasa pedas dari sambal yang merupakan campuran dari cabai rawit dan cuka, dan menghadirkan rasa segar dari potongan jeruk limau. Soto Mie Bogor merupakan campuran dari daging sapi, kikil, urat, usus, babat, risol atau lobak rebus, mie kuning, kol,tomat, dipadu kuah, taburan bawang daun dan seledri, dan lebih komplitnya lagi ada tambahan emping melinjo. 

3. Mie Cakalang, Manado

aneka resep makanan dan minuman
Salah satu makanan yang paling populer di Manado adalah Mie Cakalang.  Disajikan dengan bumbu-bumbu yang antara lain bawang merah dan daun bawang, dan irisan ikan cakalang yang mampu membuat cita rasanya begitu nikmat. Mie cakalang berkuah bening, bernuansa pedas di lidah, disajikan dengan dua macam sambal yaitu sambal Lombok merah dan samnbal Lombok ijo. Mie ini biasanya oleh orang Manado disantap bersama dengan bubur Manado. 

4.Bakmi Jawa, Jogja

GogonesiaTravelBlog
Mie yang satu ini dimasak dengan bumbu-bumbu khas jawa, berbeda dengan bakmi pada umumnya yang berkuah, bakmi ini disajikan dalam keadaan tidak berkuah tapi kering. Bakmi Jawa mempunyai ciri khas yaitu diolah menggunakan anglo atau tungku, dan pada proses memasaknya ditambahkan suwiran daging ayam dan telur bebek. 

5. Mie Bangka, Belitung

pergikuliner
Mie ini lebih dikenal dengan sebutan Mien dikota asalnya yaitu Bangka Belitung, mie ini menjadi salah satu ciri khas dari masakan Bangka. Mie Bangka biasanya disajikan dengan potongan ayam kecap, seafood, tahu kok yaitu baso tahu asli Bangka, pansit, tauge, serta sayur Caisim. Sebagai bumbu pelengkapnya ditambahkan lada, daun bawang, kecap asin, jeruk kunci, tongcai, garam, gula putih/pasir, serta saus cabai pedas khas kota Bangka. 

6. Mie Koba, Bangka

cookpad.com
Mie Koba menjadi salah satu makanan khas Kota Bangka. Mie koba mempunyai cita rasa yang lezat serta gurih dengan kuah ikan Tenggiri Bangka. Isi dari mie koba diantaranya mie, telur, tauge, seledri, bawang goreng dan seledri kemudian di siram dengan kuah kaldu ikan tenggiri. Air perasan jeruk kunci akan membuat rasa dari mie ini menjadi lebih enak dan  beraroma segar apalagi jika disantap bersama dengan kerupuk khas Bangka. 

7. Mie Ongklok, Wonosobo

kesiniaja.com
Ketika kamu berkunjung ke Kota Wonosobo, makanan ini wajib untuk kamu cicipi, dan menjadi salah satu rekomendasi bagi kamu para pecinta kuliner. Mie ongklok merupakan perpaduan antara mie kuning lembut yang dimasak dalam panci dengan air mendidih, dan kuah  kental yang mirip seperti karamel, rupanya kuah ini tebuat dari tepung tapioka. Mie ini memiliki rasa asin, manis, gurih, akan lebih nikmat jika dilengkapi dengan sayur kol didampingi tempe mendoan dan sate daging sapi.

8. Mie Tiaw, Pontianak

phinemo.com
Mie tiaw yang satu ini sangat populer di Pontianak, bila anda berkunjung ke Pontianak jangan lupa untuk mencicipi makanan ini. Mie tiaw yang paling terkenal enaknya adalah mie tiaw rebus dan goreng, keduanya memiliki cita rasa yang lezat. Penyajiannya dilengkapi dengan daging sapi, telur, jeroan, sawi serta tauge. 

9. Mie Kopyok, Semarang

Tegal
Salah satu makanan khas yang populer di kota Semarang adalah Mie Kopyok. Mie kopyok merupakan masakan yang berbahan dasar mie, masakan ini mirip dengan mie kocok bandung, namun isiannya yang membedakan. Kikil biasanya ditambahkan pada mie kocok, namun pada mie yang satu ini tidak menggunakan daging sama sekali. Isi dari mie yang satu ini adalah lontong, mie kuning, daun seledri, tahu pong, bawang merah goreng, tauge, sambal, kerupuk gendar, serta kuah kaldu rempah. 

Itulah 9 sajian mie yang pastinya bikin kamu ngiler dan tergoda.terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Ngiler! 9 Macam Sajian Mie, yakin Bikin Kamu Tergoda"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel