Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia

Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia
Bukalapak.com
www.ujwar.com - Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia - Jeruk termasuk ke dalam jenis buah yang paling eksis. Ketika kita berkunjung ke took buah, jeruk selalu kita lihat dan jeruk menajdi salah satu jenis buah yang dijajakan. Namun, buah ini dikenal sebagai buah yang berwarna orange dan memiliki rasa asam dan amnis saja, padahal jeruk memiliki beberapa jenis. Rasa , ukuran, warnanya pun berbeda-beda. 

Jeruk tergolong kepada 2 jenis yaitu jeryk lokal dan jeruk impor. Jeruk lokal adalah jeruk yang berasal dari Indonesia sendiri. Sudah pasti, namanya juga lokal. Seperti Indonesia yang beragam, jeruk lokal juga memiliki variasi. Apa saja yang termasuk ke dalam jenis jeruk lokal ? jeruk jenis lokal yang paling sering kita temui adalah jeruk Pontianak, Jeruk Medan, Jeruk Bali, dan jeruk Nipis.

1. Jeruk Pontianak
Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia
Wordpress.com

Jeruk Pontianak, jeruk Pontianak ini merupakan  salah satu jenis jeruk khas daerah tropis yang dibudidayakan. Kulit dari jeruk ini memiliki warna hijau mengkilat dan kekuningan. Rasa dari jeruk Pontianak ini manis, serta memiliki kandungan airnya yang banyak.

2. Jeruk Medan 
https://www.instagram.com/p/BssEk1-haWk/
Totalagri.com

Meskipun dikenal dengan nama jeruk Medan, tetapi jeruk ini tumbuh di daerah dingin, seperti daerah Brastagi, Sumatera Utara. Permukaan kulit yang dimiliki oleh jeruk Medan adalah Orange, hijau kekuningan, dan kuning. Seeprti jeruk Pontianak, jeruk Medan juga memiliki rasa yang manis.

3. Jeruk Bali
Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia
Rumah buah.com

Jeruk Bali merupakan jenis jeruk yang paling paling mudah dikenali, karena memiliki ukuran yang besar dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya. Memiliki permukaan kulit yang tebal, sehingga untuk mengupas kulit jeruk Bali ini akan mudah dengan menggunakan pisau. Setelah selesai dikupas, bulir-bulir yang berwarna merah muda dari jeruk Bali tersebut akan terlihat. Untuk kamu yang suka dengan rasa asam jeruk Bali adalah pilihannya. Tidak heran jika jeruk ini suka dijadikan sebagai campuran salad, asinan, dan rujak.

4. Jeruk Nipis
Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia
Tribunnews Bogor

Sebaliknya dengan jeruk Bali, jeruk nipis memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan ukuran jenis jeruk pada umumnya. Permukaan kulitnya berwarna hijau. Jeruk nipis sering kita jumpai di dapur. Selain digunakan untuk menghilangkan bau amis pada makanan, jeruk nipis juga dapat menambah cita rasa makanan.

Itulah jenis jeruk yang termasuk kedalam jeruk lokal. Selain jenis  jeruk lokal ada juga jenis jeruk impor. Beberapa diantaranya ialah jeruk Mandarin, jeruk ponkam, jeruk Sunkist, dan jeruk lemon.

5. Jeruk Mandarin
Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia
Bukalapak.com

Jeruk yang berwarna orange cerah ini berasal dari Tiongkok.tekstur permukaan kulitnya tipis, sehingga mudah untuk dikupas. Selain itu, meskipun jeruk impor namun jeruk mandarin juga memiliki rasa yang sama seperti jeruk Pontianak dan jeruk Medan, manis. Dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, jeruk Mandarin memiliki ukuran yang lebih kecil. Jeruk Mandarin juga menajdi salah satu hidangan khas pada perayaan Imlek, karena dipercaya dapat membawa keberuntungan.

6. Jeruk Ponkam
Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia
Toko pedia.com

Jika kamu berkunjung ke took buah, kamu akan melihat jeruk jenis ini. Jeruk yang merupakan hasil impor dari Tiongkok ini biasanya dikemas satu per satu ke dalam platik bening. Permukaan kulit jeruk ini lebih tebal dibandingkan dengan jeruk Pontianak.   Jika kamu beruntung, kamu bisa menikmati rasa jeruk ini dengan rasa yang manis, namun kamu juga bia menemukan jeruk ponkam yang asam hingga hambar.

7. Jeruk Sunkist
Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia
Toko Pedia.com

Jeruk Sunkist ini dikenal berasal dari California,  Amerika. Warna kuitnya orange,  tekstur kulitnya licin dan tebal, sehingga tidak bisa dikupas dengan tangan kosong. Harus menggunakan pisau untuk mengupasnya. Apalagi, dagingnya yang sulit dipisahkan dari permukaan kulitnya. Terlepas dari itu semua, jeruk Sunkist ini memiliki rasa yang manis dan segar. Maka dari itu, tidak heran jika buah ini suka dijadikan jeruk peras.

8. Jeruk Lemon
Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia
Lenterajogja.com

Jeruk yang satu ini dikenal dengan khasiatnya bagi kesehatan. Tak hanya itu, rasanya yang asam yang khas juga membuat jenis jeruk ini sering dijadikan sebagai lemon tea. Berbeda dengan bentuk jeruk jenis lainnya yang berbentuk bulat, jeruk lemon ini memilki bentuk yang lonjong. Sebelum disantap jeruk ini harus dipotong terlebih dahulu.

Nah, itulah jenis-jenis jeruk yang bisa kamu jumpai di Indonesia. Jeruik mana yang menajdi favoritmu, Yang lokal atau yang impor?

Jangan lupa di share 

Belum ada Komentar untuk "Segar! 8 Jenis Jeruk yang Dapat Dijumpai di Indonesia"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel